Gunung Pegat Ngimbang Lamongan, antara Mitos dan Uniknya Jalan


gunung pegat Lamongan

gunung pegat Lamongan


Musim besaran atau Idul adha, warga sekitar gunung pegat biasa penen ayam hitam. Loh kok bisa? well, bulan Dzulhijjah memang musimnya orang nikahan, dan mereka yang akan melaksanakan pernikahan dengan menyeberangi/ melewati jalan ini biasanya membuang “syarat” seeekor ayam hitam di bukit ini.

Mitos ini entah kapan ada, namun mitosnya biar temanten yang asalnya di utara dan selatan/ dipisahkan oleh bukit ini harus memberikan sesaji agar langgeng pernikahannya. (mirip mitos Telaga Wurung Magetan).
DSCN3605
Gunung pegat sebenernya adalah bukit kapur yang dikepras untuk dibuat jalan, yang masih masuk dalam perbukitan Kapur kendeng utara Jawa yang membentang dari Gresik- Lamongan- Tuban-sampai Ke Blora.CMIIW
DSCN3609
Lewat jalan ini jika malam tentunya agak serem, karena melewati jalur hutan, namun dengan jalanan sekarang yang lebih halus dan lebar daripada tahun 2001-an yang lalu dan sering diperbaiki membuat kesan seram hilang.

Jalan ini terletak diantara jalur Babat- Jombang, kalau dari arah Jombang, letaknya sehabis melewati kota Kecamatan Ngimbang. kalau dari arah Babat, setelah Dradah, Kedungpring/Kalen Lamongan.

About these ads
This entry was posted in adventure, Jombang, Lamongan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

36 Responses to Gunung Pegat Ngimbang Lamongan, antara Mitos dan Uniknya Jalan

  1. joko says:

    jan mas iki bener2 turing rider kok

  2. archnine says:

    owh gitu ya mas :manggut2

  3. aty1980 says:

    jan …kesyirikan meraja lela,
    miris melihatnya.
    keselamatan dan malapetaka hanya datang
    dari Allah,
    kenapa mereka tidak berdo’a kepada
    Zat yang menciptakan seluruh Alam,termasuk
    gunung pegat itu!!!!

  4. rizky says:

    koreksi mas…
    iku jenenge gunung girik. omahku kidule gunung girik. utara pasar ngimbang pas jalan tanjakan. timu jalan ada konter hp. iku omahku. mampir mas lek lewat. hehehe…

  5. nawirotom says:

    betul itu adalah syirik yang nyata. Semoga Allah Swt selalu membimbing kita di jalan yang lurus. Herannya sekarang ini ditengah2 indonesia yg sering terkena musibah, e.e.e.e pemerintah malah terkesan menyemarakkan kesyirikan??? Ini bener2 mengundang murka Allah, jadi kita harus berusaha menghindari acara2 seperti ini, bahkan bila memungkinkan kita juga harus memberikan nasehat baik kepada aparat pemerintah, masayarakat pelaku kesyirikan dan yang lainnya mengenai bahaya kesyirikan ini, dimana kesyirikan ini bisa menghapus semua amal kita, dan jika kita mati di dlamnya sudah dipastikan neraka tempatnya.

    • touringrider says:

      Hal ini tidak lepas dr budaya nenek moyang kita. Kita memang sulit secara frontal mengubah budaya sesat ini, mari kita ubah dari diri kita sendiri. Kalau masuk tempat baru sy usahakan selalu mengucap salam dan menjaga sopan santun, tidak dipungkiri ada makhluk lain yg menggoda kita, namun dengan selalu dekat Allah dan tawakkal, niscaya Allah akan menjaga keselamatan kita. Semoga kita selalu dlm iman, islam dan ihsan. Aamiinn

  6. gesang86 says:

    Wealach, enak lak lewat ngene iki….kang, jalan malam-malam, LIKE THIS :lol:

  7. chekers says:

    aku pernah lewat sini jam 7 malam sendirian dr pare ke tuban naik motor… hujan2 lagi
    susah ngeliat arah jalan

  8. chekers says:

    kalo naik mobil kyknya lbh serem mas.. ntar pas ngeliat spion, ada yg duduk di jok belakang….hahahaha

  9. gakkreatip says:

    perasaan bukan iki tempat-e.ancen orang salah paham d kiro iki gunung pegat..
    tapi gunung kapur sebelah lor tempat iki, sing onok tambang kapur-e.

  10. klo yang itu bukan gunung pegat boz..itu gunung girik yang tempatnya di daerah kecamatan ngimbang lamongan,kalo yang gunung pegat ada di daeah babat jalan itu masih terus ke arah utara…

  11. yang dikatakan uniknya gimana to om apa si legenda yang ada di gunung itu tahu ta itu

  12. tim kompas itu lo belum tahu sendiri cerita apa dan legenda apa yang ada di gunung pegat ngimbang itu sebetulnya bukan gunung pegat bong itu gunung girik yang di maksud gunung pegat itu yang ada di kalen babat sana..yang sekarang gunungnya telah di papas di buat kapur itu bong

  13. ya maap bang kalau saya lancang saya itu asli orang daera sana bong…jadi tahu la baong …yang ssaya herankan kenapa orang lamongan atau orang yang daerah sana tahu cerita mlenceng gini ya diam aja…komentar dong biar gak salah gitu looooo…

  14. daerah situ itu tempat kelahiran gajah madah bong karena di situ ada makam dewi andong sari ibu gajah madah….tempat lokasinya bong,,kalau dari babat terus ke arah jombang klau dari gunung nggirik itu turun terus nyampek di koramil ngimbang berhenti dan belok kiri masuk hutan tapi ada desa itu di dalam namanya desa mblawi nah di situ letak makam ibu gajah madah ya dewi andong sari silakan di telusruri bong….sudahlah bong buuaannyak sekali misteri2 di daerah sekitar situ silakan di lacak bong

  15. Anonymous says:

    Ini jalur yang akan aku lewati waktu mudik besok….

  16. Ferry says:

    Gunung pegat iku onok semar,gareng.pitruk’e..

  17. riyadi says:

    gak tau liwat kunu blass

  18. yusvi says:

    disinyalir banyak kasus perceraian karena salah identifikasi gunung :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s