Pilot Jet F1Z-R di Karburator Scorpio


1 bulan yang lalu ada tawaran dari mekanik bengkel resmi Yamaha buat mengoprek Scorpio saya. Ya sudah, tak relakan saja dioprek tadi siang.

scorpio carburetor

scorpio carburetor


Parts berkode 3G2–14231–13 (Power Jet) diganti dengan Parts berkode 193-14142-17 (Pilot jet F1Z-R). Cara menggantinya seperti biasanya.. mbongkar karburator dululah.

Setelah parts seharga Rp.45.000,- ini terpasang dan disetel ulang campuran Udara dan bensinnya, si mekanik (maaf nggak sebut nama) mencoba di jalanan samping Bengkel. Brummmmm.. brummmm.. wih, dari suaranya keliatan semakin di depan tuh akselerasinya.

jerohan Karburator scorpio

jerohan Karburator scorpio


“mas cobaen”, oke deh. siap!! lah kok..mak nyutttt!!! asem.. enak tenan akselerasinya.hehehehe…😆

*jika melewati jalanan macet, seperti Jl.A Yani surabaya, sebenernya “Saya NGGAK SUKA” motor yang akselerasinya mak nyut. Bikin capek tangan dan kaki, lha wong mau lari motornya dah kehadang motor/kendaraan di depannya. Tarik kopling dan rem, mana harus pinter-pinter melintir grip gas. Mau srunthulan? motor batangan bos, berat!!

This entry was posted in karburator, karet vakum, scorpio, yamaha. Bookmark the permalink.

44 Responses to Pilot Jet F1Z-R di Karburator Scorpio

  1. azizyhoree says:

    ganti FCR cak! mak NYOOOOOTTTTT :mrgreen:

    Like

  2. kang_ulid says:

    mantabbbb…. ukuran piro PJ ne???

    Like

  3. dicky says:

    pake bahasa nasional donk……. hehehe. pisssss

    Like

  4. dicky says:

    maksudnya pake bahasa nasional donk, yang komengtator……. hehehe. pisssss

    Like

  5. dnugros says:

    konsumsi bahan bakar ikut pengaruh ga brow?

    Like

  6. gaplek mania says:

    wah FCR muahal banget mas,
    coba topspeed nya dapet berapa mas?
    he he he.

    Like

  7. B'ja says:

    nek sing di ganti pilot sing kuwi (PAIR) boros tenan je Pak Bro,wes tau njajal 1 : 22,mung nganggo sewulan……..tapi playune penak tenan………mending pilot jet sing neng njero karbu (ngisor) cukup unggahke 1 step + stel ulang klep wis cukup lumayan…….ga pati boros
    salam kalajengking……..

    Like

  8. aditninjamaniac says:

    wah asik maennya akselerasi..aku juga si ijo ga suka dipake sampe tembus top speed berapa kpj, yg penting akselerasi maknyus..hehehe

    jgn lupa makan mas bro..😀
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/03/26/makan-yuuu-menu-mantap-harga-murmer-bikers-bgt-deh/

    Like

  9. Ahmad Zain says:

    mau tanya mas, tu yg d ganti pilot jet punya f1zr kan? aku td nyari ko ga da ya yg ukuran 10, karena baca dr web sbelah klo mau ganti pilot jet punya f1zr, pake yg ukuran 10, nyari d bengkel resmi yg ada ukuran 17,5. nah yang di praktekin masnya tuh pilot jet f1zr ukura brapa? thanx

    Like

  10. wawan says:

    naturaly machine, tenaga bertambah konsumsi bbm juga tambah
    menurut saya tenaga standar scorpio itu sudah galak kok

    Like

  11. bayu says:

    klo blh tau dealer yamaha mna mas bro…

    Like

  12. paidi says:

    Salam mas,
    saya penunggang tunggeng 2005, jadi sekarang di standard kan lagi gitu ?
    padahal saya penasaran lho, sebab tunggangan saya sekarang rasanya sudah tidak bertenaga top speed tinggal 130 itupun nggiring mas,

    Like

  13. pak sukir says:

    salam kenal mas… weh podo main Pair nganggo pilot F1Zr tooo. ati-ati kui.. sruntulan terus engko..
    enek solusi kanggo scorpio 2008 iki mas ….amit olehe jarang metu . tapi sekali metu omah mlakune jauh :
    1. busi ireng. tapi akselerasine wani nyalip mobil tronton 3 se x gus (wes ganti jet power sing ngisor membran vakum asline 90# tak ganti 10# imitasi punya F1Zr)
    2. ngakali as supit kiri ( KLAHAR’E wes 2 x remek ketarik rantai )
    3. MONOCROS ‘E wes turun. piye gen agak/ rodo munggah koyo pas anyar.

    Like

    • touringrider says:

      No.3. Ngrubah dudukan conrodnya mas niku. Monggo dicari di temen2 klub, soalnya dl saya lupa nggeser berapa mili.

      Like

      • pak sukir says:

        hadouh… sory mas.. dudukan seng nangdi niku??. apa dudukan AS conrod yang nempel di supit (lengan ayun)?????. atau ( berarti melepas las-lasan dudukan as?? bener gak artinya digeser beberapa mm ke arah belakang????….nek solusi niku manjur /awet/gak bahaya/aman/jitu.. mbokyoa di posting lengkap + gambar… maturnuwun mas info ne.

        Like

      • touringrider says:

        Ada gak ya artikel yg “cara mengatasi skok ambles”. Tak liat2nya dulu, kelihatannya ada. Wedew, lali aq mas nggesernya berapa mili. Sik ya mas, klo ada kesempatan tak gambarkan yang juelas.he3.

        Like

    • Martosuplo says:

      urun rembug ya mas bro, pio ku udah tak ganti AR aftermarket, conrod standart hslnya: buritan jd agak nungging, pantulan shock blkg jadi agak keras, tapi buat boncengan roda blkg sdh gak nyelup lg ke body

      Like

  14. iwan says:

    mas bro….
    kalo jupiter mx 5 speed ganti PJ ukuran 17.5 itu pake punya e motor yamaha apa…..?

    Like

  15. Anonymous says:

    recomendasi subtitusi jarum pelampung pio pake apa ya bro

    Like

  16. ipanase says:

    cling dari 2016

    Like

  17. makroni says:

    tuluuung…
    tuluuung…
    tuluuung….
    FCR 33 sudco saya putaran mesin menengah ke atas nya brebet dan naik nya lama….
    ada yang tau substitusi / pengganti MAIN AIR JET FCR, pakai spuyer apa ya ?
    bentuknya sama persis dengan PAIR nya karbu bawaan pio (spuyer dibawah karet vakum), tapi sedikit lebih pendek..
    mohon solusi nya….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s