Jalan Lama Wilangan-Saradan, Bagaimana kabarmu?


Bagi yang sering melewati jalur Nganjuk-Madiun, jika melewati area hutan Saradan yang berbatasan dengan Wilangan, anda dipastikan akan lewat jalan baru atau bypass. Jalan dengan 4 lajur tersebut memang sengaja dibuat sebagai jalan pengganti jalur lama yang rawan macet. Tapi bagaimana kabarnya jalan lama?

Beberapa kali pulang Madiun, sejak dibukanya jalan baru Wilangan-Saradan tahun 2007 kemarin(CMIIW), saya tidak pernah lewat jalan lama. Penasaran pol.. alias ingin tahu sekali. Kayak apa sih jalan yang lama yang sudah ditutup itu?

jalan forbidden

jalan forbidden

Masuk dari arah Madiun, setelah pos Polisi Waduk Widas belok ke kanan ke jalan lama, sebelum masuk terlihat ada Rambu Larangan masuk/ Forbidden. Saya tetep nerobos saja.

20 meter di depan ada portal perlintasan Kereta Api yang hanya bisa dilewati sepeda motor. Mulai masuk jalan terlihat kondisi sangat lengang/sepi (iyalah namanya juga jalan forbidden). Jalur selebar 6 meter masih terlihat mulus, hanya saja rumput-rumput liar mulai mendesak masuk ke jalan. Di pepohonan sekitar terlihat beberapa burung Perkukut liar yang berkicau, wihhh..

Saya kira bakalan lama menempuh jalan ini, ternyata hanya sebentar saja. Bisa dipastikan jalan lama lebih pendek jaraknya bila dibandingkan jalan baru. Jalan yang lama kira-kira hanya 1 km saja panjangnya, bandingkan dengan jalan baru yang mencapai 3-4 km. Motor Scorpio saya mulai memasuki turunan yang menjadi momok pada jaman dahulu. Kantor pos polisi yang terletak di selatan jalan kini menjadi kantor bagi Polisi Hutan. Terlihat juga Tugu masuk Kabupaten Madiun sudah mulai berkarat dimakan waktu.

tanjakan jalan wilangan-Saradan

tanjakan jalan wilangan-Saradan

Jalan ini dulu menjadi biang kemacetan utama di jalur Wilangan-Saradan. Bila ditelaah hal berikutlah yang menjadi penyebabnya :Dari Arah Nganjuk, jalan berbelok menurun ke kiri, kemudian akan terhadang perlintasan rel KA. Belokan ke kanan kembali ketika memasuki jembatan perbatasan Nganjuk-Madiun. Setelah jembatan  jalur tanjakan sepanjang 200 meter sudah menanti. Belum lagi 1 km ke depan ada jalur rel K.A. Dengan kepadatan yang tinggi, bila waktunya Kereta Api lewat bisa dipastikan kemacetan parah akan terjadi. Dan berbahaya bagi kendaraan berbeban berat yang menanjak.

jalur berbelok jalan lama wilangan-saradan

jalur berbelok jalan lama wilangan-saradan

Bila anda pengendara sepeda motor yang ingin nyantai dan mempersingkat waktu, jalan ini recomended. Namun, jika anda melewatinya pada waktu malam hari, Resiko Tanggung Sendiri ya. Ngeri soalnya.

Pio di jembatan lama

Pio di jembatan lama

Di foto terakhir terlihat jembatan lama, jembatan rel K.A dan jembatan baru yang terlihat lebih kokoh. Terlihat juga si Pio yang ikutan nampang.hehe..

This entry was posted in adventure, Madiun, scorpio, transportasi. Bookmark the permalink.

32 Responses to Jalan Lama Wilangan-Saradan, Bagaimana kabarmu?

  1. Maskur® says:

    pertamaaaaaaaaaxxxxxxxxxx

    Like

  2. @fitif says:

    Kalah pertamaxxx,,,yang penting page one aja lah..

    Like

  3. 3120 aw says:

    keduax

    Like

  4. blade_us says:

    keduaaxxx
    –aaa
    jadi home sick😦

    Like

  5. @arifin says:

    nice inpo gan….sesekali meluuuu nang TKP

    Like

  6. A Seen says:

    podo bledus, homesick, kangen jalan itu

    Like

  7. penasaran dan kangen, wis ra kober touring mung iso mbayangke thok

    Like

  8. asmarantaka says:

    weh juragan satu ini jalan2 terus nih..xixiix:mrgreen:

    Like

  9. azizyhoree says:

    wah ketoki aku kok sering lewat jalan baru terus ya?🙂
    sedih bro, tempatku berpetualang jadi gini:
    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/10/27/erupsi-gn-merapi-2010-kondisi-terakhir-mbah-maridjan-meninggal-dunia/#comment-1767

    Like

  10. Darmawan says:

    ini jalan di sekar tah mas?

    Like

    • touringrider says:

      jalan’e wes ditutup mas obie. jelas wae. jalannya sudah tidak dipakai lagi sejak 2007. skr lewat jalan baru/by pass yang lebar itu.. biasa ngetes top speed Pio disitu.. tp skr banyak tambalan😦

      Like

  11. maticmania says:

    mantaf mas…… puluhan kali lewat situ mulai dari kecil……dulu saudara ada yang di surabaya…sekarang kerja di Pasuruan…pernah 1 hari 4 kali bolak balik…xixixi jalur yang sudah familiar ….

    Like

  12. Amamoto says:

    aku malah blas ra tau ngetan … buta jalan nek wis caruban ngetan

    Like

  13. putry says:

    Kngn bngt sma wilangn dn jln lma.. tiap hri joging di stu… tpy skrng gc prh lgi..

    Like

  14. putry says:

    Kngn omah wilangan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s