GPS Super Spring SF410 , akhirnya punya tangkringan Di Scorpio ane


super spring SF

super spring SF

Pernahkah saya kesasar? ya iyalah. Karena itu, saya selalu membawa Peta dan Kompas di tas ransel. Sebenernya di E71 sudah terinstall Garmin, tapi kok eman tho majang hp?? emannn..😥 Selain bisa dengan jalan bertanya, keberadaan peta bisa dibuat untuk recheck, apakah orang yg kita tanya telah menipu atau benar-benar menunjukkan.

GPS Super Spring

GPS Super Spring

Nagh,  Dengan bantuan Bengkel pak To Pare yang dulu pernah direcomendasikan oleh bro benny Blade_us ,siang tadi akhirnya kepasang juga GPS di Scorpio ane.

Setelah beberapa kali menimbang untuk memilih lokasi pemasangan yang tepat, diputuskan untuk memasang GPS ini di kokpit sebelah kiri.

setang kiri scorpio

setang kiri scorpio

Bermodal plat alumunium setebal 3 mm dan plat besi 3 mm, mulai dirancanglah dudukan/ tangkringan buat sang Super Spring. Mas To punya ide cerdas. Dudukan GPS ini dibuat bisa disetel dudukannya, biar gampang menentukan posisi yang pas katanya dia.

dudukan GPS di Scorpio

dudukan GPS di Scorpio

Untuk dudukan utama dari besi menempel di spion sebelah kiri. Kemudian agak diplintir sedikit agar posisinya pas dengan posisi duduk ane jika naik Scorpio, kemudian disambungkan dengan dudukan kedua yang terbuat dari plat alumunium.

Untuk mengurangi getaran, diberi pangkon karet diantara kedua sambungan plat tadi. sambungan kedua plat sengaja tidak di las, namun cukup dengan mur-baut, agar bisa disetel.

Cukup dengan biaya Rp.20.000,-, modifikasi dudukan GPS Super spring sudah selesai dalam waktu 2 jam. Oh iya, plat-platnya digerinda halus oleh mas Sapto. Supaya keliatan rapi dan tidak membahayakan.

kokpit Scorpio setelah dipasang GPS

kokpit Scorpio setelah dipasang GPS

Kedepan, ane pengen konsultasi dengan Bro WSP aka kang Wir aka Bro Raul aka Dani ramadian yang pinter Elektro, buat ngakali kabel chargernya. Njagani jika kehabisan baterai sewaktu touring. (nb : auto cigarette lighter sudah siap)

Sebenernya GPS seharga Rp.999.000,- ini sudah ane beli lama. Belinya via online, namun COD, alias ketika ane telepon si penjual, dia ternyata punya dealer di Kediri. Ya sudah, ane langsung samperin ke kediri.

Akhirnya.. Scorpio ane bisa saingan sama GPS di CS-1 nya bro Raul aka Mbah Wir aka Dani Ramadian aka Bro WSP.bhuahahahaha..:mrgreen:

GPS WSP aka Raul aka Dani Ramadian

GPS WSP aka Raul aka Dani Ramadian

This entry was posted in adventure, GPS, scorpio, transportasi, Uncategorized, yamaha. Bookmark the permalink.

97 Responses to GPS Super Spring SF410 , akhirnya punya tangkringan Di Scorpio ane

  1. Dani Ramadian says:

    PERTAMA…
    Siiippp…
    Punyaku ada saingannnyaaaa…
    xixixi

    Like

  2. Dani Ramadian says:

    KEDUA…
    Nih pas GPS terpasang di HSX125🙂

    GPS

    Like

  3. Dani Ramadian says:

    KETIGAAA….
    Ntar dulu koménnya…
    Yang jelas abisin dulu podium dulu…

    Like

  4. naksir go mancing … pi larang yo..

    Like

  5. wah kesalip juragan MIDASS … ta kiro pertaMAX…

    Like

  6. az147r says:

    kok ky kegedean banget jdx bro?

    Like

  7. Dani Ramadian says:

    Waaahhhh…
    Artikelnya ada yg kliru tuh. Masalah elektro
    nggak pinter aq…msh belajar kok…

    Btw,
    intinya aq memasang connector cigarette lighter
    dibawah jok CS1. Dekat dg accu. Dan hampir
    setahun ini untuk saat mencuci, nggak pernah
    tak buka. Baik pas nyuci sendiri atau tak cucikan.
    Dengan demikian konektornya nggak takut
    kena hujan…
    Sementara kalo hari biasa ya terpasang spt
    gambar di bawah ini….🙂

    Wiring GPS

    Kalo pas hujan dan memang terpaksa dipasang
    cuman tak pasang selongsong plastik….xixixi

    Like

  8. Dani Ramadian says:

    @Turingrider
    Bro, tolong dicoba tahan guncangan akibat
    jalan yg gelombang or makadam. Coz, dudukan
    bracket ke GPS kan cuman klik aja, ntar takut
    jatuh, kecuali sdh diantisipasi…

    Punyaq pernah jatuh, tapi tergantung oléh kabel
    dc yg masih mancep…🙂

    Like

    • touringrider says:

      iya mas wiro. suwun infone. ketoke tak kareti ae. gawe karet bungkus pecel. koyok smpyan pas ke Bromo kmrn.he3

      Like

      • Dani Ramadian says:

        buahahahahahaha…
        sudah tau tipsnya berarti…

        wakakakakakaka
        solusi murah, cepat dan sangat aman.
        Iku tak gaé mlaku anjrut²an moléh teko
        Bromo léwat Nongkojajar sing makadam
        pol…alhamdulillah aman…gak rutuh

        xixixi

        Like

    • dimas.sp says:

      bung dani tolong dong gmn cara pasang kelistrikan buat gps saya….udah hampir 1bulan ney ngannggur…

      Like

  9. Darmawan says:

    weleh 999rb? Kapan2 nek ada rejeki tak pesen tukokno yo mas? Hehe

    Like

  10. martini says:

    wew…biker moderen ikie gawe gipies barang nggo blarakan no alas

    Like

  11. raiderobie says:

    pernahkah saya kesasar? serrinnggg banggettt..hwahahaha.. lek masalah jalan jan pikun kronis ak..butuh benda seperti ini ketoke
    keguncang2 nggak papa mas? la dudukan e ketoke rigid gt..

    Like

  12. dimas.sp says:

    bung dani saya punya cs1 ney mo masang gps, untuk kelistrikan gmn caranya ya…trims

    Like

    • touringrider says:

      bro Dimas, ditunggu ya.. semoga bro dani segera menjawab di forum ini..

      Like

    • touringrider says:

      Dani Ramadian says:
      ==========================
      December 3, 2010 at 8:31 am (Edit)

      @bro dimas.sp
      Salam kenal bro. Oké mungkin sekedar apa yg
      sdh saya lakukan aja. Tp coba bro sempurnakan.
      Dulu GPS sering terpasang di HSX125, krn kaca
      speedometer yg rata. Lha di CS1 kan nggak gitu.
      Terpaksa, saya bikin bracket custom. Saya yakin
      sampéan nggak masalah dgn hal ini. Bisa kan???
      Terus masalah kelistrikan.
      Saya beli colokan cigarette lighter skitar 10ribu.
      Stlh itu disolder, pilih kabel yg bagus/baru. Jgn
      bekas. Usai disolder, tutup atau bungkus solderan
      dengan sealtape termasuk bodi luar dr colokan
      cigarette lighter. Mudahkan???
      Tapi saya rekomendasikan dari accu ke colokan tadi
      pasang fuse. Jd andai ada sesuatu yg tidak diharapkan
      ada penangkal awal.

      Sementara itu dulu bro. Maaf tanpa foto, coz mlh
      belum pernah moto posisi dibawah jok🙂

      Btw,
      Posisi bro dimas dimana???

      Like

      • dimas.sp says:

        saya di cikarang bung, untuk kabel akinya ada – ada + trus yg disolder ke cigarrret lighter yg mana bung n fusenya ukuran berapa? trima kasih bung sebelumya saya tunggu jawabanya….

        Like

      • touringrider says:

        yang Plus yang tongolan tengah dari cigarette ligter. yang minus body luar dari lighter/massa/ground-nya. sekering sesuai spesifikasi motor 5-10ampere. atau minta 5-7 ampere ke toko alat motor.

        Like

  13. meet_hana says:

    wwoooo.. keren banget sih ini judulnya.. pengen punya juga😦
    tapi bro, aman ga tuh kalo scorpio diparkir.. nnti ada yang nyolong de tu GPS nya?

    Like

  14. hahahaaaa…

    ternyata kepancing artikel ecek ecek..

    manteb bro nig raiso ge nelpon to?

    Like

    • Dani Ramadian says:

      huahahahahaha…
      Sory bro…
      Ndik blog sampéan, aq kliru sebut tuan rumah.
      Moga dima’aafkan ato yg salah diedit or hapus aja.
      Sepuroné puwwooollll…

      :isinpol:

      Like

    • touringrider says:

      ra iso mas.. Kira2 ada nggak ya yang sekalian ada fitur ky hapenya??🙄

      kalau mau, khan HP sekarang canggih2. Garmin di E71 saya kadang2 tak pakai, tapi nek pakai mobil. soale takut rusak HPnya.

      Like

  15. Dani Ramadian says:

    @bro dimas.sp
    Salam kenal bro. Oké mungkin sekedar apa yg
    sdh saya lakukan aja. Tp coba bro sempurnakan.
    Dulu GPS sering terpasang di HSX125, krn kaca
    speedometer yg rata. Lha di CS1 kan nggak gitu.
    Terpaksa, saya bikin bracket custom. Saya yakin
    sampéan nggak masalah dgn hal ini. Bisa kan???
    Terus masalah kelistrikan.
    Saya beli colokan cigarette lighter skitar 10ribu.
    Stlh itu disolder, pilih kabel yg bagus/baru. Jgn
    bekas. Usai disolder, tutup atau bungkus solderan
    dengan sealtape termasuk bodi luar dr colokan
    cigarette lighter. Mudahkan???
    Tapi saya rekomendasikan dari accu ke colokan tadi
    pasang fuse. Jd andai ada sesuatu yg tidak diharapkan
    ada penangkal awal.

    Sementara itu dulu bro. Maaf tanpa foto, coz mlh
    belum pernah moto posisi dibawah jok🙂

    Btw,
    Posisi bro dimas dimana???

    Like

    • ridertua says:

      terima free konsultasi😆 punyaku pok’o rancang sing bagus bro…

      Like

      • Dani Ramadian says:

        waaa….
        Sampéan merendah iki. Asliné telatén
        sampéyan. Dilihat dari koméntar kan
        alus dan bijaksana… buahahahaha

        Lék aq kan putuné Kén Arok…
        Rodok brangasan…
        Dadi grapané rodok kasaaarrrrrrrr…

        xixixi

        Like

  16. j4na says:

    Mas bro.;tahan getaran ga nih GPS??
    Ya siapa taw punya duit lebih,ane pasang nih!!
    “Sejarah idup-mati yamaha tz250”
    http://www.dewataspeedblog.wordpress.com

    Like

  17. blognyamitra says:

    hihihi…aq blom punya GPS, kalo bingung nyari arah tinggal nanya ama orang pinggir jalan🙂

    Like

    • Dani Ramadian says:

      @bro Mitra
      Alat ini tak pasang bukan untuk gaya²an
      or pamér. Nanya juga tetep sebagai pilihan.
      Meski temen² bilang,
      MALU BERTANYA SESAT DI JALAN
      BANYAK BERTANYA MEMALUKAN.
      xixixi

      Tapi kebiasaan yg saya lakukan setahun lebih
      ini kalo pas mau jalan jauh adalah…
      Tak coba setting destinasi dari tempat yg dituju,
      dengan demikian +- saya tau berapa jarak yang
      akan saya tempuh. Juga tau kira² berapa waktu
      yang akan ditempuh. Trus yg penting, dengan
      motor yang “cuman bébék” dgn tangki terbatas
      isinya, saya terbantu dengan lokasi² SPBU yang
      saya lalui…
      Sementara itu, fitur yg paling saya gunakan. Jadi
      keésokan harinya ketika budal, wis onok kesiapan
      kira² dimana harus “minum” dlsb.
      Catatan fitur lainnya, malah nggak sering aq pakai.
      Termasuk pencatat waktu n topspeed.
      Coz mbaknya sering ngomél²…Anda melebihi
      batas kecepatan…bla…bla…bla…

      xixixi

      Like

  18. ridertua says:

    aku pesan satu sak masange piro bro? kikikikikikikiki….🙂 sering kesasar klo di surabaya…. btw tuh kalau parkir bisa di bawa yah…

    Like

  19. blade_us says:

    <- lak nang jakarta, seneng lak kesasar
    soal'e jd tahu jalan:mrgreen:

    Like

  20. PB says:

    tidak spt dora lg……….kemana2 bawa peta..

    Like

  21. dhuwur says:

    ora samar di embat maling to mas bro??

    Like

  22. aku malih milik ndwe GPS!!!!

    sing layare luwih cilik enek g Mas Bro???

    Like

  23. ridertua says:

    yang layarnya 21 inch ada mas bro 🙄

    Like

  24. damhar says:

    dadi eling artikel sampean sing ndisek2…
    ono istilah Garcot..Garmin Cocot !!:mrgreen:

    Like

  25. damhar says:

    oiyo, eling sampean pernah bilang pingin cari motor tua…
    nang perlimaan Gresik ono Kz200 ireng dijual 3juta, surat2e ono tapi mati. beberapa part wes gak ori (sing ketok karbu, snalpot, buntut). tangki, snalpot, jok dimodif kayak sing nang bloge azizyhoree..warna hitam

    ono fotone, tapi gak ngerti email sampean

    Like

  26. jahe says:

    manteb..like this gan..maenannya bagus2 sy cuma ngandalin oviMaps dan Garmin aja di Nokia jadul 5800XM

    Like

  27. ridertua says:

    touringrider says:
    December 3, 2010 at 1:52 pm

    Punya mas Dani itu lebih kecil bentuk fisiknya. (cekidot comment diatas).

    ada yg lebih kecil lagi, Garmin Mio/Nuvi, tapi harganya Rp.2juta.
    =============================================
    kecil lagh…sesuai orangnya ………. 🙄

    Like

  28. Pingback: Nyobain GPS via Pare-Madiun | Touringrider's Blog

  29. alpha says:

    gak getar tuh bro? plat dudukannya tipis dan cuma satu aja yang dibaut.

    Like

  30. asmarantaka says:

    mantapppp:mrgreen:
    drung iso tuku:mrgreen:

    Like

  31. fadli says:

    gak ada gps yg kecil ta bro ?

    Like

  32. Pingback: Tank Bag Nusantara Large by 7Gear, akhirnya | Catatan perjalanan Touringrider

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s