Mengenal Sekilas Yamaha XJ 600


XJ 6

XJ 6


Rumornya pihak ATPM Yamaha Indonesia akan menurunkan beberapa mogenya untuk dijual dimarih. Sayang, sinyalemen model yang bakalan masuk dari beberapa sumber yaitu disini dan disitu adalah yakni YZF-R6 dan YZF-R1, serta V-Max dan T-Max. TR kira yang bakalan masuk adalah XJ 600, dimana secara kasat mata modelnya mirip dengan Byson.

Sinyalemen tersebut sebenernya sudah bisa terbaca dari beberapa kali pameran atau launching produk. Yamaha Indonesia selalu menyertakan unit display moge-mogenya untuk test case pasar. Terakhir kali ketika bulan kemarin, TR sempat diuber oleh sales yang menawarkan moge Yamaha yang dijual oleh ATPM bukan IU (importir umum). Salah satunya yang ditawarkan adalah Yamaha XJ 600 dan YZ 450. Juga dipamerkan big scooter dan kelas cruizer. Gimana kans XJ 600? apakah punya khans dimasukkan disini??
DSCN4443
XJ 600, awal mulanya dibangun tahun 1984, kemudian model mirip Pulsar/ half fairing ini bertahan sampai tahun 1991. Di amerika utara XJ 600 diberi nama FJ 600. Dalam tahun tersebut XJ 600 adalah first mover dalam produksi 4 silinder segaris dan juga mesin 600cc 4 silinder segaris yang mengaplikasikan monoshock untuk peredam kejut belakangnya.

XJ 600 memang didesain untuk touring. Memiliki displacement 598cc, pendingin udara dengan 8 klep, mampu memberikan tenaga 61 HP dan 55 Nm Torsi.
Kemudian di tahun 1992 sampai 2004, yamaha XJ keluar dalam berbagai model. Diantaranya XJ600s/ SECA IIs yang diproduksi tahun 1992-1998 dengan menyertakan pendingin oli.
Kemudian juga ada XJ 600 N, XJ 900GT, Police version dan XJ6 N/F yang di RE-launching di tahun 2009.

yamaha xj 6, model klingon?? :lol:

yamaha xj 6, model klingon??😆


Dari depan terlihat, XJ memiliki Gen Kepala Klingon seperti New Scorpio Z 225, stang model fatbar seperti Byson dengan lebar ban 120 terlihat sangat gagah dan macho. Ngiler..
tangkinya rata dong.. gak njendul

tangkinya rata dong.. gak njendul


Walaupun masuk dalam jajaran moge, namun XJ 600 tetap dibekali bel kecil layaknya motor bebek. Ini tak lain adalah standart Internasional, dimana motor bel-nya harus bersuara kecil dan nyaring. (waduh, #sambil ngelirik si Pio yang pake double Hella😆 ).
DSCN4438
Lampu belakangnya sekilas mirip Ninja 250 lama. Sayang kuncinya masih belum model secure, mirip BMW GS yang masih pake model Konvensional. Apakah sampai saat ini XJ600 masih diproduksi?? ternyata tidak. terakhir tahun 2004 pabrikan memproduksinya. So, bila konsumen Indonesia memang menginginkan model yang seperti ini (naked) tentunya harus bersabar dulu, karena model yang akan masuk lebih ke fairing dan type Cruizer. Fazer.. kapan dimasukin nih??
buritan XJ 6

buritan XJ 6

This entry was posted in yamaha and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Mengenal Sekilas Yamaha XJ 600

  1. Aa Ikhwan says:

    cantik nan ajib😀

    Like

  2. pak tarno says:

    masih senengan motor yamaha FJR 1300 Polisi Militer,
    atau XJ 900 punya polisi, anteng tenan, suaranya juga lebih halus dari motor batangan 150cc di mari😀

    Like

  3. damhar18 says:

    iku foto2 byson modip yo kang?:mrgreen:

    Like

  4. ipanase says:

    runggggggggggggggggggggggg nih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s