Oprek Radio Jaman Kuliah


IMG_20150625_192427
Radio IC bukan transistor (hihi, krn didalamnya adanya IC) ini adalah radio kakak saya jaman SMA yang dibelikan ortu. Radio ini sempat mangkrak lama di gudang. Kemudian ide saya muncul, “lha radio ini khan masih nyala” setau saya dulu. Oke coba obrak-abrik kardus nemu adaptor jaman SMP dulu, pasang dan trata.. masih yala ternyata. Namun masih perlu perbaikan-perbaikan.

Akhirnya pas pulang ke madiun pas puasa pertama kemarin, radio ini saya bawa ke kediri untuk dioperasi. Operasi pertama tentu membersihkan debu2 yang menempel. Kemudian mengalirinya dengan arus 6 volt DC.. Nyala.. disaat nyala ini saya utak-atik apanya yang kurang. Tercatat potensio dan varco mulai muncul kresek-kresek, saatnya ngasi pelumas. Kemudian Knop yang hilang susah dicarinya,

saya mengakali dengan menjebol diatas varconya, agar bisa diubah channelnya. Kabel dan komponen yang solderannya putus saya sambung kembali. Terhitung semingguan utak-atik radio ini disela-sela kesibukan, dan lamanya ini juga sambil ngapalin jalurnya dulu gimana.hehe,, maklum lama gak manasin solder lur.

Alhamdulillah, dengan bantuan long wire sementara, penerimaan station FMnya jling bersih dan banyak sekali. Tidak ada station yang numpuk yang terjadi pada Radio Orbit. Band SW tidak jelas, sedang AM lumayan nyaut RRI Surabaya (masih dengan long wire 4 meter yg masih dibawah), mugkin jika long wire sudah saya naikkan ke atap penerimaan lebih jelas. Rencananya Radio ini khusus untuk FM, sedang SW pakai yang Radio Orbit yang lebih jlingg dipakai DX radio SW.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 Responses to Oprek Radio Jaman Kuliah

  1. awansanblog says:

    Radio jadul, masih ada AM nya hehe, merk apa itu om ?
    btw baru tau kalo ternyata masih ada yg siara di AM, kirain sekarang udah pindah fm semua

    Like

  2. AAaaa… :O aku ora ngerti elektro Om! bs dkash gmbar ilustrasi bongkar-bongkarnya gimana?😀
    msih ada AMnya ya? haha klo skrng kbnykn FM. Dulu sy juga msih puny yg jadul, malahan kotaknya dri kayu :p

    Like

  3. PasangNomor.com hadir kembali untuk melayani anda togel mania indonesia untuk pemasangan Togel Singapore, Tokyo, Russia Hongkong dan Jeju…

    Kemudahan dan Keamanan Bermain menjadi layanan unggulan kami bagi anda member tercinta kami…

    Segera Kunjungi CS kami untuk membuka id anda sekarang juga…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s