Sunday Riding : Makam Syekh Abdul Mursyad Banyakan


Gerbang Makam Waliyullah Syekh Abdul Mursyad

Gerbang Makam Waliyullah Syekh Abdul Mursyad


Mengikuti kata hati, minggu siang sekitar pukul 10’an setelah menyelesaikan urusan rumah sayapun menuju ke Banyakan. Tepatnya ke Setonolandean, Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Setonolandean sendiri terletak di barat kota Kediri ke arah Nganjuk.

Dari jalan raya, belok kanan, sSuasana panas pun menemani perjalanan ketika mendekati makam beliau. Walaupun begitu, tampak beberapa warga yang melakukan aktivitas di sawah. Bapak- dan ibu calon jamaah haji juga terlihat khusuk berlatih manasik haji di lapangan desa.

Setelah memarkir motor dan mengambil air wudhu, saya pun memasuki area makam dan memberi salam kepada ahli kubur. Di jungkup makam beliau siang itu ada 2 orang saja ketika TR datang, yaitu bapak tua yang mengaji dan seorang santri muda yang tidur di pojokan makam.. ahh, mungkin santri tersebut lelah setelah semalaman berTawasul.
FxCam_1399778963373
Makam beliau dilengkapi jungkup dari kayu dan diberi kelambu. Harum minyak misik terkadang menyeruak ke hidung. Menambah aura ghoib. Niat saya siang itu yaitu Ziarah dan tahlil, tak lupa berdoa dan bermunajat kepada Allah dengan lantaran Syekh Mursyad.

Syekh Abdul Mursyad menurut keterangan masih memiliki garis keturunan dengan raden Patah, Versi lain menyebutkan beliau adalah cucu dari Sunan Giri. Pada jaman dahulu dikisahkan bahwa ada sayembara yang diadakan oleh Ki Tukum (kabarnya adalah Gajah Mada yang menyamar). Beliau diutus oleh Kerajaan DEmak untuk mengikuti sayembara itu dengan harapan nantinya Islam akan berkembang di Kediri.

Menurut sejarah pula, beliau Syek Abdul Mursyad juga pernah membelokkan aliran sungai Brantas ke arah timur di Mrican. Makam pertama beliau ada disini namun akhirnya dipindah ke Bakalan karena Belanda berkehendak membangun pabrik gula. Keturunan beliau salah satunya adalah Kiai Anom Besari Kuncen, Caruban. Dan nama dan lokasi tersebut yaitu Kuncen Caruban adalah lokasi yang tidak asing bagi TR sendiri. Di buku expedisi Brantas dikisahkan pula bahwa keturunan beliau ada yang menjadi Raja Selangor yaitu Kiai Zaenal Abidin. Hal tersebut sangat menarik sekali, karena saya pernah membaca di Sejarah Eyang Basyariyah, Sewulan dan Kyai Ageng Mohammad Besari Jetis, Ponorogo pernah mengenal nama-nama tersebut.

This entry was posted in humaniora. Bookmark the permalink.

15 Responses to Sunday Riding : Makam Syekh Abdul Mursyad Banyakan

  1. Mase says:

    Cuma sendirian mas…

    Like

  2. ochimkediri says:

    sangat menarik ngomongin masalah sejarah,khususnya sejarah para wali atau masuknya agama hindu-budha di tanah jawa.

    Like

    • touringrider says:

      Iya mas ochim.. tapi jarang yang suka loh dengan sejarah.

      Saya sukanya gara2 sering diajak ziarah wali sama ortu waktu kecil. Jadine malah sueneng.

      Like

      • ochimkediri says:

        wah asik iku mas…podo karo aku biyen sering di jak ortu…
        la wong saya dulu pas daftar kuliah di UM ambil pend. sejarah,karena memang suka sejarah.tapi ga lolos akhire mencelat di psikologi UINđŸ˜›

        Like

  3. ekokandi says:

    Wah, lek enek acara riding cedek2an ngono kuwi, aq dijak yo gelem kangbrow..

    Like

  4. Di wilayah warujayeng….tptnya di desa kujon manis jg da mkam keramat…ada kyai ageng kertonegoro,kyai ageng alap2 samber nyowo kyai ageng pleret,kyai ageng mangil dan kyai ageng mangir..tp saya ndak tw apakh bnr itu mm para penggede mataraman atw bkn…trs di desa Qgambirejo..jg da mkam keramat yg msh da hubungannya dgn mkam kujon manis yaitu makam kyai ageng keniten…di makam ini da makam utama yg pnjangnya sekitar 7 meter..konon ktanya itu bkn mkam orang melainkn mkam sebuah pusaka..

    Kmudian di desa bndungan kedungrejo juga mkam sesepuh yg bernama kyai ageng drrmojoyo dgn pusaka ampuhnya keris nogososro sabuk inten….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s