Servis Ganti Ban Sepeda Humber


Sekitar awal tahun 2013 atau sekitaran bulan February/ Maret, Saya bermaksud ganti ban si Humber. Mencari info ke penjual sepeda di setono bethek, Koh-nya gak berani gantiin karena takut rusak. Coba kontak mas Hengky (mekanik Yamaha) yang sehobby, ada bengkel rekomendasi namun rekomendasinya setengah-setengah, artinya kadangkala si bengkel ini “nakalan”. Karena ngeman, akhirnya ya wes dijarno ae alias dibiarkan saja dulu.

bongkar sepeda humber

bongkar sepeda humber


Semakin lama, kasihan juga sepeda ini teronggok di garasi. Juga karena kebutuhan akhirnya TR belanja 2 pasang ban (ban luar dan ban dalam) untuk si Humber. Berbekal pengalaman dan bakat lahir. hehe (matur nuwun buat alm. ebes yang ngajarin mbengkel) Saya ganti sendiri ban-nya. Alhamdulillah, obeng, kunci lumayan lengkap.. Walau tak selengkap bengkel namun kunci 8, 10, 12, 13, 14, 15, 17 dan 24 serta kunci inggris menjadi Tolls wajib dimiliki selama ini menjadi senjata.
daftar belanja servis sepeda onthel

daftar belanja servis sepeda onthel


Buka ban depan dulu yang mekanisnya gampang. Giliran buka ban belakang harus hati-hati karena ada mekanis gear torpedo dan 3-speed-nya. Pelan-pelan sambil menghapal posisi masing-masing baut dan urutan membukanya. Alhamdulillah sudah lepas semua.
bagian yang ribet..

bagian yang ribet..


Gantian sekarang ganti ban. berhubung gak punya cukitan ban, akhirnya pake kunci pas ukuran 8 buat membuka ban. Karet swallow Deli Tyre yang empuk gampang dilepas dan masang yang baru. Ban dalam dan luar yang depan masih lumayan bagus, namun karena ban luar depan agak getas akhirnya pasang yang baru sekalian. Oh ya untuk Pentil-nya ganti model baru tanpa karet plintengan. Berhubung gak punya pompa, akhirnya nyangking jalan kaki ke depan gang buat mompain..
Oh ya, jika mompa ban baru pertama kali jangan langsung full, namun sedikit dulu trus dipantul-pantulkan biar noto(tertata) dalamnya, baru di kerasin.
ready
Dan… Terpasang kembali… hayuk.. besok minggu pagi kita test yuks..😆

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

37 Responses to Servis Ganti Ban Sepeda Humber

  1. mbukak reparasi wae mas, wes paham tenan koyoknya😀

    Like

  2. potretbikers says:

    WOW… Hummer,cak??? Ckckck….H3 iku mestine

    Like

  3. akhya says:

    enek acara speda ontel tebuireng _ sby lo. dino iki…

    Like

  4. pak tarno says:

    ini jenisnya kilo class, ada torpedonya.

    Like

  5. handz64bit says:

    Tetangga ada yg jd kolektor/jualan sepeda onthel/unto kelas nasional kang. Ban aja ada yg 1 biji 5jt-15jt. Serem regane…

    Like

  6. Mas Sayur says:

    kelingan sepedahe mbah ku,Sam…

    tahun kemarin waktu aku pulang ke jember..tak tanya emana sepeda itu..ternyata sudah di “minta” orang yang fanatik…di tukar vespa tahun 84 :mrgreen:

    http://bakulkangkungjpr1.com/2013/11/24/optimisme-yamaha-indonesia-menjual-moge-nya/

    Like

  7. Mbak Snoopy says:

    Wah…wes di gowes nyang GOr brarti kemaren…..

    Like

  8. omanfaqod says:

    lek jaman SMPku mbiyen dulanane BMX sampek melu kejurda, ra tau menang soale kegeden awak😀

    Like

  9. yuyu says:

    Apik tenan tampang spedanya, ini lho warisan leluhur yg musti d’ lestarikn🙂

    Like

  10. awansan says:

    wah sepeda humber, belum pernah nyobain
    tapi dirumah ada gazelle nih😀

    http://awansanblog.wordpress.com/2013/12/01/wow-motornya-amazing-banget/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s