Tindakan Pemotor Yang Membahayakan


jangan sampai terjadi pada kita

jangan sampai terjadi pada kita


Gedeg-gedeg alias geleng-geleng kepala liat cara riding pengendara motor jaman sekarang. Cara-cara riding yang akan saya beberkan ini, boleh dibilang masuk kategori berbahaya, baik berbahaya bagi dirinya sendiri atau membahayakan pengendara lain. Walau mungkin tidak bisa sepenuhnya objektif, namun TR mencoba menilai dari sisi sesama rider dan driver (pengendara roda 4).

1. Keluar dari gang/ jalan tanpa berhenti dulu alias selonong.
Setiap pengendara pasti sudah mempunyai angan-angan dan antisipasi tersendiri terhadap racing line yang akan dilalui. Seumpama tiba-tiba ada pengendara motor yang memotong racing line, tentu akan panik. Beruntung bila yang dipotong jalannya bisa mengerem atau menghindar, lha kalau tidak? maka wassalam.. brakkk..

2. Menyalip di tikungan dan blank spot.
Menyalip di area blank spot terlebih di tikungan tajam. Di tikungan dimana sekitarnya banyak objek/benda yang membatasi pandangan dari arah berlawanan, pihak Dishub dan kepolisian memberi marka lurus. Jangan sesekali anda langgar jika pandangan terbatas. TR pernah dan sering mau nabrak pengendara motor yang gak tau aturan kayak gini. Dimana dari arah berlawanan banyak mobil berurutan.. lha nih pengendara biasanya gak sabaran buat nyalip. Untung masih bisa banting steer, lha kalau gak? malah ngrepotin ae. kalau mau celaka sendirian aja bro!!

Kelakuan salip menyalip juga berbahaya, bila yang disalip adalah kendaraan yang searah terutama mobil keatas (truk/bus/gandengan). Inget bro, mobil dan truk apalagi bus punya haluan putar/belok yang tak lincah. So, jika kendaraan tersebut mengambil haluan agak lebar itu dimaklumi. Lha disaat mau nyalip ditikungan pastikan anda mengantisipasi bantingan/ arah haluan nantinya, jangan asal masuk saja. Seringkali melihat pengendara yang nekat di jalur Pujon yang berkelok, pengendara ini tak memperhitungkan apabila telat nyalip maka posisi dia akan ditengah bus/truk yang belok alias kepepet di tengah. Nyonyor ra kon..

3. Tidak mau memberi prioritas bagi kendaraan besar yang sedang putar balik/ atret (jawa.red).
Rasanya bila gak bisa lekas bermanuver putar balik atau masuk jalur itu menyebalkan sekali bagi driver, nah klo sudah mangkel gak dikasi-kasi jalan, TR seringnya sengaja motong saja jalan motor. Tentu motongnya gak ngawur, perkiraan saya dia nututi klo ngerem. Walhasil, seringkali ada mata yang melotot. babahno!! šŸ˜†
Tentu konsekuensinya, bila TR riding harus gantian memberi kesempatan. Dan disaat sama-sama saling pengertian gini, seringkali dapat senyuman terima kasih dari pengendara mobil. Alhamdulillah..pahala kui mas :mrgreen:

4.Berhenti mendadak, belok mendadak dan bermanuver mendadak.
Lha ini yang bikin panik. Bisa-bisa jika kita telat mengantisipasi, malah nubruk motor yang berkelakuan kayak gini. Melu apess..

5. Selap-selip perhatikan kondisi jalanan.
Wes gedeg-gedeg musuh gayane numpak sepeda wong jaman saiki.. Udah tau jalanan rame dan sempit, masih aja maksain diri buat nyalip. Seumpama bila kita nyalip truk atau bus, dan kendaraan tersebut gak sadar atau sengaja gak kasih kita jalan, pasti kita akan terjepit di tengah. Opo ra ngedeni.. baik naik motor atau mobil, pakailah etika bila mau menyalip. kasih tanda sein, bel atau dim. Bila tidak memungkinkan atau tidak dikasih jalan, jangan nekat, mungkin di depan kendaraan yang akan disalip ada sesuatu yang bila kita nyalip akan berbahaya.

6…. masih banyak lagi..

intinya adalah “bawalah unggah-ungguh dan sopan santun juga di jalan raya”. Berbagi lebih mulia daripada arogan. Keselamatan adalah nomor satu, ingat keluarga kita selalu berharap kita pulang dengan selamat.
#nasehat buat TR sendiri.

This entry was posted in humaniora, transportasi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

54 Responses to Tindakan Pemotor Yang Membahayakan

  1. ipanase says:

    ngalay
    ra mesakne liyane šŸ˜¦

    Like

  2. yogieza says:

    yg paling nggilani itu pas kita bawa mobil/motor mau belok ke kanan dipertigaan gitu,kita mau masuk ke kanan eh malah ada motor yg nekat nyalip mobil/motor kita.lampu sein ga fungsi,harus dibantu pake isyarat tangan biar mereka paham kalo kita mau belok kanan ckck

    Like

    • touringrider says:

      Lha iyo. Belok satu2 khan enak.

      Like

      • yogieza says:

        pertama kali kecelakaan di jalan ya itu,dulu saya mau belok ke kanan dari arah lurus.waktu itu pake motor jialing model astrea grand buntung.sein dah nyala & saya dah di tengah jalan siap2 belok kanan.tiba2 aja BRAKKKK saya jatuh & terseret itu motornya sampe 5 meteran.saya guling2 itu.
        penyebabnya saya ditabrak astrea star dari arah kanan,nabrak pas knalpot motorku.astrea starnya itu nyalip saya yg mau belok ckck.orang bego naik motor ya mbahayani orang lain.

        Like

      • touringrider says:

        Lha betul. Kayak gini ini yg njengkelin. Kita dah sein, masih aja ngotot mau nyalip. Pernah tau bapak naik gl max boncengan ma anaknya yg kecil. Gulung koming krna ngotot nyalip mobil yang mau belok. Buta kali ya tuh orang? Ngenes

        Like

  3. Anonymous says:

    Pancen.. Karepe dewe kok. Kudu sekolah koyoke, SIM e G paling..

    Like

  4. pak tarno says:

    pemotor selalu benar, kalo motor salah dan kena sundul mobil maka mobilnya yg disalahkan, malah wajib bakar mobil,
    itu yg ada di kamus umum permotoran.
    gak peduli yg salah motornya ya tetep mobil yg disalahin

    Like

  5. ochimkediri says:

    weeeess repot nek mungsuh pengendara ngunu kuwi…

    Like

  6. ekomoker says:

    banyak yg bisa beli motor namun jarang yg ngerti haluan masbro ….. makane nek neng dalan harus tetep waspada opo maneh sing numpak cewek…..ruepottttt pokok’e ngegas thok isok’e prei REM :mrgreen:
    # dalam 1 minggu 4X hampir nabrak cewek karena bawa motornya ngawur

    Like

  7. Sigit says:

    soal ngasih jalan mobil yang berputar balik, kadang sy dah brenti, tp yg lain do nggeblas. akire yo podo wae, mobile gak iso ndang muter… capedeh..

    Like

  8. redbike92 says:

    Kalau di tempat saya pengendara motor (mobil juga seh) sering ngerem mendadak.
    Syukurlah saya masih sempat ngerem (hard braking juga tentunya)
    yang menyebalkan ada rider yang udah motong terus ngerem mendadak šŸ‘æ

    Like

  9. stevant says:

    Mudah2an sadar kalau daging di adu besi, ya daging yg kalah….:-) atau barangkali sudah merasa kebal celaka?

    Like

  10. potretbikers says:

    Efek dari belum punya SIM dan SIM lewat CALO…wakakkakaka

    Perpanjangan SIM C di Kab. Blitar, masih terkesan ruwet.

    Like

  11. Gmbuk says:

    yang menarik adalah tulisan di kaca depan bus Bagong diatas. itu kebetulan atau gimana yah

    Like

  12. Han:D says:

    Mentolo jejeg n misuhi kang nek ketemu wong ruwet nek embong..

    Like

  13. ardyanet says:

    duh…kok persis jaman SMA dulu yak…(garuk2 kpala)

    Blusukan ke Candi Abang Bukit Teletubbies

    Like

  14. motogokil says:

    semuanya didasari oleh perasaan “seenaknya sendiri”, nggak punya sopan santun dan ceroboh.
    titip mas http://motogokil.wordpress.com/2013/10/14/2-stroke-never-die-merancang-knalpot-telo/

    Like

  15. kasamago says:

    smg lekas sadar n ad upaya dr pemerintah utk memperketat ijin kepemilkan kendaraan n SIM

    Like

  16. marko says:

    betul mas TR saya juga sering nemuin hal hal seperti itu, ya kita hanya bisa berdoa dan waspada di jalan, tetap konsentrasi di jalan, semoga slamet dijalan amin, yg alayer cepat sadar bahwa tindakan mereka bisa mencelakai orang lain dan dirinya.

    Like

  17. kodokijo says:

    Ini mah udah penyakit akut tingkat tinggi yg gak bisa disembuhin. Di dpn rumah aja udah bikin naik darah, mau mundurin mobil dr dalam rmh ke jalan aja susah, udah distopin/dijagain tetep aja pada nyelonong, dan yg parah pernah sekali motor yg maksa nyelonong hampir ketabrak, eh…motor yg di blkg motor tersebut malah melototin saya, pdhl udah jelas2 yg salah si motor yg di dpnnya. Makanya saya bilang udah gak bisa disembuhin.
    Idealnya para pemotor itu disuruh bawa mobil jg, biar nanti mereka ngerasain sendiri ulah pemotor. Saya suka bayangin, walaupun saya juga biker, tapi saya kok gak gitu2 amat deh. Lha, mungkin itu tadi, krn saya ini biker dan driver jg, jd bisa ngerasain kesusahan pemakai jalan yg lain, baik itu biker maupun driver.
    Saya sering kok dapat senyuman dan ucapan terima kasih dari biker maupun driver, bahkan sopir truk tanah, hehehe…

    Like

    • touringrider says:

      Betul mas. Klo mereka juga ngrasain susahnya jd driver apalagi driver truk, para pemotor pasti dengan suka hati ngasi jalan kendaraan yg lebih besar. Toh klo cepet2’an, motor cepet nyampenya, lincah pula. Kita yg naik mobil ini terkadang ngelus dada bahkan emosi dengan sikap pemotor yg suka main potong jalan. Klo sama2 sopan khan enak…

      Td barusan juga disalip lagi di tikungan. Untung sini ngalah.. klo gak wes bresss bruakkk.. šŸ˜¦

      Ngalah wae, ngelingi/ngingat lha wong kita juga sering motoran. Takut klo kita gak dikasi jalan sama mobil/truk/bus.

      Like

  18. Setuju Mas Bro, Sopan Santun di Jalan Raya wajib dijunjung. Tambahan buat Rider dan Driver, ada baiknya jika tidak meludah atau membuang abu rokok saat berkendara, kasian rider yang dibelakang (kaca helm diangkat), bisa kelilipen trus dlosor nyonyor.

    Like

Leave a comment