Seru-Seruan Setir Truck dan L-300 di Jalanan Menanjak Berpasir Gn. Kelud


panenn

panenn


Apaan nih kok pake seru-seruan? buahaha.. Begini ceritanya dulur. Jum’at kemarin, TR kebagian dimintai tolong membantu proses pengangkutan panen jagung di lereng Kelud. Selama menjelajah Kelud biasanya bawa motor atau panther, kemarin bersama pak Trisman, bawa 2 unit kendaraan yaitu truck engkel box dan L-300.

Sebelum keluar dari pabrik, truck engkel mengalami kendala di bendix/ starternya gak mau nyala, terpaksa dorong.. dan dorong truck itu bikin ngos-ngoos’an..😆
Keluar dari area melaju di jalan raya, steer terasa lari kanan kiri, hadew.. “Ni arek2 gak pernah nyervis berkala apa ya?”. So, jalur menanjak ke kelud yang berjalur sempit harus dilalui dengan hati-hati. Selain steernya lari-lari, berpapasan dengan truck pengangkut pasir dari arah berlawanan memerlukan konsentrasi.

Pelan-pelan memasuki areal perkebunan milik PTPN XII, jalanan berpasir masih lumayan datar, so traksi L-300 tanpa muatan alias ber-bak kosong masih ada, walau ban belakang terkadang selip.
IMG_20130524_131054
Dan akhirnya menanjak menuju afdeling Sumber Glatik yang notabene jalan tanah berpasir. Hadah, Tr berkali-kali kehilangan traksi ban, habis gitu HP tak henti-hentinya berdering, baik dari kantor dan juga rumah. Duh..👿 Walhasil sempat uring-uringan, “gak tahu apa ya lagi berjuang nyetir di tanjakan”.
Alhamdulillah, setelah dibantu ditumpangi oleh pak satpam, si L-300 bisa melewati tanjakan pertama yang curam. “Suwun nggeh pak..”

Meniti satu persatu trap tanjakan, TR tidak pake kopling sama sekali, karena berdasar pengalaman, setengah kopling malah akan membuat ban menjadi spin. Steerpun dibuat menuruti laju ban, mengimbangi belok kanan-kiri bak jalannya ular.

Di depan terlihat Truck box tidak mampu naik ke lokasi kebun, so L-300 langsung TR parkir di halaman kantor Afdeling. Ban belakang kanan terhambat cerukan berpasir setinggi 20 cm, ya namanya berpasir, so pasti ban akan spin… Berkali-kali mencoba dengan ancang-ancang, mas Trisman yang menyetir terlihat kewalahan. “sini tak gantiin”. Lhadalah, bukannya sukses, uji coba gagal.. malah truck miring banget mau terguling. Matihhh!!!😥
Usaha terakhir akhirnya dilakukan, TR sebagai navigator, memberi aba-aba belok kanan kirinya.. dan wholaaaa akhirnya bisa terparkir di kebun.

Proses naik L-300 juga tak kalah serunya. TR yang sudah jiper akibat truck mau terguling akhirnya cuman bantu “nggenjot ban” dengan cara naik di bak. Spin-spin dan spin… Alhamdulillah, setelah beberapa kali uji coba akhirnya berhasil terparkir di petak 3.

Keseruan ternyata tidak berhenti disitu. Ketika turun, L-300 yang TR setir gak mau jalan sama sekali.. Ya Allah kenapa ini? akhirnya turun dan mengecek apakah spin?? Ternyata, satu ban belakang L-300 menggantung, dan akibatnya L-300 blas gak mau jalan..
Baru pertama kali ini mengalami, namun kata temen yang ada disitu, dia memang juga pernah ngalami L-300 gak mau jalan kalau satu ban penggeraknya nggantung. Wah, gak kayak mobil offroad yang bisa bergerak secara independent dengan adanya sistem Locking Differential.

This entry was posted in adventure and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to Seru-Seruan Setir Truck dan L-300 di Jalanan Menanjak Berpasir Gn. Kelud

  1. Yoshi says:

    mantab ajib

    Like

  2. ganti ban oprod mas L300 karo trek e😀

    Like

  3. ekomoker says:

    ganti pake double cabin common raik diesel hehehehehehehe josssss tenaganya sam:mrgreen:

    Like

  4. alfikho says:

    ane dulu pernah bawa sebelum kerja di pt gan serunya bikin deg deggan, bawa colt muatan tebu yg sangat over lewat jalan tanah yg abis ujan mleot kanan mleot kiri mpe mau ambruk, pernah juga mpe patah as belakang sama kampas kopling angus

    Like

  5. Han:D says:

    Offroader jagoan nih critanya. Tanpa kendaraan spek offroad brani nanjak.. hehehe…

    Like

  6. gesang86 says:

    Wach, seru2an….tak kiro lak melu lulusan,kang….hahahahhaha (ono-ono wae, L-300 dipadakno 4WD)wakakakakka

    Like

  7. pak tarno says:

    L300 versi difflock akan segera dibikin😀
    kalo perlu 4 wd sekalian.

    Like

  8. dhanicsetio says:

    wuuii olah raga jantung tenenan ki😛

    Like

  9. Erit07 says:

    Asyik tuh…

    Like

  10. yogieza says:

    minjem dieselnya dunk satu,lum pernah bawa diesel nih saia😀

    Like

  11. Anonymous says:

    Kok di tuker panther pick up knp boss? Apa panther pick up ga spin?

    Like

  12. aditya dhiantono says:

    Kalau untuk Off-Road mendi di Gardan L300 nya diberi Locker Las atau baknya belakang dikasih beban biar gak spin bannya🙂

    Like

  13. aditya dhiantono says:

    Itu L300 nya tahun berapa?Kalau di rumah saya ada L300 meskipun dipakai Off-Road gak bakal spin soalnya muatannya berat (Sapi)🙂

    Like

  14. aditya dhiantono says:

    iya🙂 Hahaha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s