Well, beberapa hari kemarin disibukkan dengan servis ringan si Astrea prima. Tunggangan adik TR ini dititipkan di Kediri, karena tak ada tempat lagi di Surabaya sana. Berhubung TR pernah bawa motor sejenis, akhirnya dilakukan bedah sendiri saja.
Setelah ganti Repair KIT karburator dan ganti busi, si Prima ini masih ngadat. Atas saran beberapa teman di Homosek asuhan mbah Slamet Bonsai alias mas Muhsin, disinyalir kerusakan dari sektor kelistrikan. Terkadang api dari busi mau muncul, namun terkadang pula mati, gak mau nyala.
Alhamdulillah, kok ya setelah distarter yang punya, nyala… ndledek…. Namun, TR dan adik, masih penasaran, apa yang membuat si Prima belum bisa bener-bener Prima..
Dan niat memboyong Prima dari rumah, yang pernah menemani TR selama kuliah di Malangpun gagal.. 😦
wooo….motor apik ki
LikeLike
Antik… kalem2 waton teko.
LikeLike
biasa nya sih spul nya udah gosong, udah setengah mati, maklum udah umur.
bisa juga dari koil yg jg udah setengah mati, tp kalo ini gejalanya setelah motor jalan dan mulai panas trus macet, tp d tunggu bentar bisa hidup lg
LikeLike
Makasih pak. Tak coba cek.
LikeLike
biasa nya sih spul nya udah gosong, udah setengah mati, maklum udah umur.
bisa juga dari koil yg jg udah setengah mati, tp kalo ini gejalanya setelah motor jalan dan mulai panas trus macet/mati, tp d tunggu bentar bisa hidup lg
LikeLike
Motorrrr ajibbb..,,
LikeLike
motor tua
LikeLike
lihat body dan mesin prima ane langsung ngecesss, begitu bagus kualitasnya, jos gandos.
begitu beralih lihat body supra alamaaaakk ngecesnya diganti melet-melet, begitu ringkih dan rapuh, makin ancur kualitasnya
LikeLike
supra 125 sy, baru seminggu dah geter2 di area lampunya pak.. bawaan, ciri khas bebek honda..qiqiqiqi
LikeLike
Kalau gejalanya seperti itu, menurut B86 adalah sektor pengapian yang sudah mulai menurun kemampuanya, coba perbaiki sektor pengapiannya dulu,kang#Saran dari NewBie 😆
LikeLike
Siap
LikeLike
koil sama cdi ne coba di cek mas, supra fitq dulu juga gitu, ternyata cdinya minta adek 🙂
LikeLike
Nggih mas
LikeLike
kalo testing pengapian terutama pengapia ac,cek dari sumbernya dulu sam ,mulai dari spul cdi =tegangannya harus >100V kalo posisi langsam atau di engkol tegangannya >15v berarti normal , pulser=coba avo set ke ohm x1k trus slah (di engkol) dan jarum avo harus naik dan turun lagi(kalo normal) ,cdi = testing cdi koilnya harus terpasang dan tegangan input coil harus >100 v saat langsam , kalo testing koil lihat jarak percikan bunga api sutandartnya sekitar > 15mm (tanpa cop busi)
note:tanda2 cdi setengah mati adalah saat akselerasi mendadak mesin serasa tertahan (seperti kampas kopling habis)
LikeLike
Klo di gas mendadak ndut2an.
LikeLike
sambil siapin avo dulu ah.. makasih Ilmunya pak eko.
LikeLike
Cek kelistrikan & perkabelan kang
http://yoyokefendi99.blogspot.com/
LikeLike
Nggih pak. Masih nyari waktu luang
LikeLike
Q jg miara honda grand ’92, 20 thn br ganti seher. Motor tua pancen joosss..!!
LikeLike
jik jos ninja’e…
LikeLike
Jos grand klo buat nyantai.. ninja klo pelan gak enak blass n overheat…
LikeLike
saya punya prima cuman pernah ganti karet2, ring, gasket,dimesinya, yang sulit cari barang2 body, tapi kadang di setono bethek ada katanya..
LikeLike
ndek loakan lak”an pak.
LikeLike
japan ki
LikeLike
Real japan.
LikeLike