Jalan Tembus Sepawon ke Sugihwaras. Hasil Alam dan Cerita ke-Ngeriannya, Gunung Kelud


kopi

kopi


Mendung masih menggelayut beberapa hari ini di Kediri. Khususnya di lereng Sepawon Gunung Kelud, mendung dan suasana dingin membuai mata dengan kesegarannya, sehingga membuat mata mengantuk. Sepawon yang terletak di lereng Kelud memang kaya akan hasil pertanian, selain hasil dari perkebunan, penduduk sekitar juga mempunyai tanaman-tanaman produktif seperti cengkeh, kopi, kakao dan lain-lainnya.

Aroma bunga kopi yang harum mulai tercium semerbak, seiring dengan bau cengkeh yang dijemur di emperan rumah warga setempat. Tawaran untuk menikmati kopi pun terlontar, namun dengan halus TR menolaknya, maklum sekarang gampang maag jika terkena minuman yang nikmat ini.

jalan sepawon ke sugihwaras

jalan sepawon ke sugihwaras


TR penasaran dengan jalan Sepawon tembus Sugihwaras. Menyusuri jalanan desa yang masih makadam di beberapa sisi, si biru melaju pelan. Selain karena belum kenal medan, di beberapa titik ada belokan tajam yang disambut jurang nan dalam. Hingga tibalah di suatu hamparan perkebunan Nanas milik Kodam 5 dan TR mendapat teguran agar diam..
kebun nanas

kebun nanas


Setelah agak jauh barulah diceritakan oleh warga situ bahwa di lokasi sabo dam yang diseberangi dulu terdapat sekitar 40 orang yang tewas terkena lahar dingin. Tersebutlah pada jam 09.00 ada warga yang merasakan bahwa akan ada bencana, terlihat dari air yang mulai mengalir ke bawah. Volumenya kecil. Beliau itupun akhirnya lari ke bawah, memperingatkan warga yang saat itu berkebun dan mencari pasir di dekat desa Sugihwaras. Sayang, peringatan itu diabaikan oleh warga lain, dengan alasan saat itu matahari bersinar terang dan tidak hujan. Akhirnya air tsunami lahar dingin pun datang.. Subhanallah.
Namun sampai saat ini TR mencoba googling tidak menemukan kapan kejadian ini terjadi.. ada yang tahu??
IMG_20130520_124617

This entry was posted in adventure and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Jalan Tembus Sepawon ke Sugihwaras. Hasil Alam dan Cerita ke-Ngeriannya, Gunung Kelud

  1. Han:D says:

    Kejadian lahar dingin tu kira2 tahun 1997/1998 kang..

    Like

  2. Yoshi says:

    “Hingga tibalah di suatu hamparan perkebunan Nanas milik Kodam 5”

    Ternyata selain jago perang, Kodam 5 (Brawijaya?) jago bercocok tanam juga 😀

    Like

  3. pak tarno says:

    seingat saya…
    saya masih imut-imut 😀

    Like

  4. sing tak eling2 pas gunung kelud mbledos hujan abu, kalau lahar dingin belum tau, belum punya tipi 😀

    Like

  5. ochim kim says:

    waaah….liburan semester ini saya rencananya mengantar anak2 SMA puncu ke sini mas,

    Like

  6. gesang86 says:

    Kpine segerrrr….bikin suasan adem 😀

    Like

  7. dulu pas saya ke semarang itu via prembun-wonosobo bersama teman mengalami kejadian aneh om.selepas keluar dari hutan dan menuju wonosobo kota , kita sempat oleng di jalan gitu naik motor.rasanya seperti disenggol gitu,padahal kita tidak tersenggol apapun.saat itu saya yg mengemudi mtornya & saya tanya temennya juga ga tau kok bisa oleng gitu.
    memang kami kalau di jalan emang suka ngobrol & bercanda sampai tertawa gitu.saat masuk di dalam hutan tadi pun kami begitu,masa iya sih setan/jinnya ga terima kita ngobrol+ketawa di gunung milik Alloh ta’ala

    Like

Leave a comment