Telpon dari mbak Krisma (MPM Surabaya) ketika lagi meeting hunting Honda CB, mengingatkan bahwa esok hari akan ada sesi Free Test Ride Honda CB150R Streetfire. Well, jam 11.30 tiba di Gumul,setelah parkir kemudian hunting-hunting foto dan mengikuti sesi penjelasan keunggulan turunan dari CBR ini. Sebenernya malas untuk test ride, namun sama istri suruh nyoba, “rugi kalau gak nyoba apalagi gratis”. Ndaftar di mbak-mbaknya dengan ngasihkan KTP, dicatet dan bisa langsung nyoba CB150R.
Untuk kelengkapan safety berupa jaket, helm, protector dan sepatu sudah dipersiapkan lengkap oleh pihak Honda. Setelah nyemplak, sebelum ngegas mendengarkan dulu arahan dari instrukturnya. Impresi pertama naik CBSF adalah serasa panda naik sepeda mini, imut amat nih motor. 😆 Dengan tinggi 173cm/75kg kaki dapat menjejak penuh. Suara mesin dan knalpot terdengar halus bahkan tidak terdengar karena memang suasananya ramai. Nyoba masukkan ke gigi-1 berkali-kali, eh ternyata perpindahan giginya halus dan nihil hentakan. :thumbs:
Test ride pertama adalah nggeber motor sejauh 150meter, entar berapa kecepatan yang saya raih, namun dengan jarak segitu saya bisa meraihnya dengan gigi perseneling 2, dan RPM digeber 11.500-12.000 RPM sampai mbrebet, mengindikasikan bahwa mesin DOHC CB ini under CBR. Sempat diakhir session test ride ditanya apakah tadi saya pakai gigi-4?? saya jawab enteng saja, “gigi-2 pak!!” wkwkwkw.. Mboh karepmu nek jebol, khan DOHC!!. Test ini saya lakukan 3 kali.
Kemudian test di cone dan angka 8 untuk merasakan handling, well.. Lumayanlah, namun untuk handling masih enakan Scorpio, apalagi jika dibandingin dengan KLX, masih enakan KLX dong. Bagi saya yang bongsor, jelas ergonomi motor ini gak nyaman. Oh ya, test ini saya lakukan berkali-kali, sampai instruktur’e nyindir. “ya gapapa, dicoba lagi”. 😆
Kenudian test di bumpy dan papan keseimbangan. Walau tak seempuk Supra X 125, Scorpio Ori (skok belum modifikasi) dan GL-Pro. Sedikit lebih keras dibanding GL-Pro primus, ya mirip NMP-laaahh.. 😀
Setelah selesai, si bapak Instruktur menjelaskan cas-cis-cus dan bla-bla-bla tentang kehebatan mesin DOHC ini. 😆 Ya udah, macak bodo wae, dipancing terus wae ben nyerocos kayak sales..qiqiqiqi..
Untuk impresi naiknya sudah, mari kita longok dari desain. Yaaa kayak liat Old V-ixion. No more words. 👿 😆
Namun minus tombol cut engine stop, dan lampu Dim, kayak bebek dong. 😆 Oh ya,untuk perpindahannya cuma pake metode ungkit, so anda yang bersepatu bagus ke kantor rawan nih. Trus Pro-Linknya tanpa tutup/ tanpa under cowl, rawan kena lumpur yang menyiprat.
Overall, kalau anda penyuka motor ramping buat komuter kota-kota (non antar kota), suka dan sudah seneng brand Honda sangat disarankan kalau mau beli new CB150R ini. Tapi kalau jenengan masih galau antara CB150R ini dengan kompetitornya.. alias New V-ixion dan sangat memperhitungkan Value. yaa sampeyan tahu sendiri harus milih yang mana 😆
Seperti saya bilang ke mbak yang survey tentang kepuasan motor CB150R ini, bagi saya masalah motor itu masalah selera, gak bisa dipaksa, di BC ataupun dikasi diskon gede-gede’an.
sudah ah, saya mau hunting CB dulu.. Bagi yang punya CB/ Honda dimodif Japs Style dan mau dijual, kabari dongg.. ane mau beli. Serius 😀
“lebik baik besi tua tapi classic, daripada baru tapi plastik”
Aku pilih nvl mas
LikeLike
Aq pilih CB-ne
LikeLike
“lebik baik besi tua tapi classic, daripada baru tapi plastik”
“podo rak kuate..”
LikeLike
lebih baik besi muda tapi klasik
aka tirev modif cb kayak foto diatas itu
LikeLike
Hiyahh,hahahahaha.. Tambah betul ini.
LikeLike
aku pilih mioR
LikeLike
Apane Keyko kui? :p
LikeLike
h.h.h .. panda bisa naik motor? masuk akal, kungfu saja bisa kok ya….
LikeLike
kapan ya bisa test
soal Cb, jogja banyak banyak yang jual blar blar tuh
LikeLike
Iyo toh? Wah. Piro’an? Infone ya
LikeLike
yang nyantai pilih NVL yang membara pilih CB150RSF, yang bingung bin galau milih satu diantara keduanya bisa baca di sini
LikeLike
Sipp..
LikeLike
verza aja 😀
LikeLike
kalau sy prefer Verza drpd CBSF.
LikeLike
Waah handling kalah sama scorpio & klx ya…? Hmmm…(nglirik d-tracker)
LikeLike
Kalau menurut saya begitu mas, dengan tinggi dan berat badan 173/75, dan stang agak menunduk, kaki saya gak leluasa.
LikeLike
Kalau seperti saya yg 165/67 mungkin pas ya..hehe..
LikeLike
Dicoba saja pak.he3. Kalau ER6nya mau dituker sama CBSF saya dikabari.
LikeLike
hahaha….mboten, maturnuwun..
LikeLike
belum pernah njajal cbsf..kalah empuk dibanding supra 125?asiik.. 😆
LikeLike
Beda segmentasi. Kalau terlalu empuk, ntar buat boncengan malah ambles skoknya. 😆
LikeLike
buahahaha..bener ding..supra yg double shock aja ban belakang bisa nggasruk bagian atas kalo boncengin beruang dan lewat poldur yg waton..apalagi kalo motor-motor kayak gini dibikin empuk.. 😆
LikeLike
Diet ah, diet.. Wkwkwkwk
LikeLike
josssss…cb-ne mas..hehehehe…walah gak ngerti aku kalo ada test ride di nggumul kemarin…
emang lebih pride naik cb muyus daripada motor baru 150 cc 20 jutaan..xixixixixixi
LikeLike
Makasih infonya kmarin kang, tp q gak bs dtang. Jane pngen banget nyobain. E, mo plng kerja di telp istri klo da tmen dr jombang nyariin.. gagal deh acaranya..
LikeLike
bang aku mau tanya serius nih
maksudnya mesin cb 150 dibwh cbr 150 itu apa bang?
inferior gitu dibanding cbr150? down grade?
masalahnya…
aku ada cbr 150…
gigi 1 gigi 2 ngeden bgt.. atau istilah mbrebet gitu?? sama ga?
padahal dohc… tapi nafas nya di gigi 1 2 3 pendek amat… kayak supra.
nah pas aku coba cb 150 di tes ride. walau track pendek..
tapi perasaan cb 150 lebih responsif dan ga ngeden waktu gigi 2 3… dan langsung wuss…
memang cbr 150 di gigi 4 5 cukup anteng dan nyaman…
tapi utk bisa mencapai kondisi nyaman dan anteng ga segampang cb 150..
cb 150 cukup 2 3 detik bisa dlm kondisi nyaman.. waktu gas diplintir..
cbr 150 butuh track panjang bebas hambatan.. dan mtr hrs jln trus kira2 1menit tanpa di rem..
utk bisa jln secara nyaman,.. apabila di rem.. maka sensasi berkendara nyaman akan hilang..
dikarenakan… akan mulai dari gigi 1 2 3 sungguh tdk enak.. alias ngeden…lemot…
beda dgn kendaraan macam vixion byson apalagi cb 150…walau sama2 dohc nih cb 150
tapi putaran bwh nya langsung nyuss.. tak pake lama
gigi 1 2 tak ada sensasi ngeden.. body tdk getar seperti cbr 150..?
cbr 150 body geter mesin juga pada gigi 1 2 3..
tapi setelah jln 10 detikan tanpa hambatan… di gigi 4 5 6 maka geteran hilang dan nyaman sekali…motor yg aneh?
sungguh butuh pencerahan..
karena sudah eneg dgn penyesatan dari tukang servis honda yg bilang..
ya memang begitu ini motor..
memang aku sadar bahwa sproket nya beda lebih kecil..maka tarikan awal nya lebih nyus..
tapi ampe segitunya kah perbedaanya??
ngeden dan geter hebat di gigi 1 2 3…
sungguh tdk enak
LikeLike
Saya nggeber CBR 11.000-an RPM eces, CB sudah gak bisa. Dilimit.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
LikeLike
Wah feel gue ga kuat pas test ride waktu itu. Belum pernah test cbr juga sie 😦
LikeLike
Kediri juga tho mas?
LikeLike
wah iyo e pean numpak koyoke keciliken motore mas, po maneh aku sing gawe 😀
aku ketemu motor iki neng daerah pamenang,sing numpak ngebut, trus neng daerah kepung lagi parkir neng toko…
LikeLike
Iyo, gak cocok nek gawe awak’e dewe
LikeLike
Wah.. Tubuhnya tinggi makanya gitu,, lebih cocok naik yang 1000 cc. Naik kelas 150 cc motornya kekecilan om. Tapi memang cb 150r mantap juga buat di daerah kota.
LikeLike
Hahaha… aaaminnn
LikeLike
entah kenapa kalo melihat cb 150 ini kok kesannya biasa saja yah,sama sekali ga kagum alias biasa saja gitu tampilannya & sama sekali tak tertarik
beda sama foto motor yg paling akhir yg tampang old school,itu baru menarik perhatian 🙂
LikeLike
Sama. Saya ngilernya jika liat yg old dan trail.qiqiqi
LikeLike