Yamaha Jupiter dari Masa ke Masa



Tahun 2000 (Generasi ke-1).
Diawali di tahun 2000. Yamaha memunculkan tiga Varian yaitu Cripton, Vega dan Jupiter. Khusus Yamaha Jupiter, motor ini di-genre-kan atau disesain untuk menyalurkan hobi ngebut. Terbukti di ajang balap pasar senggol, Jupiter mampu bertanding dan mengalahkan motor-motor sekelasnya, semisal Shogun kebo.

Tahun 2003 (Generasi ke-2).
Tahun 2003, Yamaha Jupiter menyematkan inisial Z (alphabet terakhir) sebagai bukti kualitas yang tidak terhentikan dan terkini. Dengan kubikasi tetap 110 CC dan tetap dipertahankan sampai tahun 2009. Yamaha Jupiter Z laris manis, dengan mengusung desain yang manis, elegant dan cantik , motor ini mampu memikat hati konsumen Indonesia. Jupiter seri ini terkenal dengan nama Jupiter Burhan atau Burung Hantu, karena memang desain lampu depannya mirip mata burung hantu.

Sayang, disaat tahun 2009 akhir saya mau membeli Jupiter, pihak yamaha sudah men-diskontinyu produksinya dan menggantinya dengan generasi ke-3.

Tahun 2009 (generasi ke-3).
Generasi ketiga Yamaha Jupiter muncul dengan mesin 115 yang merupakan desain mesin baru dari Yamaha. Perbedaan generasi Jupiter Z dengan New Jupiter Z ada pada tiga konsep yang cukup mencolok. Pertama desain body berbasis R1 & R6, sehingga lebih gagah, kokoh dan seimbang. Kedua, desain di area speedometer yang futuristik. Dan ketiga adalah desain mesin yang berubah menjadi 115cc dari 110cc. Tidak tanggung-tanggung Yamaha mengganti mesin Jupiter Z dengan mesin baru dengan segala kelebihan yang dimilikinya.

Spesifikasinya sebagai berikut :
SPESIFIKASI YAMAHA New JUPITER Z
Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Diameter Langkah : 50,0 x 57,9 mm
Volume Silinder : 113 cc
Susunan Silinder : Cylinder Tunggal / Mendatar
Perbandingan Kompresi : 9,3 : 1
Power Max : 6,6 kW / 7.500 rpm
Torsi Max : 9,0 Nm / 4.000 rpm
Sistem Pelumasan : Pelumasan Basah
Oli Mesin : 800cc (Berkala) | 1.000 cc (Total)
Radiator : –
Karburator : (MIKUNI) VM17SH x 1

Tahun 2011.
Muncul New Jupiter Z White. Warna putih kembali dipilih Yamaha untuk menciptakan tren ditambah fitur-fitur baru yang memberikan kesan sangat lelaki.
Jupiter Z putih yang disebut sebagai hero bike ini dibuat paling beda yang dapat dilihat dari flasher (lampu sen) dan tail light (lampu belakang) yang warnanya diubah menjadi berefek smoke, dari sebelumnya warna silver. Sedangkan head light (lampu depan) tetap silver.
”Efek smoke seperti pada motor-motor balap untuk menambah nuansa racing dan sporty dengan tetap mempertimbangkan aspek safety riding dan peraturan pemerintah dimana intensitas cahaya yang dihasilkan lampunya akan tetap terlihat jelas dan terang,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Di tahun 2011 juga, sebagai perayaan 50 tahun Yamaha berkiprah di Kejuaraan Motor Grand Prix, Yamaha Indonesia turut merayakannya dengan memanjakan konsumen yang ingin terlibat langsung merasakan demam selebrasi agung Yamaha ini.

Untuk itu Yamaha memasarkan 300 unit Jupiter Z limited edition ke pasar Indonesia. Jupiter Z edisi spesial tersebut berwarna dasar biru ditambah logo 50 tahun Yamaha di MotoGP yang melekat pada bodi samping kanan dan kiri motor. Sertifikat resmi pembelian Jupiter Z edisi tersebut juga akan diberikan kepada pembelinya. Jupiter Z limited edition ini dialokasikan secara nasional.

Tahun 2012 (Generasi ke-4).
Dengan segala kejutannya Jupiter Z1 menggegerkan jagad permotoran di tahun 2012 ini. Jupiter Z 1 mengusung YZ Crank Technologi seperti pada Special engine (SE) YZ450F. Sistem Injeksi Jupiter Z1 lebih mirip ke Sistem Injeksi Yamaha Vixion. Z1 punya sensor O2 umpan balik sistem close loop sehingga pengecekan kualitas emisi jadi lebih bagus. Air scoopnya dibuat baru dan dobel sehingga pendinginan lebih bagus.

Diameter klepnya dibuat lebih besar dibandingkan yang karburator, sehingga tenaganya semakin besar 20%. Silindernya dibuat non diasil, sehingga bisa dikorek buat yang suka balap. Desain tersebut juga memudahkan proses pendinginannya. Transmisi ke-3 dan ke-4 dirubah, sehingga napasnya lebih panjang dan bisa meraih RPM lebih tinggi. Dengan segala kelebihannya ini, Jupiter Z 1 berani memasang tag-baru. “Yang lain, semakin jauh ketinggalan.”
Tak salah rasanya, jika Yamaha dengan bangga memperkenalkan Jupiter Z1 di ajang Moto GP.

artikel ini juga bisa dilihat di : http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=1132. Jangan lupa tinggalin comment juga disana ya bro.. suwunnn sanget

This entry was posted in yamaha and tagged , . Bookmark the permalink.

49 Responses to Yamaha Jupiter dari Masa ke Masa

  1. bagas29ps says:

    motor jupiter itu motor pertama saya saat belajar motor, jadi kangen saya masa” membaranya pertama kalinya belajar motor pake si jupi gen 1
    http://bagas29ps.wordpress.com/2012/08/15/ini-musikku-musik-fovoritmu-apa/

    Like

  2. jupiter gen awal (102cc) mesinnya paling bandel…

    Like

  3. gogo says:

    ane masih punya Gen1 n Gèn. ttp joss..

    Like

  4. gasfuel says:

    jupiter mx ga masuk ya om,,kan satu varian yamaha jupiter juga,,
    ngemeng gambar jupiter gen 1 ko ga ada

    Like

  5. z1rider says:

    Dan metamorfosis Jupiter telah mencapai kesempurnaan 😀
    nitip tulisan sejenis mas ➡ http://z1riders.wordpress.com/2012/07/25/komparasi-dan-flashback-varian-varian-yamaha-jupiter-z-dari-masa-ke-masa/

    Like

  6. pionize says:

    sebelum burhan kayaknya uda ada versi jupiter Z de…CMIIW

    Like

    • sempak kecebong says:

      iy emang ad seri 5tp dgn 3 wrn (orange silver,red blck dan blue white) ane pnya yg ini ms kinyis2 drmh, dgn velg cw wrn silver orinya, handling joss tampilan cakep,bodinya kuat khas yamaha.

      Like

  7. Motoroda says:

    Di rumah masih ada Jupe generasi ke-2 alias burhan. Motor waktu SMA dulu. 😀

    Like

  8. setia1heri says:

    ikutan nulis ahh

    *tapi ra paham blaz 😀

    Like

  9. z1rider says:

    Wow, selamat. Mas bro menang euy…

    Like

  10. Ito says:

    Jupiter z1 dr segi suara hmpr mrip dg mtor cina,low q lbh suka yg jupiter th 2009,bodyny bgus,buat nyelip jg enak

    Like

  11. afrido says:

    memang si jup gen 1 mesinnya bandel banget ane dari tahun 2000 beli ampe sekarang blom ada tuh masalahnya

    Like

  12. betha says:

    koe pemakai setia yamaha bro!! apalagi ama jupiter series…

    forza JUPITER!!!

    Like

  13. Shogunners says:

    Semua varian jupiter(kecuali z1 dan mx) gak bisa kalahin shogun gw lansiran 2002…jupiter,vega r,revo,blade,supra 125,vega zr,kaze sorry aje kalian masih dibelakang shogun gw

    Like

  14. jupiter z burung hantu gua 125 cc hahaha ngalahin new jupiter z

    Like

  15. anggi says:

    jupiter z gw,2011 mesin standar tpi body euy,gw tempel sticker&scotlett dimana-mana,trus lampu flasher gw g ksh dobel head(sein dobel)jadi klo mogok malam2 ditengah htan tinggal nyalain sein bahaya aja,klakson gw kasih 10 suara,tuooooooooooo0000n.truk pd minggir smua.emang gw akui,jupie z ga ada tandinganya.@shogunners shogun 2002?enteng,emang loe bisa lari ampe brapa,nie si jupie gw 180km/jm dilibas.mesin full modif 200cc.tapi gw ttep ikut aturan gak sperti joki drag mtorny brondolan.

    Like

  16. jupiez says:

    @anggi: bethol mas anggi,jupie z emang mtor paling gmpang klo modif mesin,klo udah full modif,bukan satria fu lgi tandinganya,bsa sampe ninja 4tak. . . “jupie z is the best”

    Like

  17. jup says:

    ui numpang tny, jup gen 1 no limit ?

    Like

  18. Ozy says:

    Q pngin jupiter z thun 2009,,
    Tpi kyae msi mahal hrganya

    Like

  19. Anonymous says:

    Jupiter sekarang sangat jelek modelnya, pengennya mw bli yang burhan, tpi apa boleh buat,terpaksa meminang satria fu yg lebih modis dan garang, yamaha jebol kalo cuma ngandalin jup z skg..
    Untung ada vixion yg bantu.. kalo ga..

    Like

  20. Slow_down says:

    JupiterZ 5Tp 2003-2006 sebelum JupiterZ burhan gak disebut gan??????
    padahal itu jupiterZ paling mantep diantara yg lain.
    – handling lebih nempel dijalan(shockbeker belakang lebih besar, segitga fork, & stang jepit)
    – mesin halus akselerasi bagus
    – kekurangannya JupiterZ 5tp boros bbm dibanding burung hantu dan kalo pagi-pagi sulit hidup.

    Like

  21. sempak kecebong says:

    GW punya jupiter z 5TP 2006 sblm burhan,,yg ad 3 wrn CW orange silver,red black dan blue white..nah ane pk yg wrn red,,jujur handling enak,dipake nyaman tarikan joss dan saat itu sangat2 booming,bahkan ane ma temen masing2 pnya jup z tsb dgn beda2 wrn pas 3 wrn tadi, jup burhan jg joss, tp stop produksi yamaha goblok ganti gen 3 yg gagal,udh boros mesin lemot,buka bodi ribet mlh kemunduran desain wlpun ckup keren tp lmpu blkng cupu dan kiatan ringkih,baru gen 4 jup Z1 bs dikatakan lmyan mmbalikkan kedigdayaan jupiter series, dan mmng mulu di indoprix sprti gen jupiter sblm gen 3 yg menang trs2an bhkn ms bejaban nglawan Z1

    Like

  22. Anonymous says:

    Gw punya jupiter 2001 dari baru.menurut gw yamaha punya kualitas terbaik.waktu baru gw test konsumsi bbm1 liter 68km.suprax 2001 hanya 60km per liter.saat ini masih dipakai konsumsi 50km per liter.msin standar.menurut gw sih.nyaman tarikan enteng.blum pernah setel klep, itu rahasia motor awet.gw jg ada legenda 2.memeng sih lebih irit bisa 60km per liter, tapi kurang nyaman, geteran mesin tersa di stang, ternyata grand, legenda, fit s, fit x, revo fit tdak ada karet di stang.masih bagusan yamaha semua type ada karet di stang tuk meredam getaran, klo ada yg tdk percaya, bukaaja stang yg gw sebutin diatas.

    Like

  23. Anonymous says:

    Thangs you Yamaha Semakin Di Depan..mantap

    Like

  24. dul says:

    seng tenan pie to? 5tp itu yang burhan bukan mas?
    (orang awam ini lek 😀 )

    kan udah ada piston coler nya tuh kan 🙂

    Like

  25. adit says:

    salah ni jupiter burung hantu kan keluar nya di tahun 2007. dan sebelum nya ada jupiter z CW 2005 kok gk ada di situ

    Like

  26. Anonymous says:

    saya gak pernah pake jupiter ,sekali pake kok kurang enak yaa….kenapa. . .http://obataborsiasli-bandung.blogspot.com/

    Like

Leave a comment