Odometer sudah berjalan ke 505 km kembali setelah minggu kemarin menuju O. Terasa, performa mesin semakin menurun, jauh beda dengan sewaktu beberapa tahun yang dulu. Beberapa kali diasapan sama bebek sruntulan,wekekeekk. Bisa saja lari 120 KPJ, tapi kasihan tuh mesin, teriak kencang mengejar si bebek. Biar tenaga fresh kembali dan enteng saja mengail kecepatan diatas 100 kpj atau kembali menuju 140 kpj seperti dahulu, waktunya me-blue print si Pio.
Yang jelas prosesnya adalah membongkar dulu body belakang, setelah itu tangki, dilanjut knalpot dan seterusnya. Ketika membuka knalpot terlihat kerak yang super tebal.
Bagaimana kondisi piston dan klep?? tambah parah.
Selama 1 hari penuh Pio ditelanjangi dan dioprek.
Saya kira servisnya akan menginap atau menunggu waktu 2 hari. Namun ternyata saat siang jam 14.30an saya menengok, mesinnya lagi disetting klepnya. Terlihat si mekanik langganan saya kesulitan setting klep, maklum, bengkel pak To bukan langganan saya soal setting mesin si PIO. So, hari berikutnya Pio saya bawa ke BERES Yamaha Kediri untuk ketemu mekanik langganan .
Setelah, masa pemakaian 2 hari sampai hari ini, mesin lumayan terasa segar kembali. Untuk diketahui, sebelum saya putuskan dibongkar di bengkel tersebut. Si Pio sudah pernah saya bawa ke BERES, namun oleh mekaniknya disarankan agar tidak turun mesin, karena takut kena biaya mahal dan kurang terkonsentrasi karena ramai. Disarankan juga untuk membeli engine cleaner.
Kemudian, juga sudah saya ajukan untuk dioprek om Swega/RAT Motorsport Sidoarjo. namun ditolak halus. Karep saya sekalian turun mesin, sekalian dibersihin ya kenapa nggak tuning. Gakpapa, yang penting akhirnya gak nambah pengeluaran.
kok gak ke rat napa om?
LikeLike
Soale om swega minta di blue print dulu, sy gak mau mas adhani, lha opo’o kok gak mesisan. Timbang pasang bongkar terus2’an, mending standart aja. Wedi malah rusak.
LikeLike
di blueprint mahal nan lamaaaa
negison dan 90.000 kmkayak apa ya keraknya
LikeLike
Coba ae Pan dibongkar
LikeLike
rung ndue ragat 😀
LikeLike
weh pione topless 😆
LikeLike
Mau dugemm tuh topless.
LikeLike
jarang di servis besar ya om pio nya?? kok sampe banyak gitu keraknya ❓ motorq tiap 30rbu km tak servis besar om biar tetep nyuus tenaganya walaupun cuma motor bebek
LikeLike
Jarang poll.. Sejak beli tuh mas.wekekek..
Wah, klo njenengan lak mekanik, bongkar dewe gratis. Lha aq mbayar, kalah sama belanja bulanan mas..
LikeLike
kerak di knalpot dari mana asalnya? apa karena oli mesin (bocor di ring seker or seal klep pembuangan?)
LikeLike
Dulu pernah bocor sil-nya mas. Pernah ngebul gara2 sil d piston/ring pistonnya lepas.shg ngebul.
LikeLike
kebetulan pio kemarin di servis (ringan aja) sbg kado ulang tahun pio ke 4, karena dah setahun ga servis (tp gt oli rutin loch) jadi agak enak. mgkn kalau rutin servis malah ga terasa bedanya 🙂
LikeLike
Yuppp. Punya saya tiap 3kali ganti oli baru setting klep dan bersihin karburator mas bro.
LikeLike
koq sampe mesin diturunkan gitu mas bro…? khan yg di bersihkan cuma kerak di ujung piston + klep + ruang pembakaran aja…..
MX saya dulu pernah di oprek di RAT…
LikeLike
Soalnya mentok mas robert. Mentok ke rangkanya. Lama gak bersua. Gimana kabar’e?
LikeLike
Mentok yaaa…? kirain yg mentok ke rangka tuh motor laki produk Hondaa…ooo…
Kabare baik mas bro…sekarang aku pindah tugas ke Madiun…
LikeLike
Wah, dines d kampung halaman sy dong.
Iya mentok, klo GL atau CB nyopotnya gampang, pio kemaren uangel nyopotnya.
LikeLike
Mentok gimana? itu Mekaniknya abl-abal kali.. 😀
LikeLike
gan brpa seh dimeter klep scorpio & diameter btangny??
lw dpsang di cb ,msti rbah sdut gk/ pa bsa cman klep nya dprdlam???
LikeLike
hallo Agan2 pcinta mtor, pio qu rasanya kok kurang maknyus ya. ku rasa ruang bkarnya udah penuh kerak X ya.
coz knalpot ngebul warna biru hitam.
seal klep apa sdah mulai rusak ya?
mhon solusi ya Gan .
tengkyuu…
qu tunggu solusinya Gan. okey…..
LikeLike
gan scorpio ane kok kasar abis dipake ke bromo kayak apa klep nya terlalu renggang
LikeLike
coba diservis aja mas. klo punya saya memang kasar suaranya dari dulu, malah kemren juga tak bawa ke bromo loh.
LikeLike
klep nya ngelitik kayak nya
qw bawa ke resmi yamaha
tpi diya mau buka klep tutup klepnya terlalu rapatt jadi gak berani buka
LikeLike
Klo punya saya disetting agak kasar mas.. kok gak brani buka ya?
LikeLike
gan klo gas turun kok mati tapi klo diem normal ???
apa masang monifold nya kurang tepat
LikeLike
Setting karbunya kurang pas itu mas.
LikeLike
makasih gan atas jawabannya
sekarang ane pake filter aftermarket kok malah ndut ndutan
LikeLike
keraknya banyak mungkin gara2 dulu pake premium kali yah?kalo pake pertamax ato oktan tinggi ga terlalu tebal keraknya keknya
LikeLike
Seringnya premium. Mklum banyak kebutuhan.
LikeLike
ada itu peningkat oktan bagus om,testimoninya bagus tapi aku ndiri lum pernah coba,maklum di kotaku ga ada.temenku dah ada yg coba di vixionnya & bagus itu.tanpa bermaksud promosi merknya norival,cek aja di internet.itu produknya bagus presentasinya,semua ada utk kompresi masing2.mahal itu sebotol 100rebu ckck
LikeLike
Oh yg itu. Om Torry parantoro yg jualan.
LikeLike
Hallo bos bos pio.saya newbie di scorpio nih mau tanya kira kira biaya service seher scorpio brp ya?motor ngebull tq
LikeLike
Ngebulnya dipastikan dulu. Karena seher apa karena settingan karbunya saja yg kurang pas.
LikeLike
Hi.. mas pio njenengan habis berapa tu ngoprek2 nya? soalnya pio saya kendalanya sama kya njenengan,, mksih
LikeLike
Ini murah pak. Karena ndak ada yang ngganti ya habis 80rb seingat saya. Di bengkel langganan.
LikeLike
Gmna kelemahan pio klo dah pernah turun mesin?
LikeLike