Menikmati Hiking di Lereng Argopuro (Grujugan) dan Bondowoso

@Kabuaran, Grujukan, Bondowoso
Perjalanan ke timur pulau Jawa minggu kemarin kurang begitu menyenangkan pada awalnya, hal ini dikarenakan kondisi badan yang kurang fit, sehingga liukan mobil yang belok sampai berdecit di jalur Dampit-Puger, sukses membuat saya mabuk darat 3 kali session (halagh :mrgreen:). Perjalanan malam pukul 9 malam dari Turen Malang dan sampai di Puger jam 2 pagi dinihari benar-banar menyiksa.

Suasana dekat kantor Kecamatan Puger yang ramai dengan orang mengaji dan Adzan subuh yang bersahutan membangunkan saya untuk sholat shubuh. Setelah dilanjut tidur sebentar, jam 6 saya dan team sarapan nasi sambel plus tahu dan bersiap berangkat ke lahan kerjasama pabrik di Bondowoso. Karena kondisi kesehatan dan toilet yang jorok menurut saya, akhirnya pagi itu ndak mandi.
Jl.bengawan solo, Jember
Setelah teman-teman berangkat, saya nyempal dulu ke Jember kota karena ada urusan dengan relasi. Temen yang kebetulan juga asisten saya melewatkan perjalanan di Kampus Unej, wedew.. mata jadi seger dah.. kebetulan relasi yang mau ditemui rumahnya deket dengan Unej.

Urusan kelar, kami berdua menuju Bondowoso. Ada kabar, rekan sekantor dari Kediri menyusul dengan naik motor. Karena waktunya siang, pasnya sekalian makan siang. Kamipun janjian ketemu di Warung Bebas jalur Jember-Bondowoso. Dan kemudian dilanjut menyusul teman-teman dari Puger tadi.

Teman saya yang naik motor NMP sambatan, motornya mbrebet.. ah, jadi keingetan cerita Ridertua dan bang Amama Ali. Diapun bercerita tentang pengalamannya nyalip kendaraan kencang dan tiba-tiba si meggy mbrebet. (tak usah dibahas, dah rahasia umum:mrgreen: ).

Sampai di Kabuaran, Grujukan kami langsung menyisir semua lahan yang ada. Tak terbayang, ternyata kami harus mendaki beberapa bukit, menuruni lembah, menyeberangi sungai dan terakhir menuju hutan pinus. Namun rasa lelah yang tak tertahan terobati oleh indahnya pemandangan dan sejuknya hawa pegunungan Argopuro. Sesampai di rumah petani, Guyonan khas dengan bahasa Madura menambah kegayengan kami, walau kami yang kehausan ini disuguhi Teh Panas.

kami satu Team yang saat itu ada 9 orang kembali menyusuri jalanan Bondowoso, untuk menuju ke arah Bondowoso-Situbondo. dan ternyata, kembali harus jalan kaki sejauh 2KM pulang-pergi plus nyebrang sungainya.hahahaha…
Rasa lelah di kakipun kami rasakan, namun karena masih ada waktu kami menuju ke Curahdami.

Hari sudah mulai gelap dan di lokasi tersebut dekat sungai yang digunakan penduduk setempat mandi, so..bagi kami yang biasa mandi secara privat, mendapati hal tersebut agak kaget juga. Acara kami tutup dengan makan bersama dengan mie hangat dan segelas kopi di warung sebelahnya. saya yang kemarin pernah mau pingsan karena kena racun kopi tersebut, memilih minum air putih sepuasnya.
Sesaat kemudian, team kami ketambahan alias kedatangan rekan dari Kediri juga walau beda divisi. Diputuskan bahwa kami berempat menginap di Bondowoso dan sisanya pulang ke Puger.

Alhamdulillah, akhirnya mandi juga. Setelah berberes, saya dan seorang rekan jalan0jalan menikmati alun-alun Bondowoso di malam hari dengan naik NMP. Setelah puas kamipun pulang balik ke hotel dan beristirahat.

Hawa dingin masih merasuk tulang ketika saya bersiap-siap pagi berikutnya. Karena rekan-rekan yang lain masih pada molor sayapun menunggu sembari melihat TV. Jam 7 kami sarapan bersama, 1 teman yang nyusul terakhir pamit ke Probolinggo terus ke Kediri dengan Revonya, dan sisanya kami bertiga menuju Prajekan.

Setelah acara cek di Prajekan selesai, saya minta kepada teman-teman agar pulang duluan karena mengejar waktu agar nyampai Malang tidak malam-malam karena ada urusan. Akhirnya kami berpisah di kota Situbondo. 2 rekan naik NMP menuju Arjasa, saya naik mobil pulang ke Kediri dengan terlebih dulu mampir ke kota Malang.

Saya sempat ketemu dengan bro Ahmad Maulidi alias Kang Ulid (jheren.wp.com) di Pantai pasir putih Situbondo, untungnya. Walau terhambat macet di Tongas, Alhamdulillah, jam 11 malam saya sudah sampai di rumah Kediri dengan selamat.
Kang Ulid
Untuk catatan, Solar diisi Full sewaktu berangkat , tidak diisi selama 3 hari 2 malam, dan berada pada posisi E sewaktu sudah sampai Kediri.

This entry was posted in adventure, Jember, Lumajang, malang, New Mega Pro and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Menikmati Hiking di Lereng Argopuro (Grujugan) dan Bondowoso

1. touring terus… enak men di sawang mbuh sing nglakonei😀 nyonyaeh nggoleki kae Cak:mrgreen: