Memasuki babak baru di Wringin Lawang


Terletak di sebelah selatan jalan raya Trowulan, Mojokerto. Wringin Lawang yang bentuknya Gapura ini layak buat dinikmati bagia anda penikmat wisata sejarah. Selain karena letaknya tak jauh dari jalan raya (50m), masuk Gapura inipun tidak dipungut biaya alias gratis.

wringin lawang

wringin lawang



Menurut Wikipedia. “Gapura agung ini terbuat dari bahan bata merah dengan luas dasar 13 x 11 meter dan tinggi 15,5 meter. Diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Gerbang ini lazim disebut bergaya “Candi Bentar” atau tipe “gerbang terbelah”. Gaya arsitektur seperti ini diduga muncul pada era Majapahit dan kini banyak ditemukan dalam arsitektur Bali. Kebanyakan sejarawan sepakat bahwa gapura ini adalah pintu masuk menuju kompleks bangunan penting di ibu kota Majapahit. Dugaan mengenai fungsi asli bangunan ini mengundang banyak spekulasi, salah satu yang paling populer adalah gerbang ini diduga menjadi pintu masuk ke kediaman Mahapatih Gajah Mada.”

Siang itu, ketika saya singgah ke Gapura tersebut, suasananya sangat sepi. Hanya ada 1 orang petugas juru kunci yang lagi bersih-bersih kantor penjagaan.
Walau 1 Januari sudah lewat, well saya mengucapkan untuk SAYA PRIBADI, “Welcome to 2012”. dan Resolusi 2012pun baru tersusun ketika bulan januari sudah lewat. Dan inspirasi untuk babak 2012 baru muncul setelah dari Gapura ini. #telat.

This entry was posted in Mojokerto, work. Bookmark the permalink.

2 Responses to Memasuki babak baru di Wringin Lawang

  1. sekarang gerbang itu difungsikan gawe opo Cak ? mung gae plesiran opo ono bangunan neh pas mlebu njero

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s