Yang 4L4y orangnya, bukan motornya!


motor hanya motor, motor hanya kendaraan yang bergerak bila di gunakan pemakainya. motor hanya kepanjangan tangan dari penemudi, jangan serta merta salahkan motornya, jadi apapun motornya semua tergantung pengemudi. motor hanya bergerak mengikuti perintah pengemudi. mosok tumon motor mlaku dewe ngalor ngidul karepe dewe?🙂

dalam kasus ini matik menjadi terdakwa kambing hitam karena alasan banyak digunakan 4l4y yang menyebabkan pasal tindakan tidak menyenangkan dan membahayakan orang lain di jalan raya. kita tahu kelebihan produk tersebut, karena karakteristik produk tersebut yang kecil, mudah di ajak nyelip, tinggal gas rem dll, saya sangat mengerti akan hal itu. saya tahu karena banyak biker 4l4y yang kebetulan/disengaja juga menggunakan motor matic (karena kelebihan produk tersebut) sebagai modus operandi kajahatan ke-4l4y/kegoblokannya!

namun di lain pihak banyak juga pengguna motor matic tersebut yang santun dan hormat di jalan raya, padahal sangat memungkinkan terjadinya tindak ke 4L4y-an. perlu diketahui ada banyak variabel yang menyebabkan hal itu terjadi.

apabila keinginan terdakwa pengemudi 4l4y yang bodoh dan tidak tahu tata tertib ini, didukung oleh karakteristik produk yang sangat memungkinkan, dan didukung oleh kesempatan di TKP, maka terjadilah!! semua variabel itu memiliki andil yang cukup signifikan. karena motor tidak bisa serta merta disalahkan, menggunakan asas praduga tidak bersalah bahwasannya motor hanya barang bukti, objek terjadinya kejahatan para 4L4y bodoh ini. karena 4L4y (sebagai subjek) akan berusaha mencari cara untuk 4L4y di jalan(predikat) apapun kendaraannya (objek).

tidak menutup kemungkinan juga bagi pemilik kendaraan lain. bebek atau motor sport, semua jenis kendaraan sangat memungkinkan! banyak juga kendaraan bebek atau sport yang melakukan 4L4y-isme di jalan raya, dan sekali lagi “people behind the bike” sangat berpengaruh terhadap terjadinya tindak kriminal ini.

kejahatan 4L4y terjadi bukan hanya karena motor, namun karena niat pelaku dan kesempatan. waspadalah..waspadalah..waspadalah….

gimana menurut bro sekalian?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

32 Responses to Yang 4L4y orangnya, bukan motornya!

  1. touringrider says:

    sidang di tutup! dok…dok…dok….🙂

    Like

  2. dara says:

    Setujuuu……
    pemotor itu jutaan. Alay bisa ada dimana aja . Ga bergantung merek..xixixi

    Like

  3. damhar says:

    well done cak, analisa yg adil

    Like

  4. bapakeValen says:

    setuju nganggo banget…
    namanya 4l4y, mau pake honda,yamaha,suzuki,kawasaki atau Harley, tetep aja 4l4y..
    semua tergantung personal masing2.

    Like

  5. boerhunt says:

    setuju masbro..tp perlu dipertajam, “yg 4l4y itu orang dan modifikasinya, bukan brand motor atau jenis motornya” , kalau motornya gk pake spion, lampu belakang dibikin putih terang, lampu depan dibikin merah spt lampu belakang.. itu kan juga 4l4y masbro..

    nitip yak..
    mohon dukungannya siapa tau ada yg punya akses untuk memberikan masukan, namun jika yg saya tulis ada kesalahan, mohon dikoreksi
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/10/26/parkir-khusus-wanita-motormobil-moge-dan-sepeda-ada-kenapa-untuk-penyandang-keterbatasan-dissability-person-bermotor-tidak-ada/

    Like

  6. eOne says:

    Setuju bgt mzbro, aneh aja kalo motornya yang di jadiin kambing hitam. perhah baca blog sebelah, indikasinya jadi BC ke salah satu pabrikan

    Like

  7. Amama Ali says:

    Hari gini masih pake yg bergigi:mrgreen:

    Like

  8. biasanya ada tuh yang menyalah2kan salah satu jenis motor sebagai alay:mrgreen:

    padahal motor manapun juga bisa jadi sarana alay, Bandit pun bisaa

    Like

  9. gesang86 says:

    ANDA BENARRRRR…..

    Like

  10. nunoo says:

    denger2 4L4Y itu timbul karena keinginan mengekspresikan diri..
    http://nunoo.wordpress.com/

    Like

  11. agoey says:

    benar…. motor alay karna orangnya…. gak mungkin dong motor bisa alay dari pabrikannya…

    http://agoey.wordpress.com/2011/11/15/harga-vespa-lx-150-ie-2011-pekanbaru/

    Like

  12. visitor says:

    pasal anti-4L4y kayaknya perlu masuk UU lalu lintas nih mas hehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s