Cara Uji KIR berkala di Kabupaten Kediri


Setelah masuk areal terminal/ Uji Kendaraan bermotor yang berada di Purwosari, silahkan ambil jalur antrian sebelah kiri/pintu selatan. Disini Tanggal yang lama akan di cat dan diganti dengan tanggal uji KIR berikutnya (6 bulan ke depan). Untuk pengecatannya, petugas meminta biaya Rp.2000,-.

antri UJI KIR

antri UJI KIR


Bila ramai, biasanya pendaftaran dilakukan di sekitar tempat parkir antrian. Serahkan STNK dan BUKU KIR. Untuk biayanya?? (maaf saya nggak tahu, karena biasanya langsung ada orang yang mengurusi). Kalau di spanduk, tertera biaya pendaftaran Rp.10.000,-, Biasanya, pembayaran/biaya total akan langsung diminta oleh petugasnya.

Setelah mendaftar, STNK akan dikembalikan dan dimintai biaya Fotocopy Rp.2000,-, kemudian akan ada juru gesek yang menggesek nomer rangka/Chassis dan mesin.

Kemudian akan diberi Map yang berisi formulir2 yang akan diisi petugas UJI KIR. Setelah itu masuk antrian satu persatu, untuk di test Lampu utama, Kota, Sein kiri/kanan, Hazard, lampu rem, Lampu Dim/jauh, Wiper.

Dilanjutkan dengan pemeriksaan bawah kolong mobil (kayaknya ngetest penyimpangan steering).
Selesai, masuk ke ruang uji rem. Tumben nih alat berfungsi..
Maka selesailah sudah.

uji REM

uji REM


Untuk pengujian tidak membutuhkan waktu yang lama, namun antriannya yang bikin lama serta proses penulisan hasil uji KIR tadi. Saya biasanya datang jam 8, jam 11.00 atau 12.00 baru slesai.

Diatas, hanya info sekilas saja tentang urutan-urutan UJI KIR yang dilakukan. Untuk biaya dan hal-hal lain, semisal : bila tidak lulus bagaimana?? maaf, silahkan ditanyakan saja ke sesama teman/ para sopir yang ada disana. Insya Allah mereka akan saling memberikan informasi.

Oleh karena itu, pastikan anda datang pagi-pagi (buka jam 7). Siap-siap uang ekstra (buat apaan yach? :mrgreen: ), Lengkapi kelengkapan surat2 dan pastikan lampu2, rem dan lain-lain berfungsi baik.

Bagimana UJI KIR pertama kali?
Berapa Total biaya Resminya?
monggo yang lebih tahu di share..

This entry was posted in transportasi and tagged . Bookmark the permalink.

12 Responses to Cara Uji KIR berkala di Kabupaten Kediri

  1. wah ndisit ra nggatekke kakange, soale biasane langsung diurus karo Calo nek ga salah, saiki ra tahu melu angkut angkut…. Ndisit dadi kenek 😀

    Like

  2. azizyhoree says:

    nek rem e ga balance di kei note kongkon mbengkelne :mrgreen:

    Like

  3. heru says:

    kalo truk trengalek di kirkan di kediri bisa?

    Like

    • touringrider says:

      Bisa pak. Numpang KIR namanya, namun untuk administrasinya saya kurang tahu.
      Kemarin hari sy uji KIR di sidoarjo, banyak truk/box plat B dan luar kota yang juga uji KIR di sidoarjo.
      #artikel uji KIR di sidoarjo.

      Like

  4. Anonymous says:

    bila buku kir hilang bagamana

    Like

Leave a comment