Masalah driving mobil bermesin diesel, sebagian sudah pernah saya bahas di postingan sebelumnya. Namun, ada baiknya saya bahas kembali untuk meningatkan, bahwa nyetir mobil bermesin diesel itu beda dengan mobil bermesin bensin.
Ketika menelusuri jalanan di hutan Pule, Trenggalek yang masih berkontur makadam dari batu-batu kali. L300 yang saya tumpangi berkali-kali spin, hal ini lumrah, karena bak dalam keadaan kosong, sehingga weight to rationya kecil sekali. Makanya, di beberapa mobil pickup terlebih sekelas Panther atau L-300, pengemudi menambahkan 1 zak karung pasir untuk menambah berat di bagian belakang kendaraan.
Sayang, si driver yang notabene adalah teman saya sendiri kurang memahami bahwa tenaga mesin diesel ganas di putaran bawah, terlebih-lebih mesin Mitsubishi L-300. Ketika kita menghadapai tanjakan tajam, teman saya ini dengan semangatnya membejek gas L300 dalam-dalam.. alamakkk.. kontan saja, bau ban terbakar segera tercium. Setelah beberapa kali saya arahkan dan dia tidak mampu menaklukkan tanjakan curam tersebut, akhirnya posisi driver diserahkan ke saya.
Dengan pelan, L300 saya ajak bermanuver secara smooth, super smoth untuk menaklukkan tanjakan curam tersebut, alhamdulillah.. lolos dan gejala ban mobil terbakar akibat spin tidak ada.
Brother, secara spesifikasi saja sudah terlihat bahwa torsi L300 adalah 15kgm/2000-2500rpm, sedangkan mesin Innova bensin (salah satu contoh) didapat 18,6kgm pada 4000rpm. Berarti, dengan membejel sedikit saja pedal gas mobil bermesin diesel, akan didapat tenaga torsi yang lumayan besar. Bijaksanalah ketika akan menaklukkan tanjakan dengan mobil bermesin diesel, terutama yang jenis Pick Up.
namun, mesin disesel juga mempunyai kelemahan masalah salip menyalip, akselerasinya tak segarang mesin bensin.
Bijaklah dengan kendaraan kita.
Salam..
pertamaax,
LikeLike
mesin disesel juga mempunyai kelemahan masalah salip menyalip, akselerasinya tak segarang mesin bensin.
=========================
lho mas mesin diesel pake common rail edan lho tarikannya, seperti chevy captiva, triton, ford everest sanggup ngudak kur sedan kelas tanggung
LikeLike
Wihhh… Sy belum nyoba soalnya.
LikeLike
sing turbodiesel walaupun masih 2G juga edan
bahasa kerene “kompressor”
LikeLike
lha aku nyetir taft biasa wae gak tau slip,, tp pancen jos,, parkir agak nanjak gak usah dgas cukup maen kopling naik sendiri… 🙂
LikeLike
Karena distribusi beratnya pas mas. Klo pick up belakangnya kosongan.
LikeLike
galak dibawah lemot ditengah, namun masih bisa dipaksa ngejar topspeed ditrack puanjangggg
LikeLike
Sippppp
LikeLike
andaikan punya motor yang punya torsi 15kgm/2000-2500rpm,,,,,,JOSSSSSSSSSSSSSZZZZ
LikeLike
Byuhhh..bakalan kangelan mas..
LikeLike
yang penting jossssssssss
LikeLike
Inggih mas Luthfie.
LikeLike
torsi segitu buat motor kalo pake sistem final rantai,,,,,,,,,,awet nggak ya???
LikeLike
kalo ujan ati-ati oom, tenaga semakin liar..
LikeLike
durung tau nyopir 😛
LikeLike
Nyopir celengan noh Ngga..
LikeLike
wah g mampir umahku mas pean??????
LikeLike
;)hέέ=Dhέέ:Dhέέ:p. Lali.
LikeLike
Sama kayak Kijang bensin ama diesel, beda rasanya 😀
LikeLike
Hehehe
LikeLike
pengemudi menambahkan 1 zak karung pasir untuk menambah berat di bagian belakang kendaraan. atau ban dalem dipotong separo trus dicor semen trus diiket, jadi kayak sosis bengkok hehehehe. dulu pikapku tak kasih gituan, mengurangi suara gemblodagh sih, tapi lama2 bisa bikin plat bak nya jadi cekung di satu tempat itu
LikeLike
Betul mas. 1 karung pasir.Hϱ♡hϱ♡̮.
LikeLike
Pingback: Hijaunya Kota Trenggalek | Catatan perjalanan Touringrider
maaf kie aku pnya corola feteran(korfet) thun 76, kondsi bodi mulus,, abs renovasi tp mesin dh ancur total,, mau nyari mesin standardnya langka bnget,, trus mo tk ganti sekalian pake mesin twin cam 4AGE 2000valve,, tp gear boxnya msh standar korfet,, kira kira dampaknya apa aja bos terhdp gear box n pngaruh susah gak ngubah
posisi mounting enginenya?
LikeLike
Wah. Maaf sy ndak bisa njawab mas. Sy tdk tahu. Mungkin ada rekan lain yg bisa jawab
LikeLike
toyota hilux diesel mo akselerasi mo ngebut g kalah ma innova bensin berani diadu. Mo di tol brani, mo di jalan tambang apalagi rajanya ngebut.
LikeLike
Mantabb
LikeLike
pantesan,dulu pernah nyoba lepas kopling kaget di truk mitsubishi dobel itu mesinnya ga mati.gitu toh hmm
LikeLike
Torsi gede
LikeLike
pantesan banyak sopir masih bocah gitu coz bawa truk gampang gitu coz torsi gede & mesin ga mudah mati kalo lepas kopling kaget gitu.hmm
LikeLike
Iyo mas. Sopir truk banyak kok yg masih anak Smp/ Smu
LikeLike
pernah saya hampir dimakan truk di tikungan gitu pas pake carry di pegunungan.yg bawa truk masih bocah,bocah sialan!
LikeLike
Luweh edan maning ISUZU D-MAX doble cabin,,sa0le udah pake commond rail,turbo,
Mesin diesel yg tangguh tikungan tajam pun ttep anteng,gak mbaling,,tancap gak kenceng pun mau,,single cabin jg gak kalah garang,apalagi bemper depan blakang foresty.biyuuuhh,,,garang mbanged.tanjakan gigi 1 lepas kolpling nanjak dewe,gak di gas,
Pengalaman pribadi.
LikeLike
Wahh..
LikeLike
mobil jenis bahan bakar solarr mantap dehhh pokok nyaaa…..tenaga ok. pokoknya….apa lg touring…mantap sudahhh….
LikeLike
ya kalo gitu ganti diesel aja semua kalau tenaganya bisa dibilang sama, cs diesel lebih hemat bbm, tapi napa mobil bensin masih diproduksi ? berarti kan masih ada kelebihannya juga tuh, lagian dimana-mana mbl yang turun di arena balapan mesti bermesin bensin, sampai sekarangpun belum ada mesin solar yg ikut laga di ajang F-1
LikeLike
Mobil f1 gak pake mesin diesel soalnya mesin diesel pembakaranya gak secepat bensin atau bensol.
Coba truk2 pake mesin bengsin bisa di pastikan brp fuel consumptionya. Kalau start juga kudu injek gas sampai teriak2 mesinya.
Mesin2 diesel di truk bus 2500rpm dah masuk redline stroke dibuat panjang biar torsi bisa lbh besar dan di dapat di rpm rendah. Namun tidak bisa rpm tinggi karena bisa jebol mesinya.
LikeLike
gue punya kijang super g 95 kijang gue brani di adu di tanjakan melawan panther disel ..
LikeLike
balap endurance 28 hours ad diesel om kek hdi tdi dll…
mesin 3.7L v8 560hp 780Nm 😁😁😁
redline 6500 rpm
LikeLike
Klw kosong iye brai. coba kijang lo isi 7 orang panther isi 8 orang.bakalan stroke tu kijang ngejar panther di tanjakan.
LikeLike
Assalammualaikum mas,mau nanya ni,jadi intinya bawa mobil disel di tanjakan,gas nya harus di urut ya mas?tidak boleh langsung di gas dalam..mohon pencerahannya mas,maklum masih belajar mas.
LikeLike
Diurut mas..
LikeLike