Aplikasi ban drag di motor harian. (Pilih modis tapi celaka ketimbang selamat?)


Dari Babat, Lamongan sampai Baureno, Bojonegoro, jalanan waktu itu cukup padat. Saya kiting-kitingan dengan truk box di depan dan truk Mitsubishi double di belakang. Mirip ketika bus Sumber kencono ngiting/ngoyak kendaraan di depannya. hehehehe.

Ketika perjalanan sampai pasar Baureno truk depan ngerem mendadak, sayapun reflek ngerem mendadak begitu pula truk double yang ada di belakang mobil saya.
lah kok… “ciiitttttt brakkkk”.
Sejurus kemudian ngelirik ke spion. Ternyata Satria Fu nabrak bagian belakang truk double yang ikut rombongan tadi. Dari spion terlihat “Nih, motor kok bannya kecil amat?”

contoh ban kecil

contoh aplikasi ban kecil *sumber foto google


Ketika dulu, Honda Prima adik saya diganti dengan ban yang tapaknya lebih sempit/ban drag, saya sempet ngepot nggak karuan ketika ngerem mendadak.. anjrittt!!!! 😯
Keduanya: ketika di Nganjuk, pas lagi make scorpio, saya ngerem abis-abisan gara-gara ada anak kecil yang naik motor main potong jalan seenaknya (padahal udah di klakson). Untung, motor braking dengan sempurna.

Dari beberapa kasus diatas saya menyimpulkan, bahwa sebenarnya memakai ukuran lebar ban yang lebih kecil dari standart pabrik/ ban drag adalah pilihan orang yang mau celaka. Untuk akselerasi emang oke.. tapi buat panic braking bahaya bro.. 😉
So, standart atau pakai ukuran lebih besar sedikit itu lebih baik.CMIIW

salam.

This entry was posted in hobbies, transportasi. Bookmark the permalink.

46 Responses to Aplikasi ban drag di motor harian. (Pilih modis tapi celaka ketimbang selamat?)

  1. zaqlutv says:

    setubuh bro.. eh setuju..
    malah jadi aneh liatnya, apalagi sepeda lanang macam vixi,pio,tigi,pulsar dkk kalo dikasi ban kecil gitu jadi cungkring sangat, bukannya gaya malah aneh..
    alay sangat pokoknya dah..
    untuk akselerasi emang oke, tapi untuk belok sambil rebah berani ga? :mrgreen:

    Like

  2. asmarantaka says:

    jujur ane kalo naik motor pakai ban tifis cuma berani pakai gigi1 doang :mrgreen:

    Like

  3. damhar says:

    lha wong pake ban standard aja masih bisa ngepot2 koq, apalagi ban kecil2 gitu..kakean sobo kenjeran paling,,
    lek gak ngono kakean moco majalah2 otomotif gak nggenah, sok Thai style.. Tai style a !! :mrgreen:

    Like

  4. damhar says:

    baru eling, aku juga pernah nolongin rider satria nabrak mobil di Kalianak..motore style drag juga..

    Like

  5. Darmawan says:

    satujuh original is de bes 😆

    Like

  6. extraordinaryperson says:

    setuju pak…..licin banget apalagi kalo hujan

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    Like

  7. Bonsai Biker says:

    cieeet brag, original the best terus lek jek ambles piye?
    kkakkakakk

    Like

  8. aditninjamaniac says:

    wah itu yg pake pasti anak 4l4y ya mas tarom..aku juga kadang suka sebel motor pake ban yg gituan..trus yg bawa motor sok2an jadi pembalap..kasian amat..tetep aja si ijo ga bisa disalip :mrgreen:

    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/02/08/bocoran-nih-cbr-250r-tinggal-menunggu-waktu-saja/

    Like

  9. raiderobie says:

    mega pro sama tiger saya dulu gini mas..ban imut pelk almu.. xixixi jaman jahiliah.. tp asik sliat sliut di kemacetan.. tp dipake mudik ampun… gak wani banter.. beban berat profil kecil.. ban e panas, gak wani rebah.. trus tobat, ban diganti gendut.. aman dah

    Like

  10. Gendown says:

    Wah ane jadi inget dulu pas pulang kuliah, ane pake FU full std (cuma ganti pj & mj)
    start bareng di lampu merah sama FU 4L@y velg almu+ban drag ceking gak tahu mesinnya garapan apa gak, start bagusan dia karena dia start posisi lurus+ban ceking ane ketinggalan 2meteran, karena ane posisinya serong, jalan lurus tahu-tahu dia ngerem jauh dari tikungan, ternyata dia takut nikung :mrgreen: :mrgreen: hihihi (ane bukan 4L@y lho MasBro, wong ane pake peranti safety cukup lengkap, ane penasaran nyalinya si 4L@y, dan dia ternyata cewek :mrgreen: hihihi) Ane malah pingin ganti ban agak gedean enaknya tetep Tube apa ganti Tubeless ya?

    Like

    • touringrider says:

      Enaknya tubeless jika kena paku, masih bisa kita paksa jalan. Trus lebih enteng. Mas maskur (maskurmambang) punya banyak artikelnya. Ntar tak carinya, biar njenengan tahu kelebihan dan kekurangan ban tubeless dan biasa.

      Like

  11. blognyamitra says:

    Pake ban tipis gak ada enaknya buat harian…

    Like

  12. dnugros says:

    yang jelas tidak aman, ban tipis buat harian mencerminkan gaya riding seorang alay 😀

    Like

  13. Tjile says:

    tp klw tipis2x yg laen mw dong….

    Like

  14. ay says:

    klarifikasiiiiiiii…
    ukuran ban standart prima depan 225. dgn velg 1.20.17
    belakang 250 velg 140.17 iku standart lo cak…
    asemmmmmm….
    aku di ilokno 4L4y???????????????

    Like

  15. anan says:

    gak semua gitu masbro……
    pengalaman motor saya jupi z.
    pakek ban blakang standard irc 2.75 selip minta ampun.takut deh nunggangi jupi z gas pol..nindes marka jalan aja selip…
    nah ini saya ganti dunlop t900 2.25 yang belakang( mungkin saya alay),hehehe,kagak pernah selip…nyengkeram banget kalo di aspal??? kok malah ngacir ya?? aneh
    mugkin dunlop ma irc emang bagusan dunkop kali ya?

    Like

  16. anan says:

    dunlop kalo di jalan yang becek licin nya…kalo aspal ngacir tuh..
    mendingan IRC kalo buat ke sawah..hehehe

    Like

  17. ban drag susah tenan neng kalimantan

    Like

  18. . says:

    Alay matamu kui..gk ush ngoment orang.kyak lo dh bener aj..anjing lo semua. Fuck.

    Like

  19. Balapn says:

    He ark seng tbo iku ark goblk msk drg di gwe ndk dln rya lalek ndudh ne spdh e get ndk kj opo ndk gor.Bkti ne aq ora tau tbo sng ngmng drg elk JANCOK

    Like

  20. #017 says:

    yooo,,selera masing2 ae cah,,,ane pernah ngalamin pake ban dengan ukuran 100/90,80/90,90/90 DLL,,,di tambah dengan spek rem belakang cakram,seperti SP,NHB dan FU.pada saat panic break pasti slaiding (nyeret2) padahal pake ban FDR genzi,Corsa S123,FDR Flamo,FDR MP76 DLL,,sementara saat ini ane pake ban kecil (alayers) walaupun uk.ban 60/80 dan 60/90,ya jujur pernah lah yg namanya hampir guling2 di aspal,tapi saat touring dengan club saya (club motor resmi) alhamdullilah ga ada kendala di jalan, padahal hampir 30-40% anggota club pada pake ban drag (bukan ban kecil lagi tapi bener2 kecil alias ban drag) macam uk.50/80,mungkin dari situ saya pribadi simpulkan, mau ban besar maupun kecil tergantung dari ridernya tu sendiri bagai mana mengendalikan motornya,rider mengendalikan motor / motor mengendalikan rider,,mungkin yg namanya alayers adalah yg kurang pengetahuan safety riding mungkin pake ban kecil dengan ugal2an makannya guplak di jln,mungkin temen2 club motor yg mencanangkan safety riding tahu batasan dan resiko juga punya peraturan batas kecepatan alhamdulialh ga pernah ada yg trouble di jln bebas maupun saat touring..
    kesimpulannya,,apapun motornya,ban-nya,knalpotnya, yg penting keep safety riding lah,,,hehehehee…

    Like

  21. faisol says:

    saya enggak tuh broo tergantung pemilihan bannya aja sihh . saya pakek irc eat my dust . cengkram banget padahal saya pasang di si ninja . malah cengkram banget dan gak pernah ada bunyi “ciiiittt” 😀 heheh

    Like

Leave a comment