Dari Babat, Lamongan sampai Baureno, Bojonegoro, jalanan waktu itu cukup padat. Saya kiting-kitingan dengan truk box di depan dan truk Mitsubishi double di belakang. Mirip ketika bus Sumber kencono ngiting/ngoyak kendaraan di depannya. hehehehe.
Ketika perjalanan sampai pasar Baureno truk depan ngerem mendadak, sayapun reflek ngerem mendadak begitu pula truk double yang ada di belakang mobil saya.
lah kok… “ciiitttttt brakkkk”.
Sejurus kemudian ngelirik ke spion. Ternyata Satria Fu nabrak bagian belakang truk double yang ikut rombongan tadi. Dari spion terlihat “Nih, motor kok bannya kecil amat?”
Ketika dulu, Honda Prima adik saya diganti dengan ban yang tapaknya lebih sempit/ban drag, saya sempet ngepot nggak karuan ketika ngerem mendadak.. anjrittt!!!! 😯
Keduanya: ketika di Nganjuk, pas lagi make scorpio, saya ngerem abis-abisan gara-gara ada anak kecil yang naik motor main potong jalan seenaknya (padahal udah di klakson). Untung, motor braking dengan sempurna.
Dari beberapa kasus diatas saya menyimpulkan, bahwa sebenarnya memakai ukuran lebar ban yang lebih kecil dari standart pabrik/ ban drag adalah pilihan orang yang mau celaka. Untuk akselerasi emang oke.. tapi buat panic braking bahaya bro.. 😉
So, standart atau pakai ukuran lebih besar sedikit itu lebih baik.CMIIW
salam.
setubuh bro.. eh setuju..
malah jadi aneh liatnya, apalagi sepeda lanang macam vixi,pio,tigi,pulsar dkk kalo dikasi ban kecil gitu jadi cungkring sangat, bukannya gaya malah aneh..
alay sangat pokoknya dah..
untuk akselerasi emang oke, tapi untuk belok sambil rebah berani ga?
LikeLike
Setuju jg. Buat belok rebah malah berbahaya loh mas. Kecuali kalau emang buat drag sih nggak masalah. Kasihan sering liat anak muda yg jatuh gara2 pemilihan ban yang nggak sesuai peruntukannya.
LikeLike
tambahan lagi, itu alay suruh kasih kacamata kuda, karena ban ini cuma aman buat lurus saja
LikeLike
jujur ane kalo naik motor pakai ban tifis cuma berani pakai gigi1 doang
LikeLike
Kalo ada UG yg pake tipis2 masak cuma berani gigi 1 doang? Wakakakak
LikeLike
lha wong pake ban standard aja masih bisa ngepot2 koq, apalagi ban kecil2 gitu..kakean sobo kenjeran paling,,
lek gak ngono kakean moco majalah2 otomotif gak nggenah, sok Thai style.. Tai style a !!
LikeLike
Hush..wakakakak..
LikeLike
baru eling, aku juga pernah nolongin rider satria nabrak mobil di Kalianak..motore style drag juga..
LikeLike
Koyoke satria nek gak pakai ban kecil kurang 4L@y…
LikeLike
OOT, terkait minta tulung nyariin CB dulu mas bro..
Saya sudah dapat limpahan bangkai GL100, dedel duel gak karuan, untunge mesine sik iso muni..
matursuwun yo kang
LikeLike
Malah sy blm sempet nyarikan. Maaf ya mas.
LikeLike
satujuh original is de bes 😆
LikeLike
Termasuk CDI dan koil ya?
LikeLike
setuju pak…..licin banget apalagi kalo hujan
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
LikeLike
Nah loh.. Kok masih ada yg pakai buat harian ya?
LikeLike
cieeet brag, original the best terus lek jek ambles piye?
kkakkakakk
LikeLike
Wasemmm.. Ngenyek. LPG detected iki.
LikeLike
wah itu yg pake pasti anak 4l4y ya mas tarom..aku juga kadang suka sebel motor pake ban yg gituan..trus yg bawa motor sok2an jadi pembalap..kasian amat..tetep aja si ijo ga bisa disalip
http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/02/08/bocoran-nih-cbr-250r-tinggal-menunggu-waktu-saja/
LikeLike
Wah gaya sing duwe Ninin RR
LikeLike
Hahaha.. Mas adit yo?
LikeLike
mega pro sama tiger saya dulu gini mas..ban imut pelk almu.. xixixi jaman jahiliah.. tp asik sliat sliut di kemacetan.. tp dipake mudik ampun… gak wani banter.. beban berat profil kecil.. ban e panas, gak wani rebah.. trus tobat, ban diganti gendut.. aman dah
LikeLike
Ban gendut. Segendut yg punya..
LikeLike
Wah ane jadi inget dulu pas pulang kuliah, ane pake FU full std (cuma ganti pj & mj)
start bareng di lampu merah sama FU 4L@y velg almu+ban drag ceking gak tahu mesinnya garapan apa gak, start bagusan dia karena dia start posisi lurus+ban ceking ane ketinggalan 2meteran, karena ane posisinya serong, jalan lurus tahu-tahu dia ngerem jauh dari tikungan, ternyata dia takut nikung hihihi (ane bukan 4L@y lho MasBro, wong ane pake peranti safety cukup lengkap, ane penasaran nyalinya si 4L@y, dan dia ternyata cewek hihihi) Ane malah pingin ganti ban agak gedean enaknya tetep Tube apa ganti Tubeless ya?
LikeLike
Enaknya tubeless jika kena paku, masih bisa kita paksa jalan. Trus lebih enteng. Mas maskur (maskurmambang) punya banyak artikelnya. Ntar tak carinya, biar njenengan tahu kelebihan dan kekurangan ban tubeless dan biasa.
LikeLike
pakai tubles langsung tambel ditempat ga usah dijalanin, ga sampai 5 menit buat nambal sendiri
LikeLike
Pake ban tipis gak ada enaknya buat harian…
LikeLike
Bener mas.
LikeLike
yang jelas tidak aman, ban tipis buat harian mencerminkan gaya riding seorang alay 😀
LikeLike
hahahaha.. setuju
LikeLike
tp klw tipis2x yg laen mw dong….
LikeLike
Jiahhhh..wakakakk.. Kliatan dong.
LikeLike
klarifikasiiiiiiii…
ukuran ban standart prima depan 225. dgn velg 1.20.17
belakang 250 velg 140.17 iku standart lo cak…
asemmmmmm….
aku di ilokno 4L4y???????????????
LikeLike
wakakakaka…
LikeLike
gak semua gitu masbro……
pengalaman motor saya jupi z.
pakek ban blakang standard irc 2.75 selip minta ampun.takut deh nunggangi jupi z gas pol..nindes marka jalan aja selip…
nah ini saya ganti dunlop t900 2.25 yang belakang( mungkin saya alay),hehehe,kagak pernah selip…nyengkeram banget kalo di aspal??? kok malah ngacir ya?? aneh
mugkin dunlop ma irc emang bagusan dunkop kali ya?
LikeLike
Dunlop. Kayaknya sih keren dunlop drpd IRC. Tp sy dulu pernah pakai dunlop di shogun kok licin ya?
LikeLike
lu nya aja yang bloon, dimana mana ban lebar lebih mencengkram ketimbang kecil dengan catatan kondisi jalan sama dan kondisi angin ban sesuai aturan.
LikeLike
dunlop kalo di jalan yang becek licin nya…kalo aspal ngacir tuh..
mendingan IRC kalo buat ke sawah..hehehe
LikeLike
ban drag susah tenan neng kalimantan
LikeLike
Pesan dari jawa mas.
LikeLike
bukannya di kalimantan banyak tanah, pakai ban pacul baru cocok
LikeLike
Alay matamu kui..gk ush ngoment orang.kyak lo dh bener aj..anjing lo semua. Fuck.
LikeLike
Wkwkwk…. udah sono sekolah yg bener yaaa..
LikeLike
Good article
LikeLike
He ark seng tbo iku ark goblk msk drg di gwe ndk dln rya lalek ndudh ne spdh e get ndk kj opo ndk gor.Bkti ne aq ora tau tbo sng ngmng drg elk JANCOK
LikeLike
yooo,,selera masing2 ae cah,,,ane pernah ngalamin pake ban dengan ukuran 100/90,80/90,90/90 DLL,,,di tambah dengan spek rem belakang cakram,seperti SP,NHB dan FU.pada saat panic break pasti slaiding (nyeret2) padahal pake ban FDR genzi,Corsa S123,FDR Flamo,FDR MP76 DLL,,sementara saat ini ane pake ban kecil (alayers) walaupun uk.ban 60/80 dan 60/90,ya jujur pernah lah yg namanya hampir guling2 di aspal,tapi saat touring dengan club saya (club motor resmi) alhamdullilah ga ada kendala di jalan, padahal hampir 30-40% anggota club pada pake ban drag (bukan ban kecil lagi tapi bener2 kecil alias ban drag) macam uk.50/80,mungkin dari situ saya pribadi simpulkan, mau ban besar maupun kecil tergantung dari ridernya tu sendiri bagai mana mengendalikan motornya,rider mengendalikan motor / motor mengendalikan rider,,mungkin yg namanya alayers adalah yg kurang pengetahuan safety riding mungkin pake ban kecil dengan ugal2an makannya guplak di jln,mungkin temen2 club motor yg mencanangkan safety riding tahu batasan dan resiko juga punya peraturan batas kecepatan alhamdulialh ga pernah ada yg trouble di jln bebas maupun saat touring..
kesimpulannya,,apapun motornya,ban-nya,knalpotnya, yg penting keep safety riding lah,,,hehehehee…
LikeLike
saya enggak tuh broo tergantung pemilihan bannya aja sihh . saya pakek irc eat my dust . cengkram banget padahal saya pasang di si ninja . malah cengkram banget dan gak pernah ada bunyi “ciiiittt” 😀 heheh
LikeLike