Mencoba Offroad di Sukorame dan Kedungadem dengan Honda WIN


Berangkat jam 7 pagi dari Pare, si Winner melaju ke arah Bojonegoro. Jalur yang dilewati seperti biasanya yaitu Papar-Tebu ireng-Jombang, namun setelah sampai di Kabuh, tepatnya setelah SPBU Kabuh, saya ambil jalan ke kiri atau melewati kecamatan Sukorame dan Kedungadem.

jalur Sukorame-Kedungadem

jalur Sukorame-Kedungadem

Oh ya, jalan dari Pare sampai Kabuh ini adalah jalanan beraspal, sempet mengeluh capek, mana motor cuman 100cc, ban pacul lagi, lari 70-80 kpj dah bersyukur banget.😦 Seperti biasa, di Tembelang mampir buat sarapan rawon dan teh hangat dulu..mak nyusss.😳

Jalan di kecamatan Sukorame dan Kedungadem ini sudah lama tidak saya lewati karena jalanannya rusak parah. Dengan PeDenya si winner mulai menapaki jalur tersebut. Baru saja 50 meter masuk jalur ini, sudah disambut jalan aspal yang hancur, kemudian melaju 200 meter, dihadang jalanan yang rusak parah, batu-aspal-tanah dan batu-batu penyusun jalan terlihat bercampur akibat diaduk oleh truk-truk yang overload. Terlihat juga truk dan Colt T-120 Pick Up yang lagi nge-Ban di jalur tengah hutan ini.

salah satu jalur licin

salah satu jalur licin

Oh ya, tanah liat berkapur yang bercampur pasir terasa licin di jalanan ini, walhasil saya beberapa kali menurunkan kaki untuk menjaga keseimbangan. Terkadang berdiri dengan posisi rileks agar badan tidak terpeleset dan kecapekan dihentakkan oleh jalan dan sekok.

Mulai masuk kecamatan Kedungadem, jalanan rusak berlumpur sudah mulai hilang. Di jalur ini disambut aspal yang mengelupas dan melipat-lipat. Walhasil, mungkin karena skok saya tambalan alias bukan aslinya panjang, sering terdengar bunyi duk-duk akibat hantaman dari jalanan makadam. Sempet ngeri kalau skoknya patah.

Jam 10an mulai masuk areal persawahan Ds.Mlinjeng, sempet kesasar dan terhadang juga oleh adanya perbaikan jalan. namun, sama petani malah disuruh nrabas saja, “gak opo-opo mas, lewat ae, motore trail ngono.“. Setelah setengah jam melakukan pengamatan dan sempet bertemu petani, rute berikutnya adalah Ds.Kayulemah. Sempet kesusahan pakai kick starter Honda Win, karena sepatu boot saya licin terkena lumpur.

Jalanan ke Kayulemah bervariasi, antara jalur makadam dan aspal halus. Sesudah sampai di Kayulemah, Winner saya masukkan areal hutan jati karena lokasi sawahnya agak masuk. Disini kemampuan ban motip tahu dan skok tinggi diuji. Walhasil, dapat melaju lancar walau ban penuh dengan tanah liat.

Ngiyup

Ngiyup

Posisi siang itu benar-benar menguras tenaga, terutama diakibatkan cuaca yang sangat panas. Seragam saya sampai basah kuyup dengan keringat. 1 botol dingin Pocari Sweat nggak mampu menahan laju dehidrasi, akhirnya ngiyup dulu di bawah hutan jati.

Ada cerita menarik. Setiap ketemu dengan petani di lahan, saya dikira PPL alias Penyuluh Pertanian. Ya, karena nggak enak akhirnya saya njawab sebisanya. Itung-itung berbagi ilmu. Dan beberapa kali juga WIN-ner ditawar oleh petani supaya mau dijual. Enak ae pak.. lha wong iki klangenan kok.:mrgreen:

Sebenernya ingin ketemu dengan Mas Darmawan dan mencoba mencari tahu bocoran tentang hunting motor trailnya, weleh hari ini (jum’at) ternyata beliau dapat KLX 150!! keren mas. Tahu gitu kemarin Kamis jadi mampir (cuman saling sms). Sayang, saya tertidur pulas sampai jam 4 sore dirumah petani. Yach, akibat sayur lodeh  yang dipadu sambal tomat pedes, tongseng rempelo ati dan ikan bandeng, plus tempe goreng..wakakakakak..:oops:

Jam 4.30 sore, setelah makan ronde kedua dengan Kari ayam di rumah petani, kembali ke Pare. Mandor lapangan saya, yang sore itu ingin ikut kembali pulang, mengusulkan lewat jalur Babat. Duh, males.. akhirnya saya ajak lewat jalur yang tadi. Lumayan perjalanan pulang nggak begitu melelahkan karena ada temennya. Toh, dia naik Honda Revo 100 nya nggak ngebut, jadi bisa saling mengimbangi berjalan di kisaran 70-80kpj.

Maghrib kita nyampai di Gardulaut, Blimbing,Ngoro, Jombang. Ngadem sholat dulu. Setelah sholat cabut lagi. Alhamdulillah jam 7 saya sudah masuk garasi di kota Pare.

Bener-bener perjalanan yang melelahkan hanya sekedar untuk mengenalkan Honda Win di habitat aslinya (Bojonegoro) nanti.

This entry was posted in adventure, bojonegoro, honda win 100, motor trail, Uncategorized, work and tagged , . Bookmark the permalink.

59 Responses to Mencoba Offroad di Sukorame dan Kedungadem dengan Honda WIN

  1. #99 bro says:

    perdana saja tunggu baliknya

    Like

  2. Maskur says:

    pengen juga punya win.

    Like

  3. wah tambah naksir, dibanding kalo pakai Pio gimana, handling enak mana bro, Win entengan po piye?

    Like

  4. ay says:

    iku rem ngarep, skok mburi ndang di dandani..
    bnr enak klx ker, xixixixixi

    Like

  5. nek mburi di gawe monoshock yo opo? …*kompor

    Like

  6. Darmawan says:

    Wah telat absen, baru ganti knalfot klx racing abal2 , tambah wenak akselerasinya wakaka

    Like

  7. Overlap says:

    tuh motor ringan, bisa diseret jika perlu. Klo hanya melihat fungsinya…cukuplah, nggak perlu KLX. Btw menu makanannya membuat saya lapaaarr…

    Like

  8. bejo says:

    win langsung tempur tho?

    Like

  9. Rudy Soul says:

    ganti rem cakram ngarep – mburi,skok ganti up side down,setir renthal,Bodyne ganti KLX…..!!!langsung ngejreng maneh!!!xixixiix!!!BTW kok enek dalan ngunu kui!!!

    Like

  10. azizyhoree says:

    asli kapan2 aku gawe, sing garuk taah ok, mblakrak aspaal yo mblayuu😀

    Like

  11. Overlap says:

    Rawon ama tongseng… mantaaabs.
    *kompor mode on* Klo dimodif “dikit” spt anjuran @rudi soul boleh juga😀 tapi jangan terlalu “berat” sesuai dengan tenaga motor

    Like

  12. ridertua says:

    weh gimana bro gak enak to turun cc … tapi untuk medan berat yah mending bawa pacul…eh salah ban pacul

    Like

  13. ridertua says:

    ganti shock yang bagus belum yah…. biar nyaman to !!!!!

    Like

  14. rizky says:

    gak mampir rumahku mas…
    dah tak siapin kopi sak jembung sama ledre..
    hwehhhehehehe….

    Like

  15. Bonsai Biker says:

    WAH BISA PINJEM TUH BUAT CARI BONGSAI

    Like

  16. archnine says:

    weh kelingan jalur pas sekolah mbiyen mas, blusukan lewat kunu nganggo hsx 125 malahan, alamat bodi rompal😀

    Like

  17. ijah says:

    Wow, incredible blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your website is great, let alone the content!. Thanks For Your article about Mencoba Offroad di Sukorame dan Kedungadem dengan Honda WIN | Catatan perjalanan Touringrider .

    Like

  18. Pingback: Menghindari “Jalur Panas”, Lebih Baik Ambil “Jalur Dingin” « archnine

  19. indro says:

    pengen nih pak…

    Like

  20. yogieza says:

    jalannya bagus & sangat menantang,kalo pake mio disitu pasti geol geol tuh rodanya😀

    Like

  21. wijaya says:

    Iki blog nya sapa yaa??
    Saya asli pare, tinggal di kd adem…

    Like

  22. ochimkediri says:

    loh tibake tau nduwe win,piye mas irit ga?skoke empuk ga?lagi browsing2 ttg honda win iki.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s