Masih inget khan, bahwa beberapa minggu yang lalu saya meminang Honda WIN 100 buat turangga sehari-hari bekerja. Nagh, skr sudah genap 2 minggu nih motor ada di pangkuan saya. “Bagaimana wujudnya sekarang?”
Untuk check pertama adalah servis kelistrikan. Yang minus ternyata accu sudah mati, Kiprok nggak ada (pantesan lampu gampang putus), dop atau lampu indikator di kokpit-sein dan lampu utama. Juga ditemukan kabel yang putus di beberapa tempat, terpaksa seharian ngurut kabel lagi. 😦 Proyek ini seharga Rp.200.000,-
Check kedua. yaitu meninggikan shock absorber depan. Setelah dilepas, shock depan disambung lagi dengan besi yang dibentuk semacam adapter. Jadi drat/sistem ulir bagian atas dan bawahnya mirip dengan yang aslinya , cuman beda panjang yaitu 15cm. Itu adalah ukuran maksimal yang disarankan, lebih dari itu pak To nggak berani menjamin.
Selain itu juga, sepakbor alias slebor depan diganti ke wajah trail atau dari plastik. Slebornya dibikinkan bracket buatan sendiri model lambang lambda atau huruf “U” dibalik. Proyek kedua ini menghabiskan waktu seharian juga, dengan biaya Rp.300.000,-
Proyek Check keTiga, Mesin. Setelah mendapat kabar dari bengkel Pak To bahwa sudah saatnya si Winner check jerohan, maka nih motor saya giring ke mas Biyanto Mekanik Ahass Burengan, Kediri. “Kenapa AHASS??” Saya dari dulu prefer bengkel resmi buat masalah mesin, termasuk buat scorpio,Supra X 125 dan Prima 1989 yang ada di rumah.
Wah, kabarnya nggak bagus.. 😦 ternyata, harus ganti piston ke oversize 25,sekalian ringnya. Klep dua-duanya minta ganti. Rantai kamprat dan rollernya otomatis juga ganti. Nggak ketinggalan, kampas kopling-gir pompa oli dan pack top setnya sekalian. Akehhh..keluar Rp.498.000,-an. 😯
Check ke-empat yaitu ganti roda depan. Roda depan masih memakai model ban beralur lurus mirip bawaannya. Walau masih terlihat bagus, tapi saya nggak sreg. Ya sudah ganti ae dengan merk Primax seharga Rp.100.000,-pas.
Selain itu stang fatbar alias baplang yang dulu nangkring di Scorpio ane (dulu scorpio berwajah stret fighter) dipasang. Tak lupa grip gas merk Protaper seharga Rp.15.000,- menggusur grip lama yang sudah jamuren. Pelindung lumpur buat skok depan pun dipasang, beli seharga Rp.10.000,- “murah bukan?”. Nggak afdol rasanya jika nggak ada spion, spion aftermarket merk twenty , yang mirip-mirip Koso ditebus seharga Rp.70.000,-.
Gimana impresinya ridingnya setelah berwajah seperti ini? “Nyaman dan puas..” saya ajak muter-muter persawahan sekitar rumah kost. Shock empuk, grip roda ke tanah menapak, namun kayaknya saya perlu belajar gaya menyetir motor trail deh.. secara, berbeda banget antar menyetir di tanah dan aspal mulus. 🙂
Secara keseluruhan saya sangat puas dengan modif sederhana tersebut. 🙂 Selain lumayan murah (total biaya Rp.1.193.000,-), akhirnya saya bisa merasa lega.. mempunyai turangga yang bisa disiksa mengecek areal sawah dan perkebunan di wilayah Tuban,Lamongan dan Bojonegoro yang terkenal rusak. Semoga Gusti Allah barokah.. amien.. 😎
abseeennn
LikeLike
absen thok. kapan muleh Pare?
LikeLike
pertamax
LikeLike
laham jez.. Rp.7400
LikeLike
Saiki…
oktan 92 = 7850
oktan 95 = 8200
😦
LikeLike
wah2.. montor’ e mbahku ndisik.. mantep mas bro tumpakane..
LikeLike
skok’e empuk tur uentenggg
LikeLike
kalah di tikungan..:(
LikeLike
hahaha.. kalah dik sampeyan. Kui juragan’e kota Pare kok.wakakak.. salam gawe mas Mamiek, sendrun, Syueb, Pak Komandan.
LikeLike
siap..
-p. mamiek sak’iki g ulih2an pokok’e…
kerjo sampek tengah wengi..ngeri…
-sendrun lagi neng jogja…
-sueb jogo RSSA terus Sam..
-dhani wis 2 minggu ora nang markas 17F…
LikeLike
pak maiek ancene ngebet jadi BOS BRI, makane kerjane sregep..mesisan gawe sangu rabi.wkakakkk..
LikeLike
wah pak mandor nih sekarang julukannya!wkwkwkwkw
LikeLike
wakakak.. seng ptg ojo mandor tenanan ae. engko jumbuh ambek anak buahku, soale pangkat anak buahku mandor.
LikeLike
insyaallah pertengahan januari aq muleh karo bladeus
ngko kancani aq nang malang yo
LikeLike
siapp.. nggone rider tuwek mesisan, mangan lele sepuasnya..
LikeLike
hé…
Kapan iku???
Ayo…
btw, tgl 16 Januari 2011, ada undangan
untuk “kopdar” ma Lorengzoo…
Ada yg mau join???
LikeLike
cocok buat berkebun
LikeLike
ihihihi… gawe ngeruk Dollar.
LikeLike
ky sepedae petugas penyuluh pertanian…hihihi
LikeLike
hehehe.. iyo.
LikeLike
penyuluh pertanian gaul tapi mas… hehe, sing mari rea reo nang sarangan rek…
LikeLike
penyuluh pertanian swasta mas..ahihii.. alhamdulillah, mau ragad motor/mobil perusahaan berani nanggung.
LikeLike
tinggi ne nambah ngak mas,keliatanya shock mburi masih standar ,kalo tambah tinggi kan aura trail e lebih keliatan lagi,jadi lewat sawah pun ngak takut nyangkut
LikeLike
tingginya nambah kok mas. Skok belakang emang masih standart kok. pgnnya nambah tinggi lagi yg belakang, tapi kayaknya perlu ngrubah chasis belakang.. 😦 ogah lah kalau oprek chasis.
LikeLike
NITIP IKLAN
============
Dicari WIN, kondisi masih bagus. Seputaran Bojonegoro-Surabaya-Kediri.
mbantu nyarikan buat Bro Darmawan aka Bedunduk.wordpress.com
LikeLike
bhuahaha kok diiklan kan resmi to mas? dadi isin aku wakaka
LikeLike
hehehe.. gpp mas, mumpung nulis artikel tentang WIN. lha panjenengan kayaknya mau segeera meminang WIN 100 buat kendaraan sehari-hari. maaf jika tidak berkenan.
LikeLike
pingin liat dari samping ngga di kasih pelindung mesin kalau kalau kejedot batu
kaya punyanya pak kaji taufik eh kaya apa ya sekarang
LikeLike
engine guard ya mas?? sambil jalan ae, ntar kalau perlu tak tambah. Iya ya, btw si kurusnya mas haji Taufik kayak apa ya skr? btw, kabar terakhir khan dibawa ke Deus_canggu. *cmiiw
LikeLike
Opo sekalian di modif dikit2, ben kyk trail aseli.. hehe
di Pujon ada bengkel modif trail2 mantaff…
LikeLike
hehehe.. seperti comment sebelumnya. cukup gini aja deh mas.. mau keliatan trail asli mendingan beli yg asli.
LikeLike
iya ,biar pede blusukan
punya pak kaji jadi retro kali ya jadi penasaran
LikeLike
sama.. penasaran juga. sapa tahu jadi cafe racer.
LikeLike
jyan, dienteni lawas, barang metu aku telat absen…
Ati2 bedain bawa Pio ma Win, cc kecil bro, kalo dikejar Paijo mending ngalah..ik..ik..
LikeLike
wakakakk.. ruh ae tho mas.. 🙂 iyo, rasane nek numpak WIN kok oyok ra tekan2.. alon2 waton teko, bisa lari 80kpj, itupun nggak nyaman karena Ban-nya motip tahu/pacul.
LikeLike
@touringrider: Ni motor memang top speednya payah -sptnya mengutamakan akslerasi- tapi klo cuma melawan bebek 110 siy enteng2 aja. Disinyalir 80km/jam ni motor beda dgn 80km/jam nya bebek.
LikeLike
maksudnya lebih kencengan WIN ini tau bebeknya mas bro?? hehehe..
motor WIn sy cuman 100 CC mas, mana tahun tua lagi (2001), trus bannya motip tahu/pacul. kalau di jalan raya ngalah ajalah.. nyadar diri. kalau buat garuk tanah, sy mending pecicilan nggak mau ngalah..hehehehehe
LikeLike
siap-siap nggaruk tanah tu 🙂
LikeLike
hehehe… syukurlah mas, dah jadi. buat dipakai mendukung kerjaan. ngeman2 si scorpio, masak sudah keren model street look buat garuk tanah.
LikeLike
Mas ajarin ninggiin sok depannya dong !
LikeLike
Ya tinggal bikin adapter tho. Bikin dr besi wungkul model pipa, trus dibubut biar diameternya sama dengan ukuran diameter shock depan.
Habis itu nyenai bagian bawahnya agar mirip ulir tutup skok yang aseli. Yang bagian atasnya dimodel sama plek dengan model bagian atas yang lama. Minta tlg di bengkel bubut.
Intinya, model tetep tapi panjangnya nambah. gimana sudah paham mas?
LikeLike
beli nipel ajah mas…tipenya yang dobel nipel (stailes steel)..ukuran menyesuaikan diameter as shock….
nanti as asli dibikin ulir dalam…begitu juga as sambungan…tinggal dirakit! janagn lupa dikasih spi model baut L…beres dah….
LikeLike
wah selamat -selamat proyek nya hampir rampung, buat gasakan jalan amburadul hehe
LikeLike
hahahah.. siap meluncur ke Ngasem neh..
LikeLike
udah sangar kok mas bro,, ga rencana ganti body fiber trail set tah??
LikeLike
hehehe.. kayaknya enggak mas Dhuwur. rencananya nabung dollar yg banyak buat beli yg asli. 😀 amiennnn
LikeLike
minimalis fungsional! 😉
(proyek saya 2011 baru tahap proposal bro! ntar tak kasih laporan pelaksanaannya 😀 )
LikeLike
proyek Caferacer ya mas? sudah dapat blm mega pro yg mau buat bahannya?
LikeLike
ha.ha…ha!! baru kontak koneksi di adira jakarta mas bro! mudah-mudahan segera ada kabar. (nunggu lelangan leasing nih biar dapat tahun yang muda!) 😀
LikeLike
pokok’e aq wajib njajal motor iki pas mudik sesok
LikeLike
moro’o ndek omah. tapi kudu nggowo oleh2.
LikeLike
wah pengin juga Honda WIn
cilik tapi empuk.harga pasarannya berapa oom
LikeLike
@pakdhe maskur : pasaran secondnya Rp.5-6 jutaan, wilayah kediri. itu tahun 2001-2002.
LikeLike
tuku ah… go nang kampung.. munggah nggunung kuat ora Cak ?
LikeLike
kok kayaknya kuat tho mas Tri, karena tarikan bawahnya lumayan. embuh tarikan atas’e.
LikeLike
yo wis golek disit nang poskota ah, go kancane iki http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/01/01/menengok-nasib-tiger-dari-kacamata-legenda-tetangga/
LikeLike
cocok buat ke lapangan mas bro..aku mah kalo di kampus pergi ke lahan jaln kaki.sblm kerja udah kecapean.. 😀
happy new year !!! 😀
LikeLike
waduh salah masukin link..mohon di edit mas..
http://aditninjamaniac.wordpress.com/2010/12/31/happy-new-year-2011-brother/
LikeLike
wes, ngono aelah.ahihihi.. 😆
LikeLike
Setuju dgn paragraf terakhir. Ni motor memang diciptakan utk “disiksa”. Di kantor juga ada Win. Pernah bbrp kali dipakai ke naik turun tangga di sekitar kantor (!), dipakai “jalan2” ke seputaran taman nasional salak halimun, menanjak ekstrim di bukit, melintasi sungai kecil dan pematang, dst tapi ni motor oke2 aja. Pernah kejadian motor berasap tebal karena olinya habis…cukup tambahkan oli, motor kembali normal *kapaaaann hancurnya ni motooorr klo gini alamat nggak bisa ganti ama KLX*
LikeLike
hahaha.. ada waktunya bosan melanda kok bro.. Trail tetap menggoda, mungkin nanti bukan jamannya KLX, sapa tau merk lain dah muncul, dan berharap bisa beli.
Taman Nasional salak?? wihh.. keren mas. jd kepengen jalan2 kesana.
LikeLike
Siap beroffroad ria, sip deh mas…
LikeLike
siap mas. siap diajak offroad.
LikeLike
kurang cakram om..xixixixi
wah spione kok luarangmen??…70 rebu??..ck..ck..ck
LikeLike
halah.. timbang sing spione mung sisih kiri thok.
LikeLike
kapan aku iso tes ride iki ❓
LikeLike
ojo bareng mbah wiro, wedi ambles skok’e aq.
lirak-lirik mas Wiro.
LikeLike
wah mas lg liburan yah? 😀
nitip kios ya mas
http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/01/03/touring-kecil-kecilan-cibaduyut-majalaya/
LikeLike
iya mas. baru stay di rumah lagi inih.
LikeLike
wah, ane mo menyusul ah..tiger terlalu boros buat macet2an…
LikeLike
ada yang ketularan satu lagi nih.. virus menyebar dengan cepat. 😆
LikeLike
tak tunggu penampakannya di magetan
LikeLike
tunggu aja di Bojonegoro *ngeles
LikeLike
mohon pencerahan detail tentang penggantian kelistrikan, apakah kabel diganti semua? aki pake apa? yang diganti dari 6volt menjadi 12 volt apa aja, juga detail harga,maturthankyu
LikeLike
pakbambangnunggangjaran says:
January 4, 2011 at 10:12 am
mohon pencerahan detail tentang penggantian kelistrikan, apakah kabel diganti semua? aki pake apa? yang diganti dari 6volt menjadi 12 volt apa aja, juga detail harga,maturthankyu
===================================================
FYI pak, kalau mau bikin kelistrikan win dari 6volt menjadi 12 volt, sebisa nya saya membantu, magnet win merupakan type kering, spullnya bisa diganti pakai honda prima berikut anker nya 1 set, kiprox juga ganti pake yg 12volt cdi bisa aplikasi grand , jangan lupa, aki + semua lampu dan flasher sein , gati yg 12 volt
nitip bebek cak tarom:
LikeLike
makasih mas Aziz. sy ndak tahu kalau mas. nih coba dipelajari.
================
LikeLike
mertuaku yo ndwe ngunu kui mas bro!!!ban belakang yo wes motip ban pacul.
LikeLike
dijual nggak mas? 😳 ada mas darmawan tuh yg nyari.
LikeLike
saya dulu punya mas th 95…da tak modif shock depan belakang punya gl pro…..sekaligus cakramnya….tapi da tak lego laku 4-an…nyesel aku ngedol…..mending tak gawe ngene….mas kalo ada win lagi ya..mo tak mudif model touring, kasih box2 yang banyak hahahaha
LikeLike
wakakak.. nyari juga neh? kayaknya penjualan Honda Win Bakalan Moncer tahun ini.
LikeLike
Sesama win-ners…. hehehe….. nititp lapak bro…
Aku nang Purwodadi, deket kebonraya, kapan-kapan mampir yo ….
http://funs.blogspot.com/2010/03/honda-win-my-3rd-bike.html
LikeLike
siap mas..
LikeLike
mampir nich…
menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
salam….
oh ya ada sedikit info nich tentang kayu jabon dan bibit jabon semoga bermanfaat… 🙂
LikeLike
mantab…. ane suka honda win…. salam kenal mas bro….
mampir kang….
http://4201megaprolama.wordpress.com/
LikeLike
Salam kenal juga kang
LikeLike
tinggal ganti sokbreker depan yang ada cakramnya kang….
LikeLike
Wahh, malah mau dijual.
LikeLike
ane juga mau nyusul….
megapro ane udah polish portin,jetting,…..
mending win aja, polish porting,jetting ttp irit….
LikeLike
Dear Honda win rider,
my name is Quan.from Honda Win club Viet Nam.I have 1 Honda Win 1999. I want to make friend with you. I want to buy a new Honda Win from Jakarta.Could you give me there is still new Honda win in your country.
LikeLike
Dear my friend Quan. There no more a new honda win produced since 2005. Since 2005, honda win produce was stopped.
LikeLike
Mohon kalo ada info tentang club honda win di kediri,tolong bar kabar man teman….
Maklum,nubi hohoho
LikeLike
belum tahu mas kalau Kediri
LikeLike
mas bos,slebor depan kalo gak di pake,dan mau di jual tak beline mas suwun
LikeLike
mantapppp dijual ga bos.
LikeLike
Dah dijual mas.
LikeLike
lek, per/skok depan sing cocok & pas buat win itu punya e apa ?
gl 100 kah…?
LikeLike
Maaf. Ndak tahu sy boss
LikeLike
Wihhh mantaf bang.
Win nya dapat harga brp.?
LikeLike
11 kalau gak salah kemarin
LikeLike
yuk kopdar Honda Win area Kediri Raya mas…
aku tinggal di Pare dan udah 13 taon jadi Win rider… ngopi nyookk..
LikeLike
Sampun disade mas.hehe
LikeLike
Cara buat peninggi shock nya gimana om?
LikeLike
Di jual berapa om ?
LikeLike