Sekilas T-120, Rendevous my Family Car


mitsubishi colt t100 1972Mitsubishi Colt Pick Up sebenarnya adalah salah satu varian awal  dari seri  Mitsubishi Delica. Nama “Delica” adalah singkatan dari DELIvery CAR. Dirancang dan diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 1968, menggunakan mesin seri KE44, dengan kapasitas 1,1L. Mesin ini sanggup memberikan daya 58 PS (43 kW; 57 hp). Daya angkut maksimum mobil ini hanya 600 kg (1,323 lb), dan kecepatan tertinggi yang dapat dicapai adalah 115 km/h (71 mph).

Mitsubishi Colt T100 Minibus 1971Beberapa tahun sesudahnya, atas permintaan konsumen, diproduksi beberapa varian lain yaitu : cargo van (mobil cargo) dan passenger van (mobil penumpang/minibus). Varian minibus ini memiliki 3 baris bangku yang dapat memuat 9 penumpang dan di beri nama “Star Wagon”.

Mitsubishi Colt Pick Up masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya dengan tipe Colt T100. Diimpor oleh distributor tunggal Mitsubishi yaitu  PT. New Marwa pada tahun 1970 (tahun 1973 berganti nama menjadi PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors).  Pada tahun 1975, diperkenalkan generasi selanjutnya dari Colt T100 yaitu Colt T120 dengan mesin seri “Neptune”.

mitsubishi colt t120 1979 pick-upMobil yang tersohor lewat teriakan “Eng…Ing…Eng” dari komedian Benyamin S ini nantinya sangat terkenal di Indonesia dan mendapat julukan “Raja jalanan”. Material pembuat rangka, mesin dan bodi Colt T120 yang berkualitas tinggi, membuat mobil ini sangat handal dan tahan terhadap berbagai macam medan.

Mitsubishi colt t120 1979 minibusMulai dari jalan yang ber-aspal mulus, tanjakan terjal,jalan berkelak-kelok, hingga jalan yang belum beraspalpun dapat dengan mudah dilalui oleh mobil ini. Bahkan di beberapa daerah, mobil ini segera mengambil alih peran oplet/kendaraan penumpang umum yang berbasis Chevrolet Suburban yang sebelumnya dinilai tangguh di jalan-jalan pegunungan.

Pemakaian bahan bakar mobil inipun cukup efisien. Dalam kondisi normal di dalam kota biasanya berkisar antara 1 : 8 sampai 1 : 10, sedangkan luar kota sekitar 1 : 10 sampai 1 : 12.

mitsubishi colt t120 1976 blind cargo vanMenurut ahli sejarah permobilan di Indonesia, era Mitsubishi Colt ini ternyata juga ikut berperan dalam perkembangan industri karoseri di negara ini. Nama-nama perusahaan karoseri mobil  seperti : Armada, Adi putro, Langgeng, Internasional ikut berkibar saat mobil  popular di pasar mobil Indonesia.

Keunggulan mobil ini, membuat populasi Colt di Indonesia sungguh luarbiasa.  Sampai dengan  tahun 1980, PT.Kramayudha Tiga Berlian sudah menjual 33,525 unit Colt T120.

Karena kepopulerannya itu, mobil inipun mempunyai banyak nama sebutan/julukan  di banyak daerah seperti :

  • Di Sumedang, Jawa Barat kendaraan bertampang lugu ini akrab disapa dengan sebutan “Colt Dolak”.
  • Masih di daerah Jawa Barat, beberapa memanggilnya dengan sapaan “Colt Bueuk” atau “Celepuk” lantaran lampunya seperti mata burung hantu.
  • Di Mojokerto,colt T100 dikenal dengan nama  “Colt Bagong”. Mungkin karena desain lampu depan mirip dengan mata lakon cerita pewayangan tersebut.
  • Di purwerojo dan sekitarnya disebut sebagai “Colt Teisen”, nama ini mungkin diambil dari istilah bahasa inggris “station wagon”.

Hingga saat ini, penggemar mobil inipun tidak juga surut. Bisa dikatakan sulit sekali untuk menemukan mobil ini tergeletak menjadi “bangkai” seperti nasib mobil-mobil tua lainnya. Hampir semua Colt T100 ataupun Colt T120 yang masih tersisa, tetap dapat beroperasi layaknya mobil-mobil baru yang beredar saat ini.  Para penggemar dan pecinta mobil ini tergabung di milis http://groups.yahoo.com/group/coltmania.

Artikel diatas bukan bikinan saya, diambil dari sini (http://mobilretro.com/sejarah-colt-t100-t120/) dedicated to my T-120.

si Biru Titos Du Polo

si Biru Titos Du Polo

This entry was posted in Colt T-120. Bookmark the permalink.

28 Responses to Sekilas T-120, Rendevous my Family Car

  1. touringrider says:

    sesekali Pertamax ah.. Mobil kesayangan neh..

    Like

  2. ridertua says:

    Premium ajah tuh khan masih dapat subsidi seharusnya…🙂

    Like

  3. ridertua says:

    mobil bandel bro…

    Like

  4. mbukian says:

    masih ada 1 di rumah punya bokap..memang handal banget nih mobil… mantabz!

    Like

  5. 3120aw says:

    kapan iki 3120 aw d pajang ning warung?

    Like

  6. asmarantaka says:

    terakhir liat masih beroperasi jadi angkot:mrgreen:

    Like

  7. Darmawan says:

    weleh colt ceketer mania, chasis terbukti kuat, L 300 kalah kuat n kalah lincah hehe pernah punya dulu top bnget dijaman nya

    Like

  8. Bonsai Biker says:

    wes ra doyan motor ki

    Like

  9. blognyamitra says:

    artikel mobil akhirnya nongol di warung ini🙂 lanjutkan…🙂

    Like

  10. supergleweh says:

    simbah neng pasar numpak kol(sebutan colt series di wonogiri)

    Like

  11. Pingback: lintas-oto.info

  12. ghagoek says:

    Colt T120 pokok nya handal di segala medan..aku punya Th 81..dah pake ngaspal ampe serang banten–sampe banyuwangi..paling troube cuman ganti platina

    Like

  13. berapa derjat timing pengapiannya pak…???
    soal nya mobil colt T aku susah hidup,,,

    Like

  14. yogieza says:

    gede juga CCnya,carry 1.0 1989 saya kalah itu.
    saya belum pernah naik mobil kek gini,tapi di daerah saya sini gudangnya mobil itu.yg pick up banyak dipake buat bawa genteng/bata.dari yg jelek sampai yg terawat & harganya mahal pun ada.
    malah kemarin saya lihat di bengkel bodi ada COLT T kek punya om itu digorok kabin belakangnya pake gergaji besi.mau dibuat model pick up itu mobilnya,sayang bgt ckck

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s