Kota Bukit (Touring ke Perbukitan Trenggalek)


Senin kemarin, saya ingin mencoba kembali berNostalgia ke jalur selatan dan menikmati kota-kota di bagian selatan Jatim .Kalau bulan Juli kemarin nostalgia lewat jalur Malang-Blitar. Sekarang gantian melewati jalur Tulungagung- Trenggalek dan menikmati suasana kota Trenggalek.

 

Trenggalek

Setelah isi BBM dan makan pagi, sekitar jam 11-an melengganglah saya dan teman saya menuju ke Trenggalek. Jalur yang dilewati adalah jalur trabasan/alternatif : Plosoklaten-wates-Kras(kediri)-Ngantru-Karangrejo-Kalangbret(Tulungagung)-Durenan-Bendorejo-Pogalan-Pule-Tugu(Trenggalek).

Jalur yang menantang dimulai setelah masuk ke arah kecamatan Pule. Daerahnya perbukitan, di Area perhutani di Kecamatan Pule dan Tugu ini akan digunakan sebagai areal kerjasama dengan perusahaan, sehingga kita perlukan survey untuk kesiapan lahannya. Jalurnya menantang, mirip ketika saya touring ke Bromo via Pasrepan dengan bro WSP dan Azizy. Pohon cemara ada di sebelah kanan dan kiri jalan, terlihat beberapa kali jurang yang menganga dengan lembah-lembahnya.  Karena terbius hawanya yang dingin, maka kita istirahat dulu di puncak sebuah bukit, persis di pinggir jalan. Subhanallah.. view landscape yang indah.

Landscape bukit-bukit yang indah *maaf ikut nampang yaSejak perjalanan memasuki kota Trenggalek, terhampar pemandangan areal persawahan yang dilatar belakangi oleh deretan pegunungan kapur. Yap, Trenggalek adalah kabupaten di Jatim yang “banyak gedung bertingkatnya“.hahahaha… Sejauh mata memandang, horizon pandangan selalu dihadang oleh perbukitan kapur yang menjulang tinggi. Inilah suasana pemandangan berbeda dari kota Trenggalek yang saya suka.

bukit dimana-mana

Setelah hampir 5 jam survey areal perhutani di Kecamatan Pule dan Tugu, kita mampir dulu di warung Sri Rama yang terletak Jl.Raya Kendalrejo,Durenan (warung ala sopir). Weh, gak nyangka warungnya diapit oleh sungai tepat di sebelahnya, dan gak nyangka juga, sambel bawangnya puedezzzzzz polll.

Di jalan raya Trenggalek, Durenan ini, kita juga bisa menjumpai banyak kios yang menjual makanan khas Trenggalek yaitu Alen-alen dan keripik tempe (kayak di sanan,Malang).

Di dua kecamatan tersebut, motor yang terlihat hampir 90% adalah Moped, dengan merk Suzuki. Baik Shogun, maupun Smash.

Pulangnya, nyetirnya pelan-pelan dulu karena ada penampakan yang bening-bening khas Trenggalek.. Disinyalir bisa dibuat oleh-oleh pulang.😛

yang HELM Merah loh, bukan yg jaket merah. si eneng manis loh ternyata.

This entry was posted in adventure, Trenggalek, Uncategorized, work. Bookmark the permalink.

32 Responses to Kota Bukit (Touring ke Perbukitan Trenggalek)

  1. damhar says:

    Pertamaxxx lagiiii !!!!!

    Touring teruuussss,, bener2 Touringrider mas iki,,,

    Like

  2. damhar says:

    loooohhhhhh ???? kecanthol bukit2 trenggalek ???

    Like

  3. F41z says:

    bukannya ada jembatan yg ambrol ya(akses ke prigi). bagi yg pengen ksono ati2 sering kejadian longsor

    Like

  4. blognyamitra says:

    wah wis suwe aku gak mampir nang Trenggalek….

    Like

  5. Amamoto says:

    nggak mampir bandung mas…eh Bandungan

    Like

  6. Gusndul says:

    Sekalian gan, dari Galek langsung dilanjut ke Pacitan (lewat jalur selatan) Mantaaabbhhh gut marsogut… T.O.P B.G.T jalure… Nyampe Pacitan (msh lewat jalur selatan) di tembus sampe Gunung Kidul… FYI semua jalur diatas rata2 hutan jati gundul, jd kl hujan rawan longsor (Pujon B.G.T) haha. Tapi asli mantab jalure, tikungan n pemandangane josss gandoossss….. Tapi maneh, rata2 suwepi jalure.

    Like

  7. asmarantaka says:

    itu foto empunya blog??:mrgreen:

    Like

  8. pemain baru v75 says:

    Apalagi yg jalur trenggalek ponorogo….tambah maknyuss

    Like

  9. wuih2..sopo iku sing foto..hehe..jembatan ke prigi yang putus klo g salah nggak di jalur utama…tapi jalannya sekarang rada gj soale sering banjir..hati hati ekstra klo mau ke sana …pas saya kesana malah lagi banjir
    http://catataneobie.blogspot.com/2010/09/plan-c-vacation.html

    Like

  10. blade_us says:

    aAHHH,…..

    Jad1 k4NGen Ma JaTiM

    @lay m0De : KuMaadHH:mrgreen:

    Like

  11. Tewel says:

    Wagh ni jalur rutinku 10 thn.ni kyaknya di jogorogo.klo ke nggalek lg,coba jalur galek-bendungan-tulungagung,ato galek-tugu-pule-ponorogo(bs jg ke pacitan).

    Like

  12. karis says:

    Ahh…tempat kelahiran saya nih, Trenggalek. Cuma belum punya keberanian untuk touring motor ke sana, males kalau sendirian

    Like

  13. masbro, foto ke 3 itu saya hafal betul lokasinya dimana..
    fiuhhh rasanya sprti pulang… mksh masbro, ga nyangka sy bs nemu poto yg lokasinya tepat di dpn rumah saya..
    #depan pom bensin karangsoko Trenggalek

    Like

  14. mas kalo dr semarang lwt mna aja menuju prigi, rencana mau k prigi neeh, tp bw grand livina, heheheee

    Like

    • touringrider says:

      kalau dari semarang saya biasanya : Semarang- Ungaran- Bawen- Salatiga- ambil arah Solo- belok kiri jalan sebelum terminal Tingkir Salatiga arah Boyolali (karang gede) – Gemolong – Sragen – Ngawi- Madiun- kediri- Tulungagung- Trenggalek- sampai Pogalan, ada Makam Gunung Orak-arik, abis itu ambil arah selatan/kiri ke Kecamatan Watulimo trus Prigi.

      Sebenernya ada jalan dari Sragen- Karanganyar- Tawangmangu – Magetan- Ponorogo – Pacitan trus Trenggalek, namun jalannya berkelok-kelok.

      Sedangkan jalan dari Tulungagung bisa dari durenan tulungagung belok selatan ke Bandung Tulungagung- Watulimo trus Prigi. Monggo dilihat di Peta/GPS mana yang dipilih.

      selalu berhati-hati mbak.

      Like

  15. marko says:

    wow, artike yang paling saya tunggu akhirnya muncul, suwun sam TR

    Like

  16. Fachrul islam says:

    I like its

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s