New Yamaha Scorpio Z 225, Lost Spirit and Soul?


JIka mas Tri dan Kang Taufik membahas masalah Handling, penampilan, impresi dan lain-lain tentang New Yamaha Scorpio Z 225, yang secara umum menarik perhatian masyarakat umum. (Mbah Edo kebagian Byson). Maka saya akan membahas sesuatu yang sangat berbeda. Yaitu tentang : Spirit of Scorpio yang agak Lost. Apa itu? dan apa saja yang berbeda dari New Scorpio Z, selain yang diungkap oleh 3 Blogger papan atas diatas?cekidot gan..

New Scorpio Z 225

1.Grip Gas. Untuk New Scorpio Z, jika ditilik maka di grip gasnya ada 2 kabel yang menjulur. Nah Loh, apaan neh? setahu saya, 2 kabel ini diterapkan pada Yamaha Jupiter MX, Honda Tiger dan GL Pro Neo-Tech. 1 kabel buat buka tutup skep karburator, 1 buat pompa akselerasi. Biar Yamaha Scorpio semakin di depan.

Grip Gas New Scorpio

(cek juga gambar di bawah *sebelah Blok Four)

Wah, padahal akselerasi Scorpio Z lama dengan karburator model vacuumnya saja sudah cepat. Apalagi ada tambahan 1 kabel yang baru ini. Disinyalir, Impresi Kang Taufik yang hanya menggunakan gigi perseneling 3 di Jalur Sukapura-Bromo, tidak lain akibat torsi gede yang diimbangi dengan akselerasi. Jadi gak bakal kepayahan naik tanjakan. Perbaikan yang sangat baik, karena selama ini Scorpio Z selalu dicibir jika melahap jalan berliku.

2.Block Four. Kok sekarang nggak ada Tulisan “FOUR”? disinyalir ada apa ini? apa ada perbaikan terhadap complain oli yang ngerembes dari Blok tersebut?

Blok Four New Scorpio Z

3.nih, yang bikin New Scorpio Z kehilangan Spiritnya, bisa dibilang nyawa/Soul nya. CDI semakin dilimit, alias limitnya diturunkan sedikit ke bawah. Walahhh. Siap-siap saja kecewa dengan masalah kecepatan. Lha wong saya saja ganti CDI BRT yang unlimiter kok.

Overall, perbaikan yang dilakukan oleh R n D YMKI sudah lumayan jika ditilik dari segi penampilan. Gejala lost power, akibat tenaga yang terlalu gede yang di tanjakan dijawab dengan adanya sistem nafas baru. Tapi, malah kehilangan power untuk topspeed.. 😦

Inilah analisis berbeda saya sebagai seorang Scorpio Rider. Bagaimana menurut anda?

Untuk Liputan Touring via Pasrepan dengan mas WSP aka Dani Ramadian dan Azizyhoree akan saya ulas sendiri.

This entry was posted in adventure, byson, karburator, kompresi, malang, ngempos, scorpio, yamaha. Bookmark the permalink.

41 Responses to New Yamaha Scorpio Z 225, Lost Spirit and Soul?

  1. Dani Ramadian says:

    Pertamaxxxxx

    Like

  2. Maskur® says:

    wah penjual CDI siap2 panen

    Like

  3. Dani Ramadian says:

    Ndang diijolno iku Scorpioné karo sing anyar,
    tapi usul yoooo….ojo nggaé head lamp iku…
    Ndelok aé wegah…ganti nggoné Byson, lék
    sik pingin sak merk

    xixixi

    Like

  4. az147r says:

    oh…power kurang karena cdi dilimit lg ya. Hem…

    Like

  5. nick69 says:

    Wlwlwl
    Alamat diasepin bebek binal fu nih

    Like

  6. Taufik says:

    Yup bro .. . trotel gas nya mengalami penggantian ke tipe pul-pul throttle, cmiiw

    Like

  7. zackyjunior says:

    sekarag kok dibikin lemot semua …. ?

    Like

  8. bluepio says:

    bros bahas juga dunx tentang kelistrikannya..
    udah ful DC kayak vixion..
    ato masih model nyala ngikutin rpm mesin..

    selain itu jarum spidometer model kristal..
    kayaknya nyala malem hari manteb betul kayak spido mobil eropa..

    lampu led belakang bener2 led ato bohlamp biasa di biaskan oleh reflektor ?
    dibahas dunx gan thx..

    Like

  9. nick69 says:

    wkwkwk
    Fu juga asik kok buat turing

    *maksa ngeles

    Anyway kalo untuk topspeed,ane rasa gak begitu penting,coz gak mutlak dibutuhkan stiap kali berkendara.
    Yg penting nyaman dikendarai(gak bikin punggung dan tangan cepet capek)dan akselerasi oke.
    Kalo stabil,ane rasa motor sport sudah ckup stabil buat touring

    Semakin banyak pilihan nih

    Like

  10. Icaq's says:

    Siiip….niy artikel lain dr yg lain. Makasih bro dah nambahin info dr yg lain. Jd tau lebih spesifik/detail lg…
    Nanya bro…wkt aku bandingin pio lama n yg baru kyknya limiternya sama di 8000 rpm u power dan 6500 rpm u torsi. Kok bro bilang limiter diturunin?

    Like

    • touringrider says:

      Yang lama , punya saya, pernah nyoba sampai 9.000 an RPM untuk power, torsinya mah di RPM 5000an.
      kalau info limiter diturunin, itu kemarin dapat bocoran dari YMKI waktu launching. Test ride nya? belummm.. lha wong saya datengnya malam. Nggak kaya Mas Tri dan Kang Taufik yg bisa nyoba di pagi harinya. Itupun beliau berdua nyoba cuma kecepatan 50-60kpj.
      lain lagi jika yang nyoba saya..hehehe. Pasti akan saya korek abis tenaganya.

      Like

  11. bejo says:

    oww ben awet kali ya mesinya
    bener kang maskur

    Like

  12. FIFers says:

    rpm turun,mesin lbh awet kale y

    Like

  13. blade_us says:

    hhmmm….
    pengeen meluuuu asliii neee

    Like

  14. wuih, spyn dateng mas y? wah, nggak ngajak2 i..hehe, pingin nyoba byson

    Like

  15. asmarantaka says:

    hmm…kyknya ente tertarik buat beli nih?….xixiix :mrgreen:

    Like

  16. erwan says:

    setuju….pio lama aja yg udah z..hehee…pio ane aja th2005 awal msh greng…..blar blar blar ciri suara pio yg menggemaskan hihihiiii….colok aja pake karbu sejuta umat pe28 + cdi brt di jamin terbang tu tonggeng wlw tanpa sayap..heheheee…boleh di bukti kan…slm

    Like

  17. DWIAR says:

    SEBAIKNYA HEAD LAMP NEW PIO KAYAK HEAD LAMP BYSON PASTI LEBIH
    BERGAIRAH.
    SEMOGA DIDENGAR PT.YMKI
    THANK YOU…………..

    Like

  18. doni says:

    klo mesinx pio masih standar tp CDI diganti pke BRT
    gpp?

    Like

  19. Ivan VanRams says:

    Pakai BRT yang AC atau DC

    Like

  20. Sprit s ptr says:

    Met malam bro,,? Saya punya kendala nih tentang sipio,, baru 3 bulan ko girnya dah goyang,, katanya karetnya,, saya ganti tpi masih ttp goyang aja,,, ? Minta tipsnya dong sob ,,.?

    Like

  21. Sprit s ptr says:

    Low sipio baru d ganti CDI BRT tanpa mengotak atik mesin,, itu bisa menyebebkan kerusakan ga..?

    Like

  22. Sprit s ptr says:

    Sory ni gan,, denger2 katanya pulsar bisa ngalain sipio. Alesannya pulsar udah pake tecno terbaru n udah pake busi 2 . Jelas memang pake 2 busi pembakarannya sempurna. Tapi ga mungkin pulsar bisa ngalain sipio. Kita liat dari seher aja sipio tetep unggul . D tambah bahan2 dasarnyapun jepang pasti pilih bahan yg berkualitas tinggi dong.? Saya udah uji kecepatan sipio gigi tiga aja udah nyampe 120 apalagi gigi 4 5nya,,? N yg paling saya kagumin dari sipio ini,, 120 cmn butuh waktu 8 aja. Coba deh

    Like

    • Anonymous says:

      bener juga mas brow saya uda coba kemarin pio besutan 2012 akhir punya abang saya wah emang gila larinya cuma karena tampang masih standart jadi agak malu bawanya hehe

      Like

  23. Robot says:

    Nggonku robot 2010 ngemposss

    Like

Leave a comment