JIka mas Tri dan Kang Taufik membahas masalah Handling, penampilan, impresi dan lain-lain tentang New Yamaha Scorpio Z 225, yang secara umum menarik perhatian masyarakat umum. (Mbah Edo kebagian Byson). Maka saya akan membahas sesuatu yang sangat berbeda. Yaitu tentang : Spirit of Scorpio yang agak Lost. Apa itu? dan apa saja yang berbeda dari New Scorpio Z, selain yang diungkap oleh 3 Blogger papan atas diatas?cekidot gan..
1.Grip Gas. Untuk New Scorpio Z, jika ditilik maka di grip gasnya ada 2 kabel yang menjulur. Nah Loh, apaan neh? setahu saya, 2 kabel ini diterapkan pada Yamaha Jupiter MX, Honda Tiger dan GL Pro Neo-Tech. 1 kabel buat buka tutup skep karburator, 1 buat pompa akselerasi. Biar Yamaha Scorpio semakin di depan.
(cek juga gambar di bawah *sebelah Blok Four)
Wah, padahal akselerasi Scorpio Z lama dengan karburator model vacuumnya saja sudah cepat. Apalagi ada tambahan 1 kabel yang baru ini. Disinyalir, Impresi Kang Taufik yang hanya menggunakan gigi perseneling 3 di Jalur Sukapura-Bromo, tidak lain akibat torsi gede yang diimbangi dengan akselerasi. Jadi gak bakal kepayahan naik tanjakan. Perbaikan yang sangat baik, karena selama ini Scorpio Z selalu dicibir jika melahap jalan berliku.
2.Block Four. Kok sekarang nggak ada Tulisan “FOUR”? disinyalir ada apa ini? apa ada perbaikan terhadap complain oli yang ngerembes dari Blok tersebut?
3.nih, yang bikin New Scorpio Z kehilangan Spiritnya, bisa dibilang nyawa/Soul nya. CDI semakin dilimit, alias limitnya diturunkan sedikit ke bawah. Walahhh. Siap-siap saja kecewa dengan masalah kecepatan. Lha wong saya saja ganti CDI BRT yang unlimiter kok.
Overall, perbaikan yang dilakukan oleh R n D YMKI sudah lumayan jika ditilik dari segi penampilan. Gejala lost power, akibat tenaga yang terlalu gede yang di tanjakan dijawab dengan adanya sistem nafas baru. Tapi, malah kehilangan power untuk topspeed.. 😦
Inilah analisis berbeda saya sebagai seorang Scorpio Rider. Bagaimana menurut anda?
Untuk Liputan Touring via Pasrepan dengan mas WSP aka Dani Ramadian dan Azizyhoree akan saya ulas sendiri.
Pertamaxxxxx
LikeLike
aq nduwe gambar Pertamax.. tapi tak Upload ndek FB ae yow..
tunggu tanggal mainnya…
LikeLike
wah penjual CDI siap2 panen
LikeLike
yg ptg jangan panen Jagung atau Padi saja mas. Bisa dapat saingan baru neh.xixixixi
LikeLike
Ndang diijolno iku Scorpioné karo sing anyar,
tapi usul yoooo….ojo nggaé head lamp iku…
Ndelok aé wegah…ganti nggoné Byson, lék
sik pingin sak merk
xixixi
LikeLike
belum kepikiran untuk mengganti Pio. Dialokasikan buat Jimny modif, model Jip2 koyo ndek Bromo kui mas.
LikeLike
oh…power kurang karena cdi dilimit lg ya. Hem…
LikeLike
iya bro, malahan limitnya diturunkan. Jadi masalah top spedd mungkin masih oke Pio lama neh.
LikeLike
Wlwlwl
Alamat diasepin bebek binal fu nih
LikeLike
khan buat touring..
it’s not about the speed, it’s about enjoy the journey.
ngeles..hehehe..
LikeLike
Yup bro .. . trotel gas nya mengalami penggantian ke tipe pul-pul throttle, cmiiw
LikeLike
betul kang taufik.
makasih dah dikasi nasi kotak.. nggak jadi kelaparan.hehehe
LikeLike
sekarag kok dibikin lemot semua …. ?
LikeLike
sekitar 20 jiwa tewas akibat kecelakaan sepanjang Januari-Juli 2010. Data dari Warung Sebelah.(http://edorusyanto.wordpress.com/)
nagh, mungkin karena alasan itu kali bro..
LikeLike
bros bahas juga dunx tentang kelistrikannya..
udah ful DC kayak vixion..
ato masih model nyala ngikutin rpm mesin..
selain itu jarum spidometer model kristal..
kayaknya nyala malem hari manteb betul kayak spido mobil eropa..
lampu led belakang bener2 led ato bohlamp biasa di biaskan oleh reflektor ?
dibahas dunx gan thx..
LikeLike
akan saya coba carikan informasinya. Soalnya saya datengnya telat.
LikeLike
wkwkwk
Fu juga asik kok buat turing
*maksa ngeles
Anyway kalo untuk topspeed,ane rasa gak begitu penting,coz gak mutlak dibutuhkan stiap kali berkendara.
Yg penting nyaman dikendarai(gak bikin punggung dan tangan cepet capek)dan akselerasi oke.
Kalo stabil,ane rasa motor sport sudah ckup stabil buat touring
Semakin banyak pilihan nih
LikeLike
Siiip….niy artikel lain dr yg lain. Makasih bro dah nambahin info dr yg lain. Jd tau lebih spesifik/detail lg…
Nanya bro…wkt aku bandingin pio lama n yg baru kyknya limiternya sama di 8000 rpm u power dan 6500 rpm u torsi. Kok bro bilang limiter diturunin?
LikeLike
Yang lama , punya saya, pernah nyoba sampai 9.000 an RPM untuk power, torsinya mah di RPM 5000an.
kalau info limiter diturunin, itu kemarin dapat bocoran dari YMKI waktu launching. Test ride nya? belummm.. lha wong saya datengnya malam. Nggak kaya Mas Tri dan Kang Taufik yg bisa nyoba di pagi harinya. Itupun beliau berdua nyoba cuma kecepatan 50-60kpj.
lain lagi jika yang nyoba saya..hehehe. Pasti akan saya korek abis tenaganya.
LikeLike
oww ben awet kali ya mesinya
bener kang maskur
LikeLike
rpm turun,mesin lbh awet kale y
LikeLike
hhmmm….
pengeen meluuuu asliii neee
LikeLike
lha jik ngelembur masang heater ngono loh.
LikeLike
wuih, spyn dateng mas y? wah, nggak ngajak2 i..hehe, pingin nyoba byson
LikeLike
@obie : lha aq nggak nduwe CP mu.
LikeLike
hmm…kyknya ente tertarik buat beli nih?….xixiix
LikeLike
cukup ama Pio lama ane saje om L.A. masih mak nyosss.
LikeLike
setuju….pio lama aja yg udah z..hehee…pio ane aja th2005 awal msh greng…..blar blar blar ciri suara pio yg menggemaskan hihihiiii….colok aja pake karbu sejuta umat pe28 + cdi brt di jamin terbang tu tonggeng wlw tanpa sayap..heheheee…boleh di bukti kan…slm
LikeLike
SEBAIKNYA HEAD LAMP NEW PIO KAYAK HEAD LAMP BYSON PASTI LEBIH
BERGAIRAH.
SEMOGA DIDENGAR PT.YMKI
THANK YOU…………..
LikeLike
setuju bro…
LikeLike
klo mesinx pio masih standar tp CDI diganti pke BRT
gpp?
LikeLike
Gpp mas. Cuman koilnya jangan diubah ke racing. Harus standart. Klo nggak bisa jebol CDI BRTnya. Coba saja cari trit sy ttg Scorpio rasa CDI BRT.
LikeLike
Pakai BRT yang AC atau DC
LikeLike
AC mas. tapi sudah saya lepas sekarang
LikeLike
Met malam bro,,? Saya punya kendala nih tentang sipio,, baru 3 bulan ko girnya dah goyang,, katanya karetnya,, saya ganti tpi masih ttp goyang aja,,, ? Minta tipsnya dong sob ,,.?
LikeLike
Gir-apa bro? Gir rantai ya? Depan/belakang?
LikeLike
Low sipio baru d ganti CDI BRT tanpa mengotak atik mesin,, itu bisa menyebebkan kerusakan ga..?
LikeLike
Nggak bro, dengan catatan KOIL masi pake aslinya. Klo ganti KOIL, CDI BRT-nya yg bakalan rusak.
LikeLike
Sory ni gan,, denger2 katanya pulsar bisa ngalain sipio. Alesannya pulsar udah pake tecno terbaru n udah pake busi 2 . Jelas memang pake 2 busi pembakarannya sempurna. Tapi ga mungkin pulsar bisa ngalain sipio. Kita liat dari seher aja sipio tetep unggul . D tambah bahan2 dasarnyapun jepang pasti pilih bahan yg berkualitas tinggi dong.? Saya udah uji kecepatan sipio gigi tiga aja udah nyampe 120 apalagi gigi 4 5nya,,? N yg paling saya kagumin dari sipio ini,, 120 cmn butuh waktu 8 aja. Coba deh
LikeLike
bener juga mas brow saya uda coba kemarin pio besutan 2012 akhir punya abang saya wah emang gila larinya cuma karena tampang masih standart jadi agak malu bawanya hehe
LikeLike
Nggonku robot 2010 ngemposss
LikeLike