Penjelasan YMKI yang memusingkan!! (monocross Scorpio yang ambles)


Bingung juga saya membaca penjelasan Oleh bapak Muhammad Abidin, Assistant General Manager Technical Support Group PT Yamaha Motor Kencana Indonesia. Yang diposting oleh Kang Taufik beberapa hari kemarin :

Menindak lanjut pertanyaan Mas Taufik mengenai kekurangan pada
model scorpio terutama pada bagian Monocross “amblas” atau mblesek
menurut bahasa Mas Taufik. Berikut Penjelasan kami :

Pada generasi awal Scorpio di tahun 2002 sd 2003, mulai dikeluhkannya Monocros
nya menyentuh bagian Rear Fender/Spakbor belakang.

Pada tahun 2004 sudah ada langkah perbaikan pada collarnya , yg berdasarkan investigasi kami
mudah bagian collar mengalami keausan.

:roll: Pio slamet gundul Courtesy Kaskus

Pada tahun tahun berikutnya, keluhan tersebut tetap ada padahal sudah diperbaiki pada bagian tersebut dan pada tahun 2008 , saat Scorpio generasi ke 4 dengan model Casting Wheel di produksi , perbaikan pada bagian Frame (Lihat gambar di bawah) dilakukan setelah kami temukan kecendrungan pengguna scorpio Z terutama dari kalangan Club menggunakan BOX tambahan pada bagian belakang.

Beban berlebih pada bagian buritan memaksa frame mengalami deformasi dan pada beberapa kasus yang extrem
bagian rear Fender /spakbor belakang menyentuh roda belakang(Terutama pengendara yang memberikan beban
terlalu berat pada bagian buritannya).

New Scorpio tentunya sudah menggunakan “Gusset/penyangga Tambahan” dan material Rangkanya juga sudah diganti
menjadi lebih kuat (Strenght) dan Rigid (lihat gambar di atas) .

Saya pribadi sebagai penikmat Scorpio merasa nggak nyambung dengan penjelasan beliau. “apa saya yang bodoh ?” Bener-bener nggak masuk Logika saya.

Jika masalahnya shock yang ambles, kenapa pula rangkanya yang jadi alasan penyebabnya? bukannya di konstruksi monoshocknya? atau monoshocknya sendiri yg kelewat empuk. Perlu kita ketahui bahwa aslinya Scorpio berbasis supermoto, yg memerlukan rebound empuk. Walaupun begitu, okedeh,.. saya sangat menghargai perbaikan tentang adanya Gusset/penyangga tambahan, yang berguna jika penikmat Scorpio mau menambah box di bagian belakangnya.

Saya khawatir, Penjelasan tersebut malah memperburuk citra Yamaha Scorpio.

16. ahlul BEAT’ahSeptember 18, 2010masa sih krn penambahan box/beban yg di tampung box,menyebabkan rangka mengalami deformasi…berarti kualitas bhnnya meragukan dong…!!!

25. mang – September 18, 2010@14. ahlul BEAT’ah
klo di negara lain pasti sudah di recall tuh!!!. kan bahaya, CC BESAR tapi rangko “REYOT”

Saya sudah pernah ngecek ke brother Scorpioholic, bahwa rata-rata punya mereka ambles. Jika benar, rangkanya yg mengalami deformasi, kenapa dudukan dan sambungan body belakang Scorpio saya tidak berubah? Saya pernah cek masalah ini ke bengkel center body hidrolis, dan mereka mengatakan bahwa tidak ada masalah pada rangka (tidak ada retakan,bengkok’an atau perubahan pada frame rangka belakang). Lha trus??

sambungan Scorpio

daripada pusing, mengapa kita tidak mencari solusinya? Ada beberapa solusi yang bisa dipakai untuk menyiasati hal tsb yaitu :

  1. Cara saya yaitu, Dengan mengganjal per monoshocnya. Namun, hal tersebut mengakibatkan rebound dari shock yang agak keras. bagi pengemudi hal tersebut agak terasa, namun bagi boncenger hal tersebut tidak terasa/ masih tetap terasa empuk.

    ganjal per monoshock

  2. memodifikasi conrod/connecting rod nya. Intinya adalah membuat conrod lebih dekat daripada aslinya. Bisa dengan conrod aftermarket (-/+ Rp.100.000), memotong -memendekkan-mengelas kembali conrod asli bawaan pabrik atau membuat kembali dengan plat yang mempunyai kekuatan sama. Seperti posting saya sebelumnya.
  3. atau seperti saran bro momod ini :

Momod2010/09/20 at 2:12 pm

Boleh juga monoshok d ganti punya vixi ato per shoknya d ganti dengan produk laen seperti yang udah saya lakukan pada para pelanggan saya. Hanya saja kalo ganti per saya g tau tuh punya pershock apa karna saya dapatnya juga dr para brother pasar loax xixixixi

Wah gan perbandingan panjang aslinya sama gan antara shock vixi ma scoopy. Reboundnya lbh keras dikit kalo ga sensitif ga krasa. Lagian kalo modif conrod aslinya mlh riskan krn sulit cari tkang las yg bner2 bs nglas dg kekuatan yg sama kayak aslinya. Bisa2 ntar d pake boncengan trus lewat lubang d jalan dg kec. Tinggi bsa2 mlah patah las2anya…Kan bebannya berat

Semoga bermanfaat.. dan kalajengking tetep nungging, tuing..qiqiqiqi..

kalajengking nungging

This entry was posted in hobbies, kritik, monocross, monoshock, scorpio, tangki., transportasi. Bookmark the permalink.

39 Responses to Penjelasan YMKI yang memusingkan!! (monocross Scorpio yang ambles)

  1. Momod says:

    Pertamaxxx….

    Boleh juga monoshok d ganti punya vixi ato per shoknya d ganti dengan produk laen seperti yang udah saya lakukan pada para pelanggan saya. Hanya saja kalo ganti per saya g tau tuh punya pershock apa karna saya dapatnya juga dr para brother pasar loax xixixixi

    Like

  2. Momod says:

    Hadah teernyata g dpt pertamax *WALL*

    Like

  3. Momod says:

    Kalo nunggu orang YMKI turun tangan buat ngatasi shock ambles scoopy, ya sulit gan

    Like

  4. wah, mantep ni analisisnya…
    emang aneh sih, kalo kualitas monoksrosnya yang buruk, dan rangka yang disalahin, jelas aneh lah,,,😀
    pantesan masalah ambles tetep ada, lha wong yang disalahin rangkanya…

    Like

  5. Momod says:

    Wah gan perbandingan panjang aslinya sama gan antara shock vixi ma scoopy. Reboundnya lbh keras dikit kalo ga sensitif ga krasa. Lagian kalo modif conrod aslinya mlh riskan krn sulit cari tkang las yg bner2 bs nglas dg kekuatan yg sama kayak aslinya. Bisa2 ntar d pake boncengan trus lewat lubang d jalan dg kec. Tinggi bsa2 mlah patah las2anya…Kan bebannya berat

    Like

  6. Momod says:

    Monggo…Silahkan….Milik umum og😀

    Like

  7. tafridefraaz says:

    Monocross fist edition si,
    gen 2 vixiy m jupmax gk kyk gt lg…
    Yg dh trlanjur beli scorpy jual aja kita ganti jupiter MX.
    Xixixixi promosi:mrgreen:

    Like

  8. Darmawan says:

    Waduh gak mudeng kang, mugo2 vixyku gak ambles:mrgreen:

    Like

  9. alrozzzi coolrider 2 says:

    ❓ seriiing banget liat scouzy yang amblesh… blesh… liatnya kayak bebek:mrgreen: kesimpulan di sini; konsumen lebih kreatif yak? lebih pinter mengatasi permasalahan… lha secara tiap hari nyemplak tuh mongtor, jadi hapal degh kekurangan dan kelebihan tunggangan masing2… siip…

    Like

  10. Bonsai Biker says:

    keren mesinnya scorpio tapi kalau dari belakang kayak vega r apalagi mblesh

    Like

  11. ya itu masalahnya. suwe nggak ketok mas sampyan. oleh akeh bonsainya? eh, smpyan dl MAN2 madiun yo?

    Like

  12. wawan says:

    aq dulu MAN 2 Madiun, sampean ?

    Like

  13. Pingback: Yamaha Scorpio Duoshock?? | andhi's blog

  14. ipanase says:

    umpamanya, motor nggak mau jalan, kehabisan bensin, koq malah bongkar karbu, xixixixixixxix
    shock ambles koq malah rangka yang disalahin,,ngenes
    http://pertamax7.wordpress.com/2011/11/28/new-honda-cbr-250-livery-dealer-limited-edition/

    Like

  15. ponco says:

    solusi shock ambles rubah konstruksi arm relaynya aj ..buat kaya vixion / mx …..selamet mencoba ,kalo kalajengking terlalu banyak bosch2nya itu yg bikin amblas

    Like

  16. Apink says:

    saya jg punya permasalahan shock ambles pada scorpio new z
    padahal br 2 bln beli,dapet resep dr temen suruh nambahin penyangga shock
    Alhasil tetep aja ambles,saya bawa ke bengkel katanya suruh ke tukang shock,
    sama tukang shock malah suruh ke bengkel,bingung jadinya..
    minta tolong bagi yang tahu di mana bengkel yg bs benerin amblesnya shock belakang
    di daerah madiun..suwun..

    Like

  17. guntur says:

    aq udh pake pninggi pninggi aftermarket..emg bantu bgt buat cegah shock ambles gan
    tp minusx rante jd byk gesek ma karet bantal pembatas di hulu armx, jd klo nelat nglumasin tu karet bakalan abis so rante bakalan gesek arm…

    Like

  18. Anonymous says:

    yg namanya monocross emang ambles kalo dibuat boncengan, tetapi kalo ditikungan terasa nyaman enggak goyang…. beda dengan vixi kalo ditikungan kenceng teras goyang (membuang) itulah bedanya monocross dengan monoshock….. makanya pada swing arm scorpio ada tulisan monocross. coba liat motor motor yg lain yg shock belakangnya mono pasti tertulis monoshock… beda dgn vio….

    Like

    • nakal says:

      SANGAT SETUJU DENGAN BRO DI ATAS…
      scorpio memang motor segala medan, asal monoshock, arm relay, dan connecting rod nya masih asli, mau kenceng menghajar jalanan keriting, lubang-lubang gak masalah..
      buat cornering juga stabil bung… asalkan dikendarai sendirian.

      hanya saja kekurangannya pada umur “collar” di arm relay dan dua “bushing” di connecting rod nya yang cepet baret dan minta ganti (pada kasus scorpio 2009 saya ganti tiap 2 bulan sekali = kisaran 250ribu).
      mmm…

      Like

  19. Adhy says:

    dr pd pusing lebih baik kita rame2 ke yamahanya agar menarik semua prodak scorpionnya dr yg pertama sampe yg terbaru utk mengganti yg menyebabkan shock yg amblas tersebut apapun namanya mau itu monoshock atau monocross bila tidak aman harus di tarik….:D

    Like

  20. yogieza says:

    oh,ini tentang scorpio yg amblas pas dipake boncengan itu yah?
    aku kira solusinya dg ngerasin monoshocknya sehingga ga terlalu empuk.mungkin karena empuk itu yg buat amblas kali om?
    cmiiw

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s