Speeder freak seperti saya, tak akan puas dengan kecepatan yang sudah dicapai. Rasa penasaran dan keinginan untuk merasakan sensasi melaju high speed di motor kesayangan harus terus dikejar.
Untuk mengobati rasa penasaran, sebelum lebaran, CDI Scorpio asli bawaan pabrik saya ganti merk BRT. Harganya Rp.340.000,-, tinggal Plug and Play saja alias PnP. Saya dapat barangnya di 73 motor, Madiun. (saya sangat kesulitan nyari bengkel Modif di Kediri).
Untuk rasanya setelah dipasang dan di test Ride selama 1 bulan, sebagai berikut.
Gigi perseneling 3, RPM 7000, mencapai kecepatan 80 Kpj. Gigi 4, RPM 7000, mencapai 100 Kpj, Gigi 5 nggak pernah nyoba. Untuk RPM Maksimal yang pernah saya coba adalah 9000RPM, Gigi 4 bisa mencapai 120Kpj. Gigi perseneling 5??? nggak tahu deh.. Jarang pakai Gigi 5, masuk gigi perseneling 4 saja sudah cukup.
Sedikit saran buat teman2 yang ingin mengganti ke BRT, ada obrolan saya dengan teman Scorpioholic di Fb, agar Accu jangan sampai tekor.
semoga bermanfaat.
hmm….gledekan ane kalah dah…coba kal gledekan ane udah pakai knalpot racing dan sedikit di porting polishh..weww..baru dah nyalip scorpio pede…xixix…
LikeLike
ganti scorpio anyar ae bro. opo ganti NMP? sy nanti tak ngalah, biar ketok banter’e.bhuahahahahaha..
LikeLike
Absen
LikeLike
minum apa pak? makannya? rawon, soto apa ketupat? hehe.
LikeLike
Ambles mboten sam?
LikeLike
mboten…
LikeLike
speed freak kok ga pernah pake gigi 5 bro..?
jangan2 entge rpm freak neh..
LikeLike
iya neh kayaknya bro.hehehe.. habis penasaran bgt ama motornya VR yang bisa tembus RPM 12.000. jauh kali ye ama M1 nya VR.
LikeLike
Wah gan sbnarnya kalo mau kec. 140kpj pake scorpio g susah. CDI standart pun jg bs asal stel kerenggangan klepnya d set ulang….Cukup mainkan kerenggangan klep n pilot jet gan 😀
LikeLike
caranya? rahasia bengkel ya gan?
LikeLike
askum mas….
klo boleh tanya cdi brt buat scozy tipe nya brapa????? biar ga salah pilih….
thanks….
LikeLike
wah kurang tahu, sewaktu itu , saya ditawari 2 buah barang yang memang khusus buat scorpio (ada Labelnya). yang 1 langsung plek spt aslinya, bentuknya kayak gambar diatas, yang 1 ada tambahan 1 kabel lagi (yang Neo). saya pilih yang model spt gambar diatas karena jika pakai yang neo, engine cut offnya ndak bisa kepakai.CMIIW.
LikeLike
si gambot130 inyong… standar
gigi 1 rpm 10000 50kpj (perkosa habis2an raja tega)
gigi 2 rpm 9500 80kpj
gigi 3 rpm 9000 100kpj
gigi 4 rpm 8500 110kpj (ga berani lebih lagi tp pernah 120 naik dikit… serem maklum bebek)
ga pernah ke gigi 5…. (ga ada sih)
naksir pio anyar kiye…
LikeLike
kejamnya dikau ama motor. bhuahahahahaaaa…
udah liat postingan terbaru blm?? ttg new Pio loh mas. cekidot deh.
LikeLike
Pingback: New Yamaha Scorpio Z 225, Lost Spirit and Soul? | Touringrider's Blog
Pingback: Mengurangi Resistensi Koil(Dongkrak Pengapian Scorpio) | Touringrider's Blog
pio ane gan, cdi standart, koil supra fit mp22, cop cusi kitaco 0 R, busi TDR 0 R, pake ferrit, gear blakang vixion, ring 17”, pake OC, BB 90kg = 155kpj…
Pengin cdi brt, di toko online brt harganya kok 420 rb, belum ongkir.
LikeLike
mungkin itu yang dual band atau tipe terbaru mas bro?
LikeLike
misi2…numpang tanya dongssss
ada yg tw pin koneksi cdi scorpio ac ga???mw modif pake cdi scorpio tapi gw g tw pin koneksi cdi nya ni…mohon bantuan nya
LikeLike
hayo2.. sapa yang tahu?? maaf, sy ndak tahu loh.
LikeLike
pioku aja standart bs lari 150km/jam. tp skg plg 140km/jam krn ban belakang 130.
LikeLike
scorpionya pada kencang2 ya!
scorpio ane aja cuma bisa lari 120km udah mentok
LikeLike
Pasti ada yg salah tuh. Kampas kopling ok nggak mas? Trus pengapian? Ruang bakar? Klo msh bagus dijamin bisalah 140kpj
LikeLike
Sama broo…pioku thn 2011 jga mentok 120..itu udh tak siksa mesinyA…full standar…ko pio yg laen bisa kenceng” larinya
LikeLike
Nsz ku thn 2012 150kpj ko mas
LikeLike
gigi 4 120 kpj kok pelan banget pionya gan
ane aja gigi 3 udh 120 kpj
top speed 160 naik dikit
cuman ganti karbu koso 30
LikeLike
Kalo top speed sepertinya tegantung sikon aja tuh gan, trek panjang, nyali joki, arah angin n faktor lainnya. Pio ane cuma ganti knalpot cld itu juga bukan yg carbon (450 rb), ganti pilot jet (20 rb) setelan angin yg pas oleh mekanik yg pas (tarif berbeda disetiap tempat), ban swallow depan 18/80/100 blakang 18/80/120 (650 rb), bensin pertamax, oli enduro racing, selebihnya standar. Itu aja dah pernah 140 kpj trus langsung lepas gas, soale ga tau jalan pas lagi turing hehehe, padahal motor ane pakein box kumplit atas ama samping.
LikeLike
klo sekarang saya Standart lagi bro.
LikeLike
pio new standar w sampai 130 kpj bt 003 dpn 120/70 blkg 180/70
LikeLike
Edyann. Gede banget “ban”nya bro?
LikeLike
pake ban mobil aja sekalian hehehehehehehe…..
LikeLike
Punyaku :
scorpio z juni 2010
mesin full standar pabrikan,
ban, pelek, gir, rantai, karbu, cdi, semua standar pabrikan,
oli SHELL ADVANCE ULTRA,
bensin PREMIUM,
tambahan : 2 9POWER, BUSI DENSO IRIDIUM,
konsumsi terboros (1:26 (1 liter premium untuk 26km)),
(7bulan gak servis, 8bulan belum ganti oli)
gir 4 (10.000 rpm) = 125km/jam
gir 5 (mentok di 8.500 rpm) = mentok di 138km/jam.
apanya yang salah yak ?
katanya bisa 140km/jam, tapi…kenapa ? ? ?
ada masukan ?
LikeLike
Klo RPM mentok berarti tenaganya tertahan bro. Punya saya 9000an RPM masih mau. Klo mnrt saya kecepatan segitu sudah cukup kencang bro.
LikeLike
adakah ukuran Pilot Jet, Main Jet, dan atau Pilot Air Jet tertentu yang bisa memaksimalkan top speed Scorpio Z dengan mesin dan karburator standar ?
Walaupun ya saya tau kalau konsekuensinya konsumsi BBM jadi lebih boros..he-he…
mohon masukannya..
LikeLike
mas sya pengen tanya ,,,,
sewaktu pio sya tak geber ( pen tau top speednya brapa ) ,,
pas udah nyampe 120 terus tak tmbah gasnya mlah ga stabil ,,,
hasilnya mlah jatuh dari mtor ,,,
4 blan dech baru smbuh total ,,,,
itu knpa y mas ,,,,
sya pengen tau tops speed pio sya brapa ,,,
soalnya pemilik pio pertma sya nyampe 160 an lbih ,,,
mendekati 170 ,,,
itu jga gas blm full ,,
sya cuma bengong ga percya ,,,,
pen tak tes sendiri ,,,,
itu di tes saat sya mau beli pio tersebut ,,,
( tes di jlan raya pantura yang baru arah mau ke jatibarang , pas itu jlan blm di buka secara umum )
bnyak yg blpan di situ , kalo skrg mah gdha ,,
krna dwah resmi jadi jlan umum ,,
pas sya cba tes sndiri ko mlah jatuh ,,,,
apanya yg salah yaa mas ,,,
LikeLike
ini email sya ,,
learamadhan@rocketmail.com
lupa ,,,
jadi anonymous dech ,,
LikeLike
Yg salah ya krn bro ini memaksakan diri buat ngebut. Ha3. Hati2 dong bro. Pio lari 150kpj tuhh sudah lumayan kencang loh. Sy lari 140 saja sudah ketir2.
Wah, lain kali jgn terpancing buat nyoba ngebut deh bro. Eman kesehatan kita loh.
LikeLike
hahahah
habis pnasaran banget sih mas ,,,
iya jga sih ,,,
wktu lgi liat pmlik pertma pio geber mpe 160 an lbih ngeri banget ,,,
dy bilangnya sih mentoknya di 170 ,,,
ga tau bohong apa bnran mah ,
yg jlas sya liat rekamannya nunjuk 160 an lbih ,,,
skrg mah sya mlah jdi pembalap di Moto Gp THQ
sma VR lagi ,,,,
mau jatuh mau tabrakan tinggal di restart ,,,
kmbali ke awal lagi dech ,,,
wkwkwkwkwkwkww
LikeLike
Gile kenceng2 banget yak….. nyalinya pada gede2 euy…saya mah kalo ada yang mau kenceng2 dipersilahkan duluan… hehehehe… cuma sekalikalinya ngerasain 145kpj pas turing 🙂
LikeLike
kalo pio saya mau di pasang pake karbu keihin 34 ada masalah ga ??
LikeLike
Gak bro, selama api dari koilnya mampu membakar sempurna.
LikeLike
scorpio 140km gw masih percaya, itupun mesin udah di porting polished, ganti knalpot, ganti karbu dll
kalo mesin masih std, di atas itu, berarti ada 1 kemungkinan speedo-nya rusak.
pikir aja ninja yg 2 silinder 8 klep max top speed cuma 160an.
scorpio yg cuma cc 225 1 noken as 2 klep bisa lari diatas 140km????
LikeLike
Diatas 140 ?? Wah, sy jg ragu bro.. Punya saya 140 tuh dah nekad level dewa..wkwkwk.. Mau lebih kenceng lagi dah gak berani krn eman mesinnya
LikeLike
Sipio baru w,, gigi 3 nyampe d kec 120 kpj,, menurut mas bro,, lemah apa kenyceng bro
LikeLike
Kuennnceng itu bro.he3
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
LikeLike
Kuenceng tuh bro, he3. Btw RPM berapa tuh? Ati2 mesinnya jebol.ha3
LikeLike
Oia mas bro,, minta tips yar girnya ga goyang , slnya sipio saya baru 3 bulan girnya udah goyang,, trs saya ganti baru masih tetp goyang juga,, menurut mas bro apanya ya,, minta tipsnya bro
LikeLike
Gir mana dulu ini?
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
LikeLike
Gir mana ini bro?
LikeLike
Ni imel saya mas bro
ades.ptr29@yahoo.com
LikeLike
Louncing new pio 12, eh gigi 5 Ϟƍƍªk ada bedanya ama 4, tetep 120kpj. Tp akselerasinya cepet beuddddd
LikeLike
gigi 5 bisa sampe 140kpj bro, cuman lupa rpm berapa, yg pasti belum mentok redline hehehe
maklum nyobanya cuma iseng2 aja sambil ngintilin ninja R hihi
LikeLike
pio ane standar bray, baru. baru 4th hehehe
waktu masih muda tuh motor larinya bayasa aja, ane bsa 120 kpj kalo brgkat gawe kesiangan 😀
tu juga dengan dengkul yg gemeteran 😀
pas kecelekaan aje ane baru nyadar bray, speed gak penting.
yg penting selamat sampe tujuan. toss
LikeLike
Ha3.. Toss juga. Sy sekarang hanya berani bawa 80kpj doang, klo 100 lebih sangat jarang, dah inget umur, udah tuwir.. Takut kenapa2, inget anak istri.
LikeLike
ijin nyimak ya om momod,
buset..kenceng2 bet ya.., ane dr 2005, mpe karang…100an doang… nyali ane keok kali yak, soalnya ane pnah brasa dbwa ma motor bkn motor d bwa ane pas kecepatan mayan dan tangki fulltank, mkin krna postur ane kecil dan berat bdan cungkring kya bocah…:(, maklum bdan kecil pengennya motor2 mesin bongsor…:ngidam msin xs650…oot bnr dah
yg aneh ane bwa dwah rata2 kcepatan agaan2, ngapa kabel speedo ane dulu sering banget putus yaaa..staun skali kali ad, klo skrg udah gk soalnya kbel speedo nya ane biarin putus…males potos molo…
rncnany pengen ganti busi iridium…, dan kyany spull ane agk lemah…:(
LikeLike
kalau mau kenceng si pionya cukup ganti per kopling punya thunder yang cld,karbu ninja,sama ganti noken as high speed, trus pistonnya di kepras buat klepnya g tertabrak ma piston,busi iridium kaki 3.udah sampai 160 lbih dikit,terus di GAAAAAZZZ………….ngintil ninja 2 tak type se.
LikeLike
Uedaaaaaan sangar-sangar pd ga takut apa nih Mas pada ngebut sampe Ratusan,,, ane ga berani ooooi
LikeLike
pio saya thun 2005,,kl di gas kecil normal tp kl di gas full malah ngempos,,apanya ya tuh
LikeLike
Mainjet mungkin bro?
LikeLike
gak usah ngebut penting slamet
LikeLike
mas brow, pio ane jarum jet Naexin Dkit, Gnti Coil, Cdi BRT Hyperband. Gigi 4 X9000rmp 140km Itu Enteng Bnged Itpun Blm Ane Pksa X10500rpm !, Stlh Itu Ane Msux Gigi 5 Tax Pksa Gber Al’y Bnyax Polbox Alias Polisi Bo2x Mklum Di Kwasan Industri MM2100, Itu Di X10350rpm Ampe Helm Mw Lepas Ndri Ane Bru Sdar Lum Liat Speed, Stlh Itu Ane Liat Prcya Gx Prcya 195km ! ! 😮 W+o+w
LikeLike
kalo cuma 120k/j buat scorpio..itu sih enteng…!! coba pake pertamax….?? persneleng 3 bisa 120k/j…..persneleng 4 bisa 135k/j…. tapi kalo perneleng 5….bisa lemot…lho..!! kalo gak bisa bawanya…..!!! skalian pake CDI scorpio lama..
LikeLike
Hahahaha.. ini dah standart lagi pak
LikeLike
dasar penakut aja gak pernah coba gigi 5 , saya aja gak pake cdi brt aja atau ganti knalpot racing aja, mampu gigi 4 sampai 120 kpj ,
LikeLike