Saturday Riding : Jombang dan Makam Gus Dur


kulakan dulu bro..

kulakan dulu bro..


Setelah sholat dhuhur, TR dan istri melaju melewati Gurah-Pare-Badas-Gudo-Cukir dan kemudian Jombang kota. Jalur Kediri-Pare- Jombang terlihat sudah mulai rame, maklum weekend tentunya banyak orang yang berpergian, apalagi tanggal muda. Tujuan ke Jombang kali ini buat kulakan alias beli jilbab di pasar Jombang. Harga barang di toko ini lumayan murah loh bro sist.. makanya, walau lumayan badan TR agak capek, dibela-belain berangkat. Ganbatteeee!!!

Setelah memesan barang yang kita butuhkan (rencananya seminggu lagi pesanan baru ada), si Pio menyusuri jalanan belakang pasar.. Yaaa, dimana saja, kok pasar itu klo abis ujan, becek bin kotor binti joroknya mesti terlihat parah. Tak terkecuali juga yang terlihat di belakang pasar Jombang.
IMG_20130601_144354
Istri nawarin makan. Jujur TR gak minat, lha wong badan kurang fit. Namun sepiring nasi campur daging dan es jeruk akhirnya habis masuk ke perut. :lol: oh ya kita makan siang menjelang sore di Warung Nikmat. Lha kok ya pas mau masuk ketemu bapak-bapak yang tanya motor Scorpio TR. Ya ngobrol-ngobrol dulu.. “saya suka mas sama scorpio, motor yang tangguh buat perjalanan jauh!” , kata bapak itu. ” saya juga punya, tapi tahun 2012.” yo jelas pak… 2005 aja klo dirawat masih enak, apalagi masih tahun baru.wekekekek :mrgreen:

Gak afdol jika jauh-jauh ke Jombang trus pulang. Muter-muter akhirnya mampir di swalayan aksesoris HP. Ahamdulilah, berbekal uang pinjam istri akhire beli charger seharga Rp40.000,- yang dicolokin ke lighter. Tentunya hal ini sangat membantu TR yang sering riding/ driving antar kota.

Berhubung istri belum pernah sama sekali ke Tebu Ireng/ makam Gus Dur, kamipun sempatkan sowan. Bertepatan ketika selesai parkir, adzan ashar berkumandang. Bergabung sholat dengan para santri, ada rasa kedamaian tersendiri. Maklum, keluarga besar TR banyak yang lulusan dari pondoknya Hadratus Syeikh mbah Hasyim Asyarie.
Masuk ke areal pesarean, tawasul dan mendoakan para waliyullah, rasane nangis… Ya Allah. Tr berdoa, agar secara pribadi dan anak cucu nanti tetap dalam Iman, Islam dan Ihsan, selalu bisa men-siarkan dan meneruskan perjuangan Mbah Hasyim Asyarie. Dan semoga niat ziarah ke Tegalsari dan Sewulan yang masih tertunda bisa segera terlaksana. aamiin..

kini, TBI terlihat wah..

Pondong Sang Kyai kini, TBI terlihat wah..


oh ya, Ponpes TBI atau Tebu Ireng, dibawah asuhan Mbah Sholah/ Gus Sholahuddin wahid berkembang secara pesat terutama dalam hal pembangunan. Bangunan utama masjid yang asli adalah yang paling tengah atau masih berlantai tegel. beliau juga masih menyisakan gutek’an (kamar santri) yang bermodel tingkat dari kayu di sebelah utara makam. Areal makam yang dulunya tertutup 2 bangunan gutek’an, kini semakin terlihat luas dan terang. Suasana hening yang dulu biasa TR rasakan, berubah menjadi agak ramai, semenjak Gus Dur dimakamkan disini. Tak henti-hentinya, peziarah datang dari seluruh pelosok negeri, karena beliau adalah Guru Bangsa yang dikenang baik oleh lawan maupun kawan. Dan kakek beliau, Hadratus Syeikh sendiri mempunyai murid yang tersebar di seantero negeri.
Semooga mereka yang berziarah dan bertawasul, tidak melenceng niatnya.

Setelah lama mendo’akan para Auliya, saatnya pulang menyusuri Cukir-Blimbing- Gudo- Kunjang- Bogo- Pagu dan Kediri. Alhamdulillah, hujan sudah selesai mengguyur Kediri, dan kamipun sampai di rumah bertepatan adzan Maghrib.

About these ads
This entry was posted in adventure, humaniora, Jombang and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Saturday Riding : Jombang dan Makam Gus Dur

  1. Yoshi says:

    Mantab, muter-muter terus :)

  2. dhanicsetio says:

    hehhe..cuma ngelewat thok..pengen sih kapan kapan ziaroh

  3. pak tarno says:

    nek aku milih ziarah ke mbah yut, ra tau ziarah nenek moyang, mung sesekali.
    pengen sih karena dulunya banyak ajakan rame2 siarah gusdur, tapi kalo dipikir2 mbahe dewe rung diziarahi kok yo bikin gundah gulana. :)
    sepurane mbaaahh, putumu iki

  4. Han:D says:

    Jane Blimbing- Gudo- Kunjang- Purwoasri- Kediri lebih deket. Tar klo lewat lg mampir mas. langganane sama, toko muda n satu lagi klo kain ke rukun dpan Bata mas..

  5. Anonymous says:

    jo lali ngajak AG 6620 BQ nya

  6. kalau ke sewulan atau tegalsari monggo bareng mas, minggu depan mau ke ponorogo soale. jemput istri sama si kecil :)

  7. gesang86 says:

    Ini pasti lagi berburu “bross” lagi, hehehehehe :D

    Nitip>> http://bikers86.tk/2013/06/kawasaki-z250-memang-nancap-dihati/

  8. Andre says:

    Mas bro gue mau tanya,kalau agan bro paham tentang motor honda…
    Stripping motor honda supra x 125 tahun 2005 ada yg coklat ndak??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s