Review 2 Tahun Pemakaian GPS Super Spring SF 410


GPS Super Spring adalah salah satu jajaran GPS murah meriah yang beredar di Indonesia. Pertama kali kenal dengan GPS ini dari mas Rial Hamzah yang di tulis di artikel tsb.. Setelah proses hunting via BakulGPS.com akhirnya GPS ini menemani saya sejak tahun 2010 sampai saat ini. Selama pemakaian hampir 2 tahun, bagaimana reviewnya hardware dan program aplikasi GPS yang ada di dalamnya??. Cekidot bro :

tampilan Windows CE di Super spring

tampilan Windows CE di Super spring


Hardware.
Hardware baik casing, layar sentuh dan accesoriesnya masih bagus. Baterai masih mampu bertahan untuk 1 jam pemakaian online, berbeda dengan ketika baru yang masih kuat tanpa supply aki selama 2 jam.
Dudukan yang termounted di stir Scorpio saat ini masih bagus. Walau sering terpapar panas dan hujan, dudukan yang terbuat dari bahan plastiknya masih terlihat kuat dan baik.

Sofware Windows CE.
No problem, hanya saja karena buatan China, sensitivitas touch screennya agak nyebelin, artinya harus lumayan totol-totol dan tidak bisa tepat pointernya. Jangan dibandingin sama Iphone atau Samsung yaa.. :lol:

Garmin.
Setiap 2 jam selalu hang/ lag sendiri, artinya setiap sekitar 2 jam, program out sendiri dan harus didiamkan beberapa saat untuk direstart kembali. Untuk Petanya bisa update di NavNet, peta paling lengkap dari aplikasi lainnya dan mudah dibaca. Ya walaupun untuk bisa “mudah” memerlukan waktu utak-atik dan nyoba-nyoba yang agak lama agar terbiasa. :mrgreen:

Garmin

Garmin


Igo Amigo.
User Friendly bagi mereka yang awam, namun update peta terkakhir April 2011 (by TOM-TOM), masih kalah lengkap dengan Garmin namun lebih unggul dari Papago X5. Beberapa kali search suatu lokasi pelosok yang saya ketahui, lokasi tersebut belum ada. Dengar-dengar update peta/ support peta dari komunitas Navnet terbatas hanya sampai tanggal diatas. Gak pernah hang walau unit GPS sudah kerasa sangat panas.
amigo

amigo


Papago X5.
Tampilannya bagus, ada aplikasi Trip Komputer yang mirip dengan dashboard kendaraan. Menunjukkan jam, arah, kecepatan dan lain-lain. Update peta terkahir dari Navnet, masih kalah lengkap dengan Amigo, apalagi Garmin. Apabila anda menyalakan warning speed maka akan terasa menjadi GPS yang menyebalkan, karena pernah saya coba driving ke Lamongan, jalan 40kpj saja sudah diperingatkan. :evil: Kedian tidak bisa membedakan jalan raya dengan jalan tol. Routingnya ngawur, iso-iso anda kesasar dan wasting time. Papago di Super spring ini tidak bisa close aplikasi, so harus menunggu baterai habis baru mau log off sendiri. WTF :mrgreen:

Igo 8.
saat ini sudah saya delete, alasannya karena program ini selalu menginstall ulang setiap kita menyalakan, sehingga pemakai akan diribetkan dengan setting-setting. Dan terkahir kali pemakaian, ada file yang corrupt, so gak bisa jalan.
Penghapusan aplikasi ini dan juga beberapa Game, dikarenakan update peta garmin, Papago dan Amigo terakhir semakin besar dan menghabiskan space hardisk.

Untuk overall, GPS ini lumayan dengan harganya (Rp.999ribu/ tahun 2010), namun jika anda punya uang lebih dan memang sangat memerlukan GPS, lebih baik memilih Garmin atau GPS lain yang harganya diatas Rp.1,2juta. “Ono rego, ono rupo”. Untuk aplikasi di E71, BB, Android atau gadget lain tidak saya bahas agar tidak melebar.
Mungkin begitu yang bisa di share, kalau ada pengalaman dari teman-teman yang lain monggo bisa di share di kolom komentar.

About these ads
This entry was posted in GPS and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

47 Responses to Review 2 Tahun Pemakaian GPS Super Spring SF 410

  1. ipanase says:

    kapan ya punya ginian

  2. bagas29ps says:

    wew mainannya GPS euy.. :mrgreen:

  3. Han:D says:

    GPS = Gak Pake kSasar lu…!!! wkwkwkwkwk…

  4. An_Syahri says:

    Mantappp jg mas…..

  5. Yoshi says:

    Kalau GPS yang ada di HP android itu bagus gak ya kualitasnya?

  6. damhar18 says:

    garcot nya dah gak pernah dipakae lagi mas? :mrgreen:

  7. gesang86 says:

    Kalau gitu, mendingan pakai saja HP Android dengan software NAVITEL , kaya’nya lebih recomend. Saya suda membuktikannya dengan berulang kali, Route tempuh lebih dari 5jam, tidak ada istilah ngeLAG/ Hang….padahal HP android yang saya gunakan cuma seharga Rp.1,1jt (lumayan, sudah dapat HP android+Include GPS)

  8. andhi_125 says:

    hem, lumayan yo kang…dulu pernah minat, kelamaan, duit-e terpakai :-(
    akhir-e pake cps (cocot position system :mrgreen: ), syukur deh, kalo nganter pakbos belom sampe nyasar :-)

  9. kang_ulid says:

    jiah… baca ulasannya ga jadi beli dah…

  10. ainulharits says:

    yang beginian saya masih awwam, ga tahu kapan punyanya

  11. jtxtop says:

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  12. Imam Sadikin says:

    Keren! :)

  13. donimoto says:

    punya ku superspring beli 2biji jebol di batre semua, di colok ke lighter 5 menit loss power lagi, mesti di diemin 1 jam buat idup 10 menit :(

  14. agung says:

    dari tampilan windows CE ke tampilan normal awal caranya gimana ya??

  15. CB Gelatik says:

    Ane punya sf410i beli tahun 2010, program yg diinstall navitel, X5-papago, Igo Amigo, Polnav, garmin. GPS ini sdh sangat membantu ane dalam perjalanan ke Bali, Jogjakarta, Pacitan, Bandung dan Jakarta tanpa bertanya. Yang terpenting kita paham memakainya, rekam dahulu point-2 yang akan kita tuju di semua program tsb. ketika satu program menunjukkan gejala ngaco, pindahkan ke progran lainnya. Kalau ane paling sering pakai program Polnav karena cepat prosesnya.

  16. garmin mantap ..sangat membantu operasional kami.Thanks for writing, I very much liked your post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s