SPBU Enggan Pinjamkan APAR, Panther Ludes Terbakar


Well, dijaman serba edan ini memang susah sekali mencari orang yang secara ikhlas menolong. Salah satunya terjadi tadi sekitar pukul 21.00.

Mobil Panther L 1103 TV yang terbakar di jalan tol.<br /><p class=Foto : @adamEquinox via @e100ss” width=”280″ height=”205″ class=”size-full wp-image-4143″ /> Mobil Panther L 1103 TV yang terbakar di jalan tol.
Foto : @adamEquinox via @e100ss


Seperti yang saya kutip dari Situs Suara Surabaya, mobil Isuzu Panther L 1103 TV terbakar di jalan Tol Waru arah Sidoarjo.”Mulanya saya mencium bau sangit seperti terbakar. Kemudian saya pinggirkan mobil untuk melihat kondisi mobil. Ternyata ada kebakaran, apinya makin besar,” kata Anggara Pratama Putra warga Jl. Simo Rejosari Surabaya yang mobilnya mengalami kebakaran di tol KM 26.200.

Kebetulan kurang 500 meter dari lokasi parkir mobilnya, ada SPBU rest area jalan tol. “Saya lari ke sana untuk minta bantuan alat pemadam api ringan (Apar). Tapi oleh petugas SPBU itu ditolak. Saya disarankan menghubungi Jasa Marga saja. Padahal saya minta bantuan Apar yang ada di sana untuk memadamkan kebakaran mobil saya,” kata dia.

Dan apa Jawaban dari petugas SPBU??
Apa benar ada laporan mobil terbakar dekat SPBU anda?
Iya benar, mau pinjam Apar (alat pemadam api ringan). Tapi lokasinya di luar SPBU. Lalu kami jawab lokasi kebakarannya kan di luar area SPBU. Kalau terjadi di luar SPBU, pemakaian Apar harus diganti. Dia memang sempat tanya berapa harganya berapa. Lha saya tidak tahu harganya berapa. Saya sarankan dia untuk menghubungi Jasa Marga saja. Ternyata mobilnya sudah meledak.

Kenapa tidak langsung serahkan Aparnya untuk membantu?
Iya kalau tadi dia mau beri jaminan ganti berapa saja isi Apar yang digunakan, saya kasihkan, pak. Karena kalau tidak ada yang mengganti, saya yang diharuskan mengganti isinya.

Bagaimana jika kejadian yang dialami Anggara terjadi pada anda?
(sempat tidak menjawab)…seharusnya kalau ada jaminan mau mengganti Apar, pasti akan dibantu.

Bisa jadi yang dimintai tolong gajinya kecil, sehingga pikir-pikir jika mau membantu. Pikir-pikir jika bosnya/managementnya nanti meminta pertanggung jawaban. :lol: Kesuwen rek..
So, apapun pendapat anda tentang hal diatas.. Selalulah check kondisi kendaraan anda dan siapkan APAR untuk hal-hal darurat.

hoaeemm, susahnya hidup di negara yang sudah lupa akan jati diri-nya tersebut. :evil:

About these ads
This entry was posted in humaniora and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

71 Responses to SPBU Enggan Pinjamkan APAR, Panther Ludes Terbakar

  1. bledug says:

    ngeluuu…ndelok tingkah polah dijaman edan iki…

  2. Dafy says:

    Saya doakan pengawas spbu tersebut susah hidupnya dunia dan akhirat.amiiin

  3. Han:D says:

    Ayo kita bakar saja SPBU nya, biar tau rasa tuh..

  4. jtxtop says:

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  5. paedhimas says:

    apes.. Memang tak terduga..

  6. beginilah susahnya kalau hidup di negara “wani piro?” :D

  7. ipanase says:

    semoga empunya mobil ga doakan spbu itu gantiaan yang kebakaran

  8. ajib says:

    Jgn asal menghujat. Lihat dl SOP nya gmn di spbu tsb,apa blh meminjamkan apar. Krn spbu itu kan vital butuh apar jk ada kbakaran. Klo mmg di SOP nya ga boleh minjamin ya end story. Udh resiko di jln.. Jd ga plu mewek nyalahin org lain krn kesialan sndiri.

    • pak tarno says:

      masuk akal

    • touringrider says:

      Hahahaaaa.. Masih mau disetir sama SOP pak? yaa, kalau memang darurat langgar aja SOP. SOP iki bikinan manusia, krentek’e ati itu bawaan dari Tuhan.

      • dona says:

        Klo pegawe POM nya menolong, trs tyt api padam, tapi tyt pegawe POM nya melanggar peraturan, lalu di pecat, pdl gajinya kecil, anaknya banyak, yg senang siapa? klo cuma di puji di blog ini / di cela di blog ini juga ga bakal ngefek ke kehidupan orang itu.

      • touringrider says:

        Betul, gak bakalan ngaruh juga pak. Lha wong bangsa kita sudah terkena krisis moneter, tsunami, gempa kerusakan moral masih saja terjadi dimana-mana.

        Ingat logika orang lugu : janji Allah, setiap kebaikan pasti akan dibalas oleh-Nya.

        Ya walau kadangkala logika mengalahkan nurani. Sy pun gak memungkiri hal itu.

    • wahduh… apar itu emang berapa duit sih… ngisi gas APAR cuma 90rb mas… meskipun suruh nggantipun emang gajinya itu pegawai dibawah 90 rb???? yang gila lagi mosok usaha segede SPBU masih otot ototan buat duit yang cuma 90rb buat ngisi APAR dan nolong pemadaman api… glodagh… nel nelan pegawai dari sisa bahan bakar aja diatas 90rb koq… oke lah Tabungnya deh… 3 kg paling mentok cuma 600rb… intinya masih kebeli lah (makaynya saya bilang berapa duit gitu lho).. tinggal punya hati buat nolong atau engga… mosok ada mobil kebakaran masih mikir duit 90 rb… weleehh… selak meledak

      • touringrider says:

        Lha mungkin SOP-nya.. Wadew, jd ikutan ngomongin SOP juga. :lol:

        Emang harus dibuat SOP buat nolong orang mungkin. :mrgreen:
        Sent from my BlackBerry®
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  9. rusmanjay says:

    meskipun di SPBU ada SOP mestinya ada kebijakan yang didasari rasa kemanusiaan & saling tolong menolong

    • dunia101 says:

      benar mungkin saat itu sang empu ga sempat bilang bakalan ganti. kalau akhirnya padam dan mobil selamat akhirnya orang tersebut akan mengganti kalau diminta.

  10. c33b says:

    cukup satu kata….PARAH!

  11. mending mobilnya dimasukin area spbu sekalian. jangan dekat2 pompa yg penting berada di ‘area spbu’ jadi ga ada alasan nolak lagi….just kidding

  12. daivan says:

    semoga yang mobilnya terbakar diberi kesabaran. dan semoga pegawai spbu-nya diberi gaji lebih, supaya nggak takut gajinya dipotong kalo mau nolong orang :b

    • touringrider says:

      Aaminnn.. Btw Gaji petugas SPBU berapa ya? Kyknya sama dengan UMR ya?

      • daivan says:

        menurut kabar burung memang sama atau mepet2 UMR

      • touringrider says:

        Kayak yang di sby kemaren demo karena SPBU tempatnya tutup. Well, kesejahteraan karyawan kayak kita emang perlu diperhatikan, tapi kalau perusahaan gak mampu gimana? Masak menuntut harus sekian juta gajinya? Ya harusnya dibicarakan baik2lah, sesuai kemampuan dan kapabilitas kita dan juga perush. #kok malah nglantur ya .wkwkwkwk

  13. Moncer says:

    Gak kebayang kalo misal rumahnya kebakaran trus tetangganya ogah bantu karena berdalih itu tugasnya Pemadam Kebakaran, piye jal?? semoga dibukakan hatinya

  14. gulamerahkreasi says:

    ngelus dada, tapi sudah susah (gaji kecil) tp mbok y jangan mengecilkan perbuatan amal dan ibadah, sampai harus ditimbang-timbang saat akan menolong …pantas rejekinya ya segitu-segitu saja…..masya Allah.

  15. rider biasa says:

    ga bisa disalahin sih pegawai pom nya…
    kadang boss mereka emang sekate2… ya serba salah lah

  16. Adhitya Ramadian says:

    karyawan tidak berani ambil resiko, sekarang bukan jamannya lagi super hero, kalo mereka dipecat karena penggunaan sesuatu yg tidak ada SOPnya bagaimana? karena mungkin penggunaan APAR itu harus ada SOP yg jelas, dan mungkin diperuntukkan kebutuhan SPBU saja

    ckckckck…SPBU harusnya buatkan SOP yg jelas, dan juga harus peduli dengan lingkungan sekitar, tidak harus tunggu blangwir, karena bagaimanapun usaha bahan bakar itu mengandung resiko besar, bisa saja resiko itu disebabkan oleh orang2 yg tidak disiplin diluar lingkup organisasi SPBU

    • touringrider says:

      SOP memang dibuat untuk meminimalkan resiko dan segala kemungkinan, namun terkadang ada hal-hal yg harus diambil diluar SOP.

      Mungkin pengertian kita berbeda akan SOP ya pak. Sy kerja pun harus sesuai SOP, namun terkadang harus sy langgar, karena cuman itu jalan keluarnya. SOP bisa tiap tahun dievaluasi bersama team standarisasi, dan hal2 yg terpaksa dilanggar, bisa menjadi masukan dlm pembenahan SOP.

      • Adhitya Ramadian says:

        betul pak, saya hanya melihat dari sisi isi artikel ini, sangat disayangkan sebetulnya, “mungkin” pegawai SPBU ga mau ambil resiko, takut kehilangan dimarahi atasan yg berbuntut kehilangan pekerjaan

    • masak dipecat gara2 pake APAR untuk nolong madamin api? ya wis ga usa beli APAR.. malah irit ga buang modal :D

  17. gesang86 says:

    Emang serba salah, kalau sudah begini caranya…. :lol:

  18. An_Syahri says:

    Hidup di negeri sarang penyamun… segala sesuatu selalu dinilai dengan materi…..

  19. Moncer says:

    Saya sendiri bbrapa bulan lalu pernah liat kejadian serupa yaitu mobil terbakar tidak jauh dari SPBU. Bedanya, petugas SPBU dengan sigap menggunakan APAR-nya meskipun kejadiannya berada di luar area SPBU.

  20. haryudh4 says:

    Lain kali ada kejadian begitu, mobilnya masuk areal SPBU aja! Bohong lah kalo dicuekin :D

  21. Amama Ali says:

    Klo saya jadi pemilik SPBU, wis tak pecatt kui
    #ehh, jarang2 ada mobil disel mbledhoss, berarti ada ssuatu tuh dimuatanya

  22. Leopold S says:

    Saatnya investasi beli apar portable dan taruh didalam mobil.

    Review Knalpot Prospeed Blue _ Ninja 250 FI
    http://7leopold7.wordpress.com/2013/01/06/review-knalpot-prospeed-blue-ninja-250-fi/comment-page-1/#comment-690

  23. dweedar says:

    untung ya ngga ada korban jiwa. kalau misalkan di situ ada yg jiwanya terancam atas kebakaran itu..dosa ngga ya yg sebenernya bisa ngasih uluran pertolongan tapi ngga ngasih hanya demi sebuah ketaatan? itu tadi 500M, kalau misalkan cuma 5M di luar SPBU, apa ya ngga ditolong juga. kalau misalkan ada yg luka, dan butuh P3K darurat, dan di SPBU ada, apaa ya ngga bakal dikasih pinjem karena “bukan pegawai SPBU, bukan konsumen SPBU, bukan di dalam SPBU?”. sudah sehilang inikah jiwa anak bangsa ini? sudah sekoloooot itukah majikan2 kaya di negeri ini?

    cuiihhlah..sm empati ke pegawai SPBUnya!! saya harap ngga ada yg luka ataupun smp meninggal atas pengendara tsb dan keluarga yg turut serta

  24. S.K.P says:

    Tergantung Pengawas SPBU-nya, Kalau berjiwa pemimpin pastinya sudah membantu sebisanya.. tapi saya lihat pengawas SPBU di atas cuma berjiwa pesuruh saja..
    Huft,.. Kariernya bakalan sulit tuh orang.. :(
    (Bukan mendoakan, tapi cuma menilai secara kasat mata saja)

    • touringrider says:

      Setelah dipikir2, tergantung kewenangannya. Kalau punya kewenangan, insya Allah beliau bisa dan berani mangambil keputusan membantu.

      • ben piss says:

        Setuju dengan Bro S.K.P.
        Seorang yang berjiwa pemimpin jika dihadapkan pada situasi seperti itu gak akan memikirkan masalah SOP dan kewenangan untuk berani mengambil keputusan membantu.
        Diluar masalah hati nurani, katakanlah nurani dia ingin membantu tapi terbentur SOP & kewenangan, jika dia seorang yang memiliki jiwa pemimpin pasti tidak akan ragu untuk mengambil APAR dan membantu memadamkan api di mobil tsb, setidaknya berani meminjamkan APAR.
        Seorang pemimpin harus cepat & berani mengambil keputusan sulit untuk kepentingan yang lebih urgent / besar.
        Toh masalah pertanggungjawaban pemakaian APAR milik SPBU pasti ada solusinya.
        Banyak cara, yang paling sederhana: positif thinking pemilik mobil akan mengganti APAR sebagai wujud terima kasih.
        Kalau gak diganti, masih bisa dibicarakan dengan pemilik SPBU dengan dalih kemanusiaan + citra SPBU.
        Kalau pemilik SPBU orang normal pasti legowo dan merelakan APAR SPBU dibakai menolong, penggantian akan ditanggung perusahaan.
        Kalau pemilik SPBU tetap meminta petugas SPBU yang ganti, masih bisa nego untuk dicicil potong gaji.
        Kalau tetap ngotot harus ganti cash, tinggalkan saja perusahaan tsb.
        Toh rejeki Tuhan yang atur.
        Itu kalau pegawai tersebut punya jiwa seorang pemimpin.
        Tapi kayaknya pegawai tersebut tidak punya jiwa seorang pemimpin, hanya seorang pesuruh yang terlalu takut pada atasan…atau memang tidak punya hati nurani untuk menolong sesama.

  25. ainulharits says:

    Kalo saya punya pegawai kayak gitu… dah tak pecat tanpa ampun…

  26. andhi_125 says:

    dilema bawahan yo mas….mesakne sing nduwe montor sisan

  27. si Oom! says:

    weleh-weleh, padahal darurat kondisinya :sad:

  28. ternyata murah koq isi apar misalya dari sini..
    http://alatpemadamapar.indonetwork.co.id/1752938
    pelajaran buat ane kalo kejadian gitu dan ga dikasih pinjem, gw teriakin aja, “gw ganti isinya dua kali tabung!!”

  29. ga pernah ikutin pengajian yusuf mansur wkwkwk, ga pernah diajarin agama tuh orang, mau potong gaji apa kaga yang penting tulungin orang dulu. sapa tau yang ditolongin orang penting

  30. rvs says:

    ngeselin bgt tuh petugas SPBU..

  31. joyobowo says:

    seharusnya ya di bantu donk,,saya yakin korban juga akan menggantinya. dasar pegawai spbu nya aja yang goblok

  32. reno says:

    dari pada anda meributkan hal yang sudah terjadi lebih baik bagi anda yang memiliki mobil.belilah APAR ukuran 1 kg…kecil pas untuk mobil dan harga cuma 250-300 rb tergantung laba produsen…….pilih yang powder karena harga murah dan cocok digunakan di luar ruangan……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s