Beberapa minggu ini selain ada kehebohan akibat kecelakaan bus Sumber Kencono, ada juga sedikit kehebohan di dunia Bismania. Sumber kencono, yang sering diplesetkan menjadi
Bus yang ber”pool” di Krian, sebelah barat jalan raya ini, merupakan bus kesenangan saya ketika masih menjejakkan mencari ilmu di Jogja. Ketika saya harus nge-Bis sewaktu PP Madiun-(Jombang)Malang, bus ini tetep saya idolakan. Namun karena berkali-kali menjadi “korban”, kengawuran bus maut ini, saya menjadi ngeri untuk menaikinya.
Pengalaman touring menaiki sepeda motor ataupun mobil di jalur tengah Surabaya-Jogya, membuat saya semakin memantapkan untuk nggak berani sama Pangeran Biru ini. Terakhir, mobil tunangan saya hampir menjadi korban serudukan dari depan Pangeran Biru. Ngeriii…
Ngeblong, menjadi kata yang asyik buat penumpang setianya, namun menjadi momok menakutkan bagi pengendara jalan lain.
Memakan jalur kendaraan lain, ndusel-dusel dan masih banyak perilaku pengemudinya yang nggak patut, menjadikan jalur yang dilewatinya “Neraka jalanan”.
Disatu sisi saya tetap mengidolakan Sang Pangeran Biru ini, namun disisi pengguna jalan raya biasa, yang pernah meng-Kampanye-kan “Responsible Riding” atau sikap saling menghormati antar pengguna jalan, saya berharap, agar SK tetap beroperasi dengn syarat : SK mampu menghargai pengguna jalan yang lain dan mengubah perilaku arogannya. Bagaimana pak Setyaki??
Info pertama kali tentang Sumber Selamat ini saya dapatkan dari seorang teman kantor yang notabene adalah anggota BMC alias Bismania Community. Setelah hunting-hunting tanya rekan-rekan di forum bismania, akhirnya banyak informasi yang saya dapatkan. Namun kesemuanya belum mengarah kepada kejelasan tentang bus baru tersebut.
Sumber Selamat, apakah merupakan adik kandung dari Sumber Kencono? apakah merupakan investasi bersama Bp. Setyaki (pemilik SK) dan Primajasa? apakah menggantikan total Sumber kencono? apakah Head to Head dalam meraup trayek Surabaya-Jogjakarta yang memang rame dan banyak “point”(penumpang.red).
Monggo yang tahu banyak di share disini pengetahuannya tentang Bus yang fenomenal ini… atau punya pengalaman dengan bus ini?? monggo…
==================================================
ay’ says:
June 28, 2011 at 9:39 pm
nambahi mas bro. banyak yang yang mengatakan bahwasanya sumber selamat nantinya akan berduet dengan sumber kencono, satu manajemen. (seperti eka mira).
untuk awal-awal semua unit SS (sumber selamat) akan langsung d gunakan untuk trayek surabaya-semarang via madiun solo. yang jumlahnya sedikit.. SK sendiri mempunyai 3trayek sby-solo-jogja. sby-solo-smg, sby-solo-wonogiri.
hahahahahahah,,sumebr SELAMAT,..,hahahahaha
LikeLike
Selamat anda Pertamax..qiqiqi
LikeLike
horeeeeeeeeeee,,,,sumber selamat vs sumber kencono
LikeLike
Feat mas bro.
LikeLike
kenapa ga SUMBER BENCONO aja,
lebih pantas tuh….
LikeLike
ngk jadi Samber Gelap tah??..wkwkwkkwkw
LikeLike
Hushhh.. Salah samber engko..
LikeLike
wah idola ki, ngawi-jogja, ngawi-solo
tapi blm operasi yo masbro?? blm ada dijalan??
LikeLike
Masih uji KIR mas info terakhir. Masih nunggu ijin trayek dari DISHUB.
LikeLike
ciee ciee yang tunangan…
prikitiiieww…
LikeLike
Hatttchingggg… Pilek
LikeLike
ganti nama doang ????
LikeLike
Itu yang belum jelas mas bro.. Ada info?
LikeLike
samber nyowo be’e.. đŸ™‚
LikeLike
Ngedeniii…
LikeLike
Wuih…. Sing jelaski sopire sing samber gelap..
LikeLike
Sopir’e kudu sabar nek pengen selamat tenan.
LikeLike
bis’e jek diruwat ndik garasi ne
LikeLike
Iyo tho mas Dar?
LikeLike
mugo-mugo benar-benar selamet
LikeLike
Amiennn… Ndang muleh pare.
LikeLike
sesok riyoyo aku muleh cak
LikeLike
Wkwkwkwk…
LikeLike
aku dulu juga sering naik SK. Rute solo-jogja
LikeLike
Maknyuss goyangannya pakdhe..
LikeLike
wah tonggoku enek sing dadi kru SK pergaulan sehari harine patut dikasih jari tengah đŸ˜€
LikeLike
Wahhhh…
LikeLike
harusnya bukan namanya yang ganti, tapi sopirnya.. ganti dengan sopir yang sudah ditraining safety driving..harusnya bukan namanya yang ganti, tapi sopirnya.. ganti dengan sopir yang sudah ditraining safety driving..
LikeLike
Setuju mas bro..
LikeLike
Thanks. Smoga setelah metamorfosa jadi lebih baik
LikeLike
Aminnn…
LikeLike
Bagusnya, sumber sehat?
LikeLike
HyahHhhhh… Nama jamu tuh.
LikeLike
itu diatas ada yang bilang supir yang udah di training??yang kayak gmn tuh, mbok dikasih contoh, supir yang sudah di training itu kayak gmn??bedanya dengan supir biasa apa??apa standarisasinya??trus kasih contoh, supir bis yang udah di training itu seperti di perusahaan bis apa?biar jelas, ga asal bunyi…
LikeLike
supir busway yang diuji dan di training cara driving yg baik aja masih bisa tabrakan,.. apalagi bus yg kayak gini
LikeLike
Belum tentu loh mas bro.
LikeLike
nambahi mas bro. banyak yang yang mengatakan bahwasanya sumber selamat nantinya akan berduet dengan sumber kencono, satu manajemen. (seperti eka mira).
untuk awal-awal semua unit SS (sumber selamat) akan langsung d gunakan untuk trayek surabaya-semarang via madiun solo. yang jumlahnya sedikit.. SK sendiri mempunyai 3trayek sby-solo-jogja. sby-solo-smg, sby-solo-wonogiri.
LikeLike
Siappp pak sopir..
LikeLike
setahun nglaju..jogja -surabaya sekali saja naik sumber kencono…………tidak nyaman..ketar-ketir…….
LikeLike
Kesukaan tiap orang beda. Klo saya, termasuk yg sudah nggak suka.ha3X. Eman nyawa dan keselamatan.
LikeLike
mending supirnya perempuan saja jadi alon-alon waton sampe …. asal SELAMET
LikeLike
Wah, Bus AKDP?? Klo sopir truk ibu2 saya pernah tahu..
LikeLike
bismania juga mas bro?
LikeLike
Bukaaaannn.. Kuliner mania saya mah.
LikeLike
hari kamis malam kemarin pas sy mudik ke jogja, sumber kencono jalannya kok tumben2an santun sekali…pas balik juga santun2. Apa gara2 kasus juga kemarin ya?
LikeLike
Mungkin kali ya pak? Yg kebakaran di godean itu ya? Oh ya, sy dah dapat rumah di sukorame pak. Td juga liat trail di klotok.
LikeLike
katanya mau berduet dgn PRIMAJASA untuk rute Surabaya-Bandung & Surabaya-Jakarta…cmiiw
LikeLike
Baguslah kalo sudah ada niat dari pihak manajemen guna berlaku hati2 dijalan
LikeLike
semoga
LikeLike
Kalo Restu???
xixixi
LikeLike
Cakk.. Yo’opo kabarmu.
Restu khan ada panda.
LikeLike
Iyo…garasine 2 kilo teko omah iku… đŸ™‚
Kondisi…belum pulih normal bro…
Ini masih di atas ranjang, memantau
terus geliat bolo2 đŸ™‚
Ketok’e pak RT and Koboy’s Yogya kate
onok acara iku… đŸ˜€
LikeLike
Iyo mas. Awak wes gak iso ndek ndi2 maneh, wes dipingit..
LikeLike
Kemarin waktu saya ke Jogja, waktu di Terminal Tirtonadi Solo saya lihat beberapa Bis Sumber Selamat sudah ada yang beroperasi, desain Busnya memang masih punya SK, hanya Tulisan “Kencono” nya yg di tutup dengan cat dan di ganti dengan “Selamat”.
Tapi kenyataannya ya sama aja perilaku supirnya, Sumber Kencono = Sumber Selamat. Kalo sampe ada kejadian SS kecelakaan, apa ga malu dengan “nama” nya itu?
I hope they can keep the name of “Sumber Selamat”
LikeLike
semoga…. aminnn
LikeLike
No ofence buat semua. kalo dari pengalaman saya seingkali bus hampir menabrak itu karean pengguna jalan lain tersebut yang tidak menggikuti aturan lalulintas dan tidak menghormati pengguna jalan lain.
LikeLike
wes, bagi pnggemaar bus SK, menyalahkan pengendara lain, jika kontra dngn SK menyalahkan bus SK/// bung ewingsa .jngn gitu, klo salah satu keluarga bung, gmn komentx berubah tdk
LikeLike
mudahan selamat sampai tujuan
LikeLike
Amien..
LikeLike
luarrr biasaaaa…… SK smarang,,, surabaya madiun 3 jam…. yang lain bisa 4 jam
LikeLike
iya, sk semarangan terkenal paling edan diantara sk jurusan lainnya. mnrut beberapa narasumber, sopir semarangan itu sopir pilihan level paling tinggi..
LikeLike
sopirnya bus seharus di uji ta, n sistem management nya sing dibenarkan, masak nguber waktu tyus!waktu kok dikejar,
LikeLike
kmarin lihat bus sumber slamet ini keluar dari trminal bungurasih jalannya alon alon.. n gak ugal – ugalan spt sk .. itu sk ta yg jadi ss??? trs sk habis gini dihilangkan n gnti ss?? gak asik.
LikeLike
mungkin itu yang mau balik ke garasi, mngkanya pelan2…
LikeLike
ternyata tulisan SELAMATnya hanya ditimpakan ke tulisan KENCONO, bukan cat ulang.. jadi ada kotak di tulisan SELAMAT..
kemarin pulang dari surabaya ketemu tuh bis, tapi tetep ngebut euy..
LikeLike
Ho oh.. Kabar terbaru memang seperti itu. Armada yg dipakai pun, masih bus yg lama.. Makanya sudah meluncur di jalan..
LikeLike
supirnya pun tetep sama..
LikeLike
syarat wajib dadi supir sumber kwi lisensine kudu wis tau mateni wong ndek ratan,…. gagagagagag ^.^
LikeLike
xi…xi…
LikeLike
nama sopirnya juga diembel-embeli SLAMET.ben rame
LikeLike
ide bagus…
LikeLike
salam SKM dimanapun berada….
LikeLike
Ayo cepat beroperasi…
armadanya ditambah lg…
pengen cpt mencoba..
hehe…
LikeLike
Sudah beroperasi..
LikeLike
podo wae cak….hidup 1 kali harus ati2….pilihan harus benar ketika naik bus rek…..!SALAM SATU JIWA
LikeLike
Kera Ngalam ker? SASAJI ker..
LikeLike
Salam. Saya salah satu penggemar sk. Saya pernah ngerti sopir bis sk minum alkohol (arak campur kopi). Mgkn itu salah satu sebab bis sk sering kecelakaan. Sopirnya yg kurang kontrol diri. Terima kasih
LikeLike
Salam juga cak. Wah, mending klo minum gt pas nggak nyetir. Klo nyetir yo ngawur jeneng’e. Terima kasih sudah berkunjung.
LikeLike
salam,, saya juga penggemar sk
sumber selamat kan doa, harapan dari sang pemilik biar selamat, yah kita amini saja semoga benar2 selamat sampe di jalan
sebenarnya faktor laka itu banyak, mulai dari internal sampe eksternal
dari pihak manajemen sendiri (internal) sudah mengalami perbaikan,kalo masalah eksternal memang kurang bisa diprediksi
apalagi jumlah armada sk yang memang paling banyak dibandingkan PO lainnya
masalah sopir tadi, mungkin bisa diusulkan ke manajemen bagaimana baiknya biar bisa mengontrol diri, mengingat jam istirahat yang mepet sehingga membutuhkan stamina yang lebih agar bisa tetap berkendara di jalan…
LikeLike
Salam SK Mania…
LikeLike
“SUMBER SELAMAT ULANG TAHUN”
hahahahaha
LikeLike
kuq cuma 80 armada aja sich??
LikeLike
aku tadi liat di jalan Solo(jogja) , Kaget!hahaha
Bus favorit bapakku đŸ˜€
LikeLike
oke by sumber kencono…ojok glem kalah kro liyane biarpun kritik keras menghujam…..itu bkn slh po.
by sumber slamat bis e d setel seng jooozz…biar bsa gandeng ma sumber yg ekonomi tarikane maaaak nyus…goyang titik joooooosss pokoke…/
LikeLike
slamat ya…
Mdh2an bsa seprti namanya
‘SUMBER SELAMET’
agar kita nyaman naiknya.
LikeLike
Amienn
LikeLike
Lak iso wARna SS jo Enek puteh’e pak’e ketok huwelek. Lak iso biru vs ireng
LikeLike
ben nek bengi tambah ga ketok, iso srobot kiwa tengen…..
LikeLike
tetep ae medeni …… !
LikeLike
tarik mang….
LikeLike
SK TETEP ANDALAN SAYA PP SBY-JBG……
JANGAN LUPA SELALU BACA SHOLAWAT AJA…INSYAALLAH SELAMAT SAMPAI TUJUAN…..
LikeLike
jiah sumber selamat…gilane….!!! terus ngubut sumber gua senang gaya lo….
LikeLike
apalah arti sebuah nama jika pengemudinya(oknum) masih arogan,…..mau sumber selamat atau sumber yg lain,…..egp
LikeLike
halaaaahhhhhhhhh………….
ora po po kwi…..
LikeLike
tenang eae….
mati ,urip. urusane gusti Allah…..!!!!!!!!!
LikeLike
setuju sebagai pengemar bus ada kesan sendiri melihat sumber kencono… bus ini memberikan pandangan lain. namun up-date terakir tgl 28 jan 2012 bus dengan label “Sumber kencono” masih beroprasi dengan baju Legacy laksana.. namun dengan bermesin Hino Ak mesin tua yg melegendaris. itu artinya menurut opini seya pribadi hanya untuk armada, buktinya malah ada sumber kencono yang memakai baju barunya laksana Legacy
LikeLike
sekarang semua armada sk.ss menggunakan mesin hino ak, dan semua armada yang baru menggunakan laksana legacy.
semoga kedepanyya semakin baik..
LikeLike
yang sugeng rahayu gmna sama juga dgn sumber selamat
LikeLike
aq juga seneng naik bis ini, cepat, krunya g kebanyakan koar2 (maklum yg lainnya bykan pake calo).
meski cepat, sopirnya jauh lebih terampil #bis lain udah lambat, ngawur pisan
kru lainnya juga profesional (g mudah subyektif)
cocok banget sama semboyan DI yg menteri BUMN, krunya SS, SK atw SR ini selalu keliatan “kerja-kerja-kerja”….nothing else…suasananya homy bangett…bhkan qta klo mw komplin juga mereka terima g perlu pake ngeyel…
pengaduan online nya juga bagus meski lambat responnya…
hidup Sumber Group….
***
minusnya :
masih ada oknum kru yg g profesional…meski g byk bsa ibarat noda yg merusak…
oknum sopir tertentu kayaknya perlu di tes ulang standart msuk sumber…:P.
LikeLike
wah aku nunggu sumber yang surabaya madiun jakarta ni…klo sumber jalan bis malem kalah semua.buktinya sumber kencono jalan srby smrg aj habis penumpang safari yang bus nya jelek.klo lah ada yang bagus harganya selangit….larinya kaya ulet….hee.kluarin dong sk sby jkrt..
LikeLike
Q pnggemar sk salud buat kru sk.tp kalo jalan jgn mkn jalane org.kami slalu gunakan sk kalo mudik ke jogja
LikeLike
SK selalu menjadi pilihan kami sekeluarga mudik k solo…… crew2x itu lho mantap jaya kaya ga pernah lelah….. n jg serasa sopirx sekelas lewis hamilton atw sebastian vettel pembalap F1……… GAS PUUUUOOOOOLLLLLLL BRO…………..
LikeLike
Wessssss
LikeLike