Honda WIN 100 2001 Reborn to Adventure


wajah lama winner

wajah lama winner

Masih inget khan, bahwa beberapa minggu yang lalu saya meminang Honda WIN 100 buat turangga sehari-hari bekerja. Nagh, skr sudah genap 2 minggu nih motor ada di pangkuan saya. “Bagaimana wujudnya sekarang?”

masih malu-malu

masih malu-malu

Untuk check pertama adalah servis kelistrikan. Yang minus ternyata accu sudah mati, Kiprok nggak ada (pantesan lampu gampang putus), dop atau lampu indikator di kokpit-sein dan lampu utama. Juga ditemukan kabel yang putus di beberapa tempat, terpaksa seharian ngurut kabel lagi. :( Proyek ini seharga Rp.200.000,-

Check kedua. yaitu meninggikan shock absorber depan. Setelah dilepas, shock depan disambung lagi dengan besi yang dibentuk semacam adapter. Jadi drat/sistem ulir bagian atas dan bawahnya mirip dengan yang aslinya , cuman beda panjang yaitu 15cm. Itu adalah ukuran maksimal yang disarankan, lebih dari itu pak To nggak berani menjamin.

adapter shock depan honda win 100

adapter shock depan honda win 100

Selain itu juga, sepakbor alias slebor depan diganti ke wajah trail atau dari plastik. Slebornya dibikinkan bracket buatan sendiri model lambang lambda atau huruf “U” dibalik. Proyek kedua ini menghabiskan waktu seharian juga, dengan biaya Rp.300.000,-

Proyek Check keTiga, Mesin. Setelah mendapat kabar dari bengkel Pak To bahwa sudah saatnya si Winner check jerohan, maka nih motor saya giring ke mas Biyanto Mekanik Ahass Burengan, Kediri. “Kenapa AHASS??” Saya dari dulu prefer bengkel resmi buat masalah mesin, termasuk buat scorpio,Supra X 125 dan Prima 1989 yang ada di rumah.

Wah, kabarnya nggak bagus.. :( ternyata, harus ganti piston ke oversize 25,sekalian ringnya. Klep dua-duanya minta ganti. Rantai kamprat dan rollernya otomatis juga ganti. Nggak ketinggalan, kampas kopling-gir pompa oli dan pack top setnya sekalian. Akehhh..keluar Rp.498.000,-an. :shock:

siap menggaruk sawah Bojonegoro, Tuban dan lamongan

siap menggaruk sawah Bojonegoro, Tuban dan lamongan

Check ke-empat yaitu ganti roda depan. Roda depan masih memakai model ban beralur lurus mirip bawaannya. Walau masih terlihat bagus, tapi saya nggak sreg. Ya sudah ganti ae dengan merk Primax seharga Rp.100.000,-pas.

Selain itu stang fatbar alias baplang yang dulu nangkring di Scorpio ane (dulu scorpio berwajah stret fighter) dipasang. Tak lupa grip gas merk Protaper seharga Rp.15.000,- menggusur grip lama yang sudah jamuren. Pelindung lumpur buat skok depan pun dipasang, beli seharga Rp.10.000,- “murah bukan?”. Nggak afdol rasanya jika nggak ada spion, spion aftermarket merk twenty , yang mirip-mirip Koso ditebus seharga Rp.70.000,-.

wajah baru Honda win 100

wajah baru Honda win 100

Gimana impresinya ridingnya setelah berwajah seperti ini? “Nyaman dan puas..” saya ajak muter-muter persawahan sekitar rumah kost. Shock empuk, grip roda ke tanah menapak, namun kayaknya saya perlu belajar gaya menyetir motor trail deh.. secara, berbeda banget antar menyetir di tanah dan aspal mulus. :smile:

Secara keseluruhan saya sangat puas dengan modif sederhana tersebut. :smile: Selain lumayan murah (total biaya Rp.1.193.000,-), akhirnya saya bisa merasa lega.. mempunyai turangga yang bisa disiksa mengecek areal sawah dan perkebunan di wilayah Tuban,Lamongan dan Bojonegoro yang terkenal rusak. Semoga Gusti Allah barokah.. amien.. :cool:

About these ads
This entry was posted in adventure, bojonegoro, hobbies, honda win 100, motor trail, transportasi, work and tagged , , . Bookmark the permalink.

97 Responses to Honda WIN 100 2001 Reborn to Adventure

  1. fahrizal ardiansyah says:

    pertamax

  2. wah2.. montor’ e mbahku ndisik.. mantep mas bro tumpakane.. :mrgreen:

  3. fahrizal ardiansyah says:

    kalah di tikungan..:(

  4. jahe says:

    wah pak mandor nih sekarang julukannya!wkwkwkwkw

  5. blade_us says:

    insyaallah pertengahan januari aq muleh karo bladeus
    ngko kancani aq nang malang yo :mrgreen:

  6. robert.parno says:

    ky sepedae petugas penyuluh pertanian…hihihi

  7. anddeep says:

    tinggi ne nambah ngak mas,keliatanya shock mburi masih standar ,kalo tambah tinggi kan aura trail e lebih keliatan lagi,jadi lewat sawah pun ngak takut nyangkut

    • touringrider says:

      tingginya nambah kok mas. Skok belakang emang masih standart kok. pgnnya nambah tinggi lagi yg belakang, tapi kayaknya perlu ngrubah chasis belakang.. :( ogah lah kalau oprek chasis.

  8. touringrider says:

    NITIP IKLAN
    ============
    Dicari WIN, kondisi masih bagus. Seputaran Bojonegoro-Surabaya-Kediri.

    mbantu nyarikan buat Bro Darmawan aka Bedunduk.wordpress.com

  9. bejo says:

    pingin liat dari samping ngga di kasih pelindung mesin kalau kalau kejedot batu
    kaya punyanya pak kaji taufik eh kaya apa ya sekarang

  10. bejo says:

    iya ,biar pede blusukan
    punya pak kaji jadi retro kali ya jadi penasaran

  11. jyan, dienteni lawas, barang metu aku telat absen…
    Ati2 bedain bawa Pio ma Win, cc kecil bro, kalo dikejar Paijo mending ngalah..ik..ik..

  12. Dipaksa Kredit says:

    @touringrider: Ni motor memang top speednya payah -sptnya mengutamakan akslerasi- tapi klo cuma melawan bebek 110 siy enteng2 aja. Disinyalir 80km/jam ni motor beda dgn 80km/jam nya bebek.

    • touringrider says:

      maksudnya lebih kencengan WIN ini tau bebeknya mas bro?? hehehe..

      motor WIn sy cuman 100 CC mas, mana tahun tua lagi (2001), trus bannya motip tahu/pacul. kalau di jalan raya ngalah ajalah.. nyadar diri. kalau buat garuk tanah, sy mending pecicilan nggak mau ngalah..hehehehehe

  13. dnugros says:

    siap-siap nggaruk tanah tu :-)

  14. hampura says:

    Mas ajarin ninggiin sok depannya dong !

    • touringrider says:

      Ya tinggal bikin adapter tho. Bikin dr besi wungkul model pipa, trus dibubut biar diameternya sama dengan ukuran diameter shock depan.

      Habis itu nyenai bagian bawahnya agar mirip ulir tutup skok yang aseli. Yang bagian atasnya dimodel sama plek dengan model bagian atas yang lama. Minta tlg di bengkel bubut.

      Intinya, model tetep tapi panjangnya nambah. gimana sudah paham mas?

      • martini says:

        beli nipel ajah mas…tipenya yang dobel nipel (stailes steel)..ukuran menyesuaikan diameter as shock….
        nanti as asli dibikin ulir dalam…begitu juga as sambungan…tinggal dirakit! janagn lupa dikasih spi model baut L…beres dah….

  15. Darmawan says:

    wah selamat -selamat proyek nya hampir rampung, buat gasakan jalan amburadul hehe

  16. dhuwur says:

    udah sangar kok mas bro,, ga rencana ganti body fiber trail set tah??

  17. one08 says:

    minimalis fungsional! :wink:
    (proyek saya 2011 baru tahap proposal bro! ntar tak kasih laporan pelaksanaannya :D )

  18. blade_us says:

    pokok’e aq wajib njajal motor iki pas mudik sesok :mrgreen:

  19. Maskur says:

    wah pengin juga Honda WIn
    cilik tapi empuk.harga pasarannya berapa oom

  20. aditninjamaniac says:

    cocok buat ke lapangan mas bro..aku mah kalo di kampus pergi ke lahan jaln kaki.sblm kerja udah kecapean.. :D

    http://rosso99.wordpress.com/2010/12/31/perayaan-tahun-baru-ala-masyarakat-tangerang-bro/

    happy new year !!! :D

  21. Dipaksa Kredit says:

    Setuju dgn paragraf terakhir. Ni motor memang diciptakan utk “disiksa”. Di kantor juga ada Win. Pernah bbrp kali dipakai ke naik turun tangga di sekitar kantor (!), dipakai “jalan2″ ke seputaran taman nasional salak halimun, menanjak ekstrim di bukit, melintasi sungai kecil dan pematang, dst tapi ni motor oke2 aja. Pernah kejadian motor berasap tebal karena olinya habis…cukup tambahkan oli, motor kembali normal *kapaaaann hancurnya ni motooorr klo gini alamat nggak bisa ganti ama KLX*

    • touringrider says:

      hahaha.. ada waktunya bosan melanda kok bro.. Trail tetap menggoda, mungkin nanti bukan jamannya KLX, sapa tau merk lain dah muncul, dan berharap bisa beli.

      Taman Nasional salak?? wihh.. keren mas. jd kepengen jalan2 kesana.

  22. blognyamitra says:

    Siap beroffroad ria, sip deh mas…

  23. asmarantaka says:

    kurang cakram om..xixixixi :mrgreen:
    wah spione kok luarangmen??…70 rebu??..ck..ck..ck :mrgreen:

  24. ridertua says:

    kapan aku iso tes ride iki :?:

  25. arie sesat says:

    wah, ane mo menyusul ah..tiger terlalu boros buat macet2an…

  26. Bonsai Biker says:

    tak tunggu penampakannya di magetan

  27. pakbambangnunggangjaran says:

    mohon pencerahan detail tentang penggantian kelistrikan, apakah kabel diganti semua? aki pake apa? yang diganti dari 6volt menjadi 12 volt apa aja, juga detail harga,maturthankyu

  28. Rudy Soul says:

    mertuaku yo ndwe ngunu kui mas bro!!!ban belakang yo wes motip ban pacul.

  29. maRio says:

    saya dulu punya mas th 95…da tak modif shock depan belakang punya gl pro…..sekaligus cakramnya….tapi da tak lego laku 4-an…nyesel aku ngedol…..mending tak gawe ngene….mas kalo ada win lagi ya..mo tak mudif model touring, kasih box2 yang banyak hahahaha

  30. foens says:

    Sesama win-ners…. hehehe….. nititp lapak bro…
    Aku nang Purwodadi, deket kebonraya, kapan-kapan mampir yo ….

    http://funs.blogspot.com/2010/03/honda-win-my-3rd-bike.html

  31. bocah getas says:

    mampir nich…
    menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
    salam….
    oh ya ada sedikit info nich tentang kayu jabon dan bibit jabon semoga bermanfaat… :)

  32. 4201journey says:

    mantab…. ane suka honda win…. salam kenal mas bro….
    mampir kang….
    http://4201megaprolama.wordpress.com/

  33. 4201journey says:

    tinggal ganti sokbreker depan yang ada cakramnya kang….

  34. 4201journey says:

    ane juga mau nyusul….
    megapro ane udah polish portin,jetting,…..
    mending win aja, polish porting,jetting ttp irit….

  35. Quan says:

    Dear Honda win rider,

    my name is Quan.from Honda Win club Viet Nam.I have 1 Honda Win 1999. I want to make friend with you. I want to buy a new Honda Win from Jakarta.Could you give me there is still new Honda win in your country.

  36. Mohon kalo ada info tentang club honda win di kediri,tolong bar kabar man teman….
    Maklum,nubi hohoho

  37. joe says:

    mantapppp dijual ga bos.

  38. Ilham says:

    lek, per/skok depan sing cocok & pas buat win itu punya e apa ?
    gl 100 kah…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s