Tiga Pilihan Karburator (Substitusi buat Scorpio)


3888karbu-tiger-gt-1a.jpgAda tiga pilihan karburator buat Yamaha Scorpio-Z. Pastinya opsi karbu buat Scorpio-Z pakai tipe skep alias alias bukan vakum. Artinya, sekali sentak gas putaran mesin langsung respon. Motor cepat ngacir. Berbeda dengan pengabut bawaan Scorpio-Z yang menggunakan mekanismen vakum. Grip gas harus dibuka perlahan untuk meningkatkan putaran mesin.

“Pilihannya bisa pakai karbu Honda Tiger, Keihin PE28, atau punya Yamaha RX-King,” beber Nurhafidin, mekanik bengkel Koperasi Yamaha Scorpio Club Indonesia (KYSCI), jakarta.

Afid, panggilan Nurhafidin, ngasih urutan tiga karbu skep untuk Scorpio-Z sesuai kelebihannya. Paling utama sih menurut Afid pakai karbu Tiger paling simpel dan gampang pemasangannya.

“Enggak perlu pakai adaptor. Langsung pasang aja pas kok ke intake manifoldnya Scorpio-Z,” jelas Afid.

Karbu Tiger pakai merek Keihin 28. Jangan lupa Keihin 28 punya Tiger enggak bisa langsung dipasang karena setelah nempel di leher angsa, derat setelan udara susah disetel. Pasalnya, posisi baut penyetelnya hampir ketutup sama ujung dinamo starter.3889karbu-tiger-gt-2a.jpg

Sebelum dipasang karbu Tiger kudu ubah kombinasi pilot-jet dan main-jet. Kombinasi yang pas pilot-jet 40 dan main-jet 118. “Jangan lupa setelan udara diputar 1,1/8 putaran. Setelah pas baru dipasang,” jelas Yongi Setiady dari Yong’s Motor, Bandung.

Tinggal kabel gas asli Scorpio-Z diganti dengan Tiger. Di Tiger ada dua kabel gas ke arah karbu. Kalau untuk dipasang ke Scorpio-Z pakai kabel gas tarik aja.

“Kodenya kabel A. Jangan lupa beli karbu Tiger tahun 1998 ke bawah yang bekas aja. Harganya enggak lebih dari Rp 500 ribu dan gampang nyetingnya,” ujar Om Yong yang bermarkas di kawasan Kenari,
Bandung.

Seandainya mau sedikit ribet, silakan pilih deh karbu Keihin PE28 milik Honda NSR150 SP. Dibilang ribet karena pemasangan PE28 ke Scorpio-Z butuh tambahan adaptor sekitar 3 cm. Spuyer pilot-jet pakai ukuran 40 dan main-jet 115.

“Tapi, nyetingnya enggak semudah pakai karbu Tiger. Tambah adaptor aja sudah pengaruh buat nyeting spuyer. Kelemahannya pasti di putaran menengah atas,” jelas Afid dari markasnya di kawasan Slipi, Jakarta Pusat.

Jangan lupa brother, karbu PE yang asli di atas Rp 1 juta. Silakan deh beli yang imitasi dan tentunya kudu pintar seting agar dapat yang pas.

Pilihan terakhir pakai pengabut bahan bakar Yamaha RX-King, Mikuni 26. Banderol Mikuni 26 punya RX-King yang asli Rp 700 ribuan. Ini pilihan terakhir kalau sudah nyerah cari karbu Tiger dan Keihin PE28.

Pasalnya penggantian pakai RX-King eksperimen Afid yang akan mengalami kesulitan pas pemasangan. Kudu bikin juga adaptor kalau mau dipasang ke Scorpio-Z. “Main-jet juga diturunin. Tapi, cuma enak pas di putaran bawah aja. Sisanya tenaga mesin ketahan,” ulas lajang 28 tahun ini.

Penulis/Foto : Niko/GT

(Di copy paste dari Tabloid Motor Plus, semoga berguna bagi pemilik Scorpio)

About these ads
This entry was posted in scorpio. Bookmark the permalink.

55 Responses to Tiga Pilihan Karburator (Substitusi buat Scorpio)

  1. Erwan says:

    Halo bro lam kenal,saya punya pio 2005 karbu nya udh elor hehee..klw pake karbu pe28 bisa langsam ga ya,kabel gas nya pake apa ya yg pnp,klw adaptor nya 3cm itu udh pas ma karet hawa nya ya?kpda bro apit mohon pencerahan nya ya buat pecinta pio di riau.oia CDI nya punya saya pake BRT,tp yg lain nya mash stdr..sblm makasih atas pencerahan nya..slm

  2. Erwan says:

    Oia sbtul nya saya skrg udh pake karbu tiger tp bukan yg ori,mesin nya ga mau langsam,klw di set langsam gas nya kaya gantung dan itu susah skali turun nya lg,tp buat kencang si enak tarikn nya,tp susah nya klw pas pelan plgi klw pas jln macet,pdhl jeting udh gonta ganti,sampe punya 6 pasang bermacam ukurn ga ada yg pas.apakah slh set atau mslh karbu ga ori ya?hehee…oia ciri2 pe28 yg orie gmn ya?mohon bantuan nya ya..slm

    • Anonymous says:

      Bro, ane ad karbu ori pio 2005 karet vakum sm rmh skep bru ganti bln 12 kmrn. Mau ane jual 650rb nego dikit bro. Brg msh bgus. Klo mau call/sms bro 085211532750

  3. erwan says:

    Oh ya ga pa2..klw karbu tiger yg new bisa di pasang ke pio ga coy,klw nyari yg model lama susah sih,kira2 yg ori baru brapa ya?klw pe28 yg kw1 mantap ga ya,bisa langsam ga?

  4. Erwan says:

    Karbu pe28 yg ori nya susah jg klw di riau,pekan baru khusus nya,ada jg yg kw1 nya,kata nya kw1 ma yg ori spek nya sama,yg bedain klw ori ada kotak nya..apa bener?dn kemungkinan klw yg ada kotak nya udh cek quality kali ya..hehee..

  5. Erwan says:

    Oh..kok mlh ga di bikin makin gahar ya..?apa karbunya msh vakum jg..?cdi pio yg orie brapa,an ya..?

    • touringrider says:

      masih vakum, standar mas bro. saya cari aman sajalah. CDI orie sy nggak tahu. sy sekarang pakai CDI BRT dual band, belinya Rp.340ribu.

      • ozzy leonrdo says:

        mas bro…… mau tnya…..beli CDI ny di mn…… aq pakek pio juga…. n lmyan sh lari ny… bisa nympek 170 kmj cuma kurang puas……. soal ny CDI msh yng standr….. beli CDI ny di mn mas bro………!!!!! aq mau dong ……!!!! n slm knl

      • touringrider says:

        Byuhh.. 170 mau kencang lagi, bisa ancur tuh mesin SoHC.

  6. Erwan says:

    Sbetul nya saya pingin jg ganti karbu ori bw an pio,tp saya trauma dgn vakum nya,takut nya cpt rusak,plgi pio saya ga ada filter udara nya.

  7. Erwan says:

    Rasa nya capek jg ngurusin pio,krena suku cadang nya susah dn mahal..Kadang rasa nya pingin jual tp kok msh sayang..pdhl skrg pio nya dh mogok,karbu udh ancur,mesin nya udh ngasap minta over houl..udh di ponis ma dealer dana nya 2,5jt itu blm ma karbu..waduh sedih euy..ahkk…bro ada yg jual spart pack pio yg bekas2 ga,ada yg jual karbu bekas ga buat pio..atau ada yg mau nyumbangin karbu bekas nya ga…?

    • touringrider says:

      wah. tahun produksinya berapa bro? kalau punya saya 2005. memang suka rewel. sama juga pernah putus asa buat miara Pio. namun dah kadung sayang. kalau masalah karburator mah, punya saya yg lama masih ada cuman karet membrannya bocor. harus mbeliin Rp.600.00 di yamaha. mau?

    • Anonymous says:

      Ada nih bro karbu thn 2005, karet vakum sm rumah jarum skep bru ganti yg ori bln 12. Harga karet vakum sm rmh skepnya 650rb. Klo mau byr 600rb aj bro brg msh bgus. Klo mau call 085211532750

  8. Erwan says:

    Puciiiing..

  9. roi says:

    bro,maksudny gas model A itu gmn?ap cma satu kabel ato ad 2 kabel trus d bedain kabel A dan kabel B?maklum,masih nubie neh..

  10. gani says:

    brow kalau pioo dpkein karbu rx king gmna??
    kelebihan n kekruanganya apa..mohon infonya donk,,
    kira” top spedd bsa nyampe nymai karbu ori ga ya..???

  11. mike says:

    @ gani, kalo nyari top speed sama tarikan enteng yah pake PE 28, yang ori Thailand sekitar 500 ribuan harganya, karbu rxking cuma diameter 26 ga bisa ngalahin pe 28

  12. gan,gw punya scorpio z thun 2010 nih,.tapi kok mono sock nya cepet banget mati ya?
    apa gara2 pake ukuran ban yg kecil yg ukuran 70/80/17 ya???
    tolonng djawab yaaa..makasih

  13. paling sering gw pake sendiri 54kg,,, bwt bonceng temen kira2 berat,nya 60kg…
    dalam masa pemasangan belum pernah di bongkar nih,,,,???

  14. tokici mikuni says:

    numpang nanya mas bro,scopie saya tahun 2010,udah pke cdi brt,tpi mesin msh standart
    tarikan mesin kurang euy,kalo mau ganti karbu,harus dganti karbu apa ya??mohon bantuannya

    • touringrider says:

      Sebenernya, klo langsung ganti karbu bukanlah hal yg baik bro. Kita harus liat dulu, apakah kampas kopling masih berfungsi baik (bisa diaplikasi yg racing), saluran masuk dan keluar lancar, klo hal itu dianggap kurang br kita akali dgn ganti karburator.
      Oh ya, aplikasi karbu bkn bawaan kadangkala ada plus minusnya. Minusnya adl : mesin jd susah stationer. Tolong dipertimbangkan lg ya bro.

      • tokici mikuni says:

        lha kalo gnti kmpas kopling,apa ckup dgn gnti kmpasx sma perx doank
        trus yg bgus buat touring yg merk

  15. Furqan Harith SH says:

    mas bro,,sy pny pio jg ni thn 2008,cmn nda nyaman di pake lengan ayun bunyi2 gitu,,uda 2x ganti has balamx tetapa aja bunyi,gmn caranya biara nda bunyi lagi lengan ayun mas bro,,,,tolong dong infonya…..trimakasi

    • touringrider says:

      Sy juga bunyi2 bro, krn sy pake laher besi dgn pertimbangan biar awet. Klo mau gak bunyi, d conrodnya tetep pake bushing standart yg dari karet. Cuman mahal dan lekas aus.

      • Anonymous says:

        1 lagi bro,,kenapa ya klau lagi jalan naik motor gas pio terasa berat gitu,padahal kemarin2 gas pio aku terasa enak ringan di maininnya n tarikan enak,,tapi skaran agak berat gitu padahal uda cuci tangki,cuci karbu ama sarigan udara taligasnya uda bersiin tetap aja gasnya terasa berat n keras gitu,,tolong sosusinya donk mas bro,,,????orang sulteng

  16. Furkan Harith SH says:

    1 lagi bro,,kenapa ya klau lagi jalan naik motor gas pio terasa berat gitu,padahal kemarin2 gas pio aku terasa enak ringan di maininnya n tarikan enak,,tapi skaran agak berat gitu padahal uda cuci tangki,cuci karbu ama sarigan udara taligasnya uda bersiin tetap aja gasnya terasa berat n keras gitu,,tolong sosusinya donk mas bro,,,????orang sulteng

  17. reed-one says:

    kalo ane pake karbu RX-king yahud larinya…

  18. Pingback: Scorpio Ganti Karburator Ninja 250 R, tarikannya jozzz!!! | Catatan perjalanan Touringrider

  19. ipanase says:

    josssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  20. raika putra says:

    mas bro bgmna karbu ninja yg nemplok di pio… ada mslh sm settingan gak… pio ade ane jg brmslh sm karbu… ohya mas mau tnya mslh dinamo starter pio… bs kanibal dr mtr laen gak ya…

  21. jaegar says:

    bro erwan…salam kenal saya juga pemilik scorpio 2005 & 2011, untuk yang 2005 udah di modiv pake karbu PE28,urusan kabel pake yamaha rx king tp hrus di akal biar pas…., untk karet manipol ndak perlu beli yang macem2 cukup di balik aja…pasti pas.!! klo mslah langsam itu keahlian dari si..tukang service nya aja…..punya ane slama pemasangan sprti di atas ndak ada masalah.

  22. jaegar says:

    bro erwan…ngapain pusiiing? ??..salam kenal saya juga pemilik scorpio 2005 emang barang udah waktunya untk gnti part yg baru.

  23. Anonymous says:

    Ada nih bro karbu thn 2005, karet vakum sm rumah jarum skep bru ganti yg ori bln 12. Harga karet vakum sm rmh skepnya 650rb. Klo mau byr 600rb aj bro brg msh bgus. Klo mau call 085211532750

  24. Anonymouse says:

    scorpio karbu vakum standar, saat putaran tinggi mau langsam malah enggak bisa, mesin langsung mati kayak habis bensin, padahal bensin full tank, saya bongkar saya tes gerak-gerakin naik turun piston skep dengan bensin yang masih ada di mangkok karbu, tapi bensin enggak naik ke ruang vakumnya, kenapa ya ? apa karena pelampungnya, n stelan pelampung yang pas gimana ? atau jarum piston skepnya rusak atau ada yang mampet ? atau kenapa ya ? tolong bantuan anda-anda sekalian ..

  25. Anonymous says:

    Mas bro pio saya abis dari bengkel resmi
    Dan di fonip karet fakumnya kudu di ganti minta solusinya dong mas

  26. Anonymous says:

    Gmn mas bro solusinya

  27. Anonymous says:

    Butuh karburator bekas ori

  28. Anonymous says:

    Aq lg nyari karburator pio m yg bekas..sms ke no 085711333582

  29. Mxzy Gilang says:

    mau beli kabulator yang bekas tapi merek rx king
    tapi yang masih bagus terus kalau ada hubungi aja fb.yang nama nya mxzy gilang ok

  30. robby says:

    sy butuh karburator scorpio z

  31. ardi says:

    emang pake puxa ninja pe 28 joz..

  32. Buat yang lagi nyari karburator racing mampir bro ke blog kita
    Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

  33. Buat yang lagi nyari karburator racing
    Mampir bro ke blog kita
    Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s